4 Tips Memilih Panel Surya Terbaik untuk Rumah Anda

Melihat fenomena biaya listrik yang membengkak di tengah pandemi, membuat orang-orang banyak mencari energi alternatif lain. Salah satu energi alternatif yang banyak digunakan adalah panel surya. Penggunaan listrik dari tenaga surya sendiri memiliki banyak manfaat, mulai dari listrik yang lebih ekonomis hingga pilihan ramah lingkungan dalam jangka panjang. Meski dengan banyak keuntungan, masih banyak orang yang bingung memilih panel surya terbaik untuk di rumah. Jangan khawatir, Anda bisa menyimak 7 tips memilih panel surya terbaik untuk rumah Anda! Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Perhatikan biayanya dulu

Pada dasarnya, biaya panel surya ditentukan oleh ukuran (dalam watt), ukuran fisik, merk, kualitas bahan, daya tahan (masa garansi), dan sertifikasi yang dimiliki panel surya. Memang, faktor biaya kadang menjadi halangan untuk mendapatkan panel surya terbaik. Semakin murah panel surya yang dijual, semakin besar kemungkinan bahwa kualitas panel surya tersebut layak dipertanyakan. Jadi, kembali lagi pada anggaran yang telah Anda siapkan untuk mendapatkan panel surya terbaik. Di SolarKita, Anda bisa memilih SolarKita Financing Program untuk pembiayaan panel surya yang lebih terjangkau.

2. Cek apakah ada garansi

Dalam membeli panel surya, Anda perlu mengecek adakah garansi yang ikut disertakan dalam pembelian atau tidak. Ini penting sekali karena panel surya akan digunakan dalam jangka panjang, sehingga garansi sangat dibutuhkan. Untuk itu, saat membeli panel surya, jangan lupa untuk memperhatikan lama waktu garansinya. Semakin lama waktu garansi akan semakin baik. Setidaknya sampai Anda yakin sistem tenaga surya mampu bertahan dalam jangka panjang.

3. Cek sertifikasi panel surya

Panel surya belum bisa dikatakan terbaik dan terjamin bila tidak ada sertifikasi panel suryanya. Sertifikasi menunjukan kalau panel surya sudah teruji laboratorium independen yang membuktikan spesifikasinya sesuai dengan apa yang telah diiklankan. Jadi, sebelum mendapatkan panel surya terbaik, pastikan sudah tersertifikasi, ya.

4. Cek kecacatan pada panel surya

Harga sudah sesuai, ada garansinya, dan panel surya sudah tersertifikasi, selanjutnya adalah uji visual. Uji visual sendiri bermaksud untuk mengecek apakah ada kecacatan pada panel surya. Hal ini harus dilakukan untuk menilai kualitas panel surya secara lebih lanjut. Berikut ini kecacatan pada panel surya yang perlu Anda awasi:

  • Sel surya retak

Pengecekan pertama adalah melihat apakah ada keretakan pada sel surya. Sel surya tersusun dalam panel surya. Pastikan sel surya tidak ada yang retak, terpotong, atau rusak. Sel surya yang rusak bisa menyebabkan panel surya tidak bekerja secara maksimal, bahkan bisa membahayakan nyawa penghuni rumah!

Kerusakan sel surya sendiri bisa terjadi karena pemilihan dan sortir sel surya yang buruk, proses solder yang kurang maksimal, inspeksi yang kurang hati-hati, bahkan karena produsen yang sengaja menjual panel surya yang tak lulus uji kualitas demi mendapatkan keuntungan. Jadi, sebelum membeli, perhatikan dengan seksama kondisi sel surya, ya.

  • Sel surya tergores

Selain sel surya retak, sel surya juga bisa tergores. Rata-rata goresan kecil maupun besar masih bisa ditemukan tidak hanya di sel surya saja, tetapi juga pada lapisan kacanya. Besar kecilnya goresan juga memiliki efek masing-masing. Bila goresan kecil hingga sedang, dapat menurunkan produksi daya pada panel surya. Jika goresan besar, bisa mengganggu lapisan anti refleksi sensitif yang mengganggu transmisi cahaya atau proses penyerapan sinar matahari dalam proses produksi listrik.

  • Partikel eksternal di modul panel surya

Panel surya terbaik biasanya tidak memiliki partikel eksternal di modul panel suryanya. Sayangnya, masih banyak yang menemukan partikel eksternal ini. Padahal, partikel-partikel ini bisa mengakibatkan banyak masalah kinerja pada panel surya. Mulai dari efisiensi yang menurun hingga menimbulkan kerusakan yang lebih parah lagi.

Setelah mempertimbangkan 4 tips di atas, saatnya Anda memilih pemasangan panel surya dari yang sudah terpercaya seperti SolarKita. SolarKita juga menawarkan aneka skema pembayaran yang memudahkan masyarakat mendapatkan panel surya terbaik. Selain menawarkan panel surya terbaik, Anda bisa mengunjungi website SolarKita untuk mendapatkan informasi dan tips seputar panel surya yang sangat bermanfaat. Tunggu apalagi? Pasang panel surya di rumah Anda bersama SolarKita!

Written by Nonny Anasih | 15 Feb 2024