SolarKita Introduction

1. Perkenalan “SolarKita”

SolarKita adalah pengembang sistem panel surya yang fokus di sektor perumahan. Layanan yang kami berikan mencakup konsultasi, survey lokasi, instalasi, pemantauan dan perawatan. SolarKita memastikan bahwa penggunaan sistem solar panel berjalan optimal sesuai kebutuhan pelanggan. Kualitas produk yang tinggi, jaminan purna jual jangka panjang, proses pelayanan yang mudah dan cepat, serta perawatan sistem berkala adalah fokus kami dalam menjamin kepuasan pelanggan.

1.1 Layanan SolarKita

A. Pasang Sistem Panel Surya Baru

Jasa instalasi SolarKita adalah yang terlengkap dengan solusi terbaik. Jasa yang kami berikan dimulai dari konsultasi kebutuhan pelanggan, survei untuk memastikan kesiapan prasarana, instalasi, pemeriksaan dan pengujian instalasi, pemantauan kinerja dan perawatan sistem.

Konsultasi

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada Sistem Panel Surya, tentu calon pelanggan mempunyai banyak pertanyaan seputar teknologi tersebut. SolarKita dengan senang hati akan memberikan jasa konsultasi menyeluruh secara gratis bagi calon pelanggan. Konsultasi tersebut mencakup solusi optimal bagi calon pelanggan untuk mencapai target yang diinginkan.

Survei

Langkah berikutnya adalah proses survei. Team SolarKita akan datang ke lokasi properti calon pelanggan dan melakukan survei teknis secara menyeluruh, seperti; lokasi pemasangan solar panel, kondisi lingkungan, kemungkinan potensi hambatan penangkapan sinar matahari, kesiapan struktur bangunan, arah peletakan solar panel, koneksi internet untuk pemantauan kinerja listrik tenaga surya dan lain sebagainya.

Instalasi

Proses instalasi komponen, koneksi ke sistem jaringan dilakukan sesuai prosedur operasi baku sehingga dicapai sistem yang handal dan optimal. Setelah proses instalasi, team SolarKita akan melakukan pemeriksaan dan pengujian keseluruhan instalasi termasuk koneksi data guna pemantauan kinerja secara online.

Pemantauan Kinerja

Sistem Panel Surya haruslah senantiasa dipantau kinerjanya, sehingga apabila ditemukan penurunan kinerja, maka perbaikan dapat segera dilakukan. Selain team SolarKita yang selalu memantau kinerja seluruh sistem yang terpasang, setiap pelanggan dapat juga memantau kinerja produksi sistem tenaga surya miliknya via aplikasi yang telah kami siapkan.

SolarKita telah mengembangkan aplikasi khusus yang sangat mudah digunakan oleh pelanggan. Dalam aplikasi tersebut, pelanggan dapat menghubungi team SolarKita secara online apabila terdapat masalah dan juga untuk keperluan perawatan.

Perawatan

SolarKita akan selalu bersama pelanggan selama sistem panel surya terpasang di properti. Untuk menjaga kinerja sistem panel surya pelanggan, SolarKita menyediakan jasa perawatan sistem secara menyeluruh, yaitu pembersihan panel surya, pemeriksaan semua koneksi kelistrikan, pemeriksaan panel proteksi, kondisi kabel, proses pengiriman data, dan lainnya yang berkaitan dengan sistem terpasang.

B. Layanan Tambahan

Bagi pemilik sistem panel surya yang tidak dibeli dari SolarKita, kami juga dapat memberikan layanan perawatan dan Pemantauan Kerja:

Perawatan: SolarKita menyediakan jasa perawatan sistem secara menyeluruh, yaitu pembersihan panel surya, pemeriksaan semua koneksi kelistrikan, pemeriksaan panel proteksi, kondisi kabel, proses pengiriman data, dan lainnya yang berkaitan dengan sistem terpasang.

Pemantauan: SolarKita akan selalu memantau kinerja seluruh sistem yang terpasang secara berkala melalui aplikasi khusus yang telah dikembangkan. Aplikasi ini sangat mudah digunakan oleh pelanggan dan memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Setiap pelanggan dapat memantau kinerja produksi sistem panel surya miliknya secara langsung
  • Pelanggan dapat menghubungi team SolarKita secara online apabila terdapat masalah dan juga untuk keperluan perawatan.

1.2 SolarKita Products

A. Kualitas Produk

Guna mencapai sistem listrik tenaga surya yang handal, SolarKita hanya memakai komponen dan alat bantu kualitas terbaik. Untuk panel surya dan Inverter yang merupakan komponen inti sebuah sistem listrik tenaga surya, SolarKita hanya menggunakan produk dengan kualitas terbaik dari produsen Tier-1.

B. Garansi Jasa & Produk

Tim SolarKita akan selalu sedia dengan solusi perbaikan apabila terjadi gangguan pada sistem panel surya pelanggan dan akan ada untuk pelanggan dalam hal adanya klaim atas kerusakan produk, sesuai dengan syarat dan ketentuan jaminan yang berlaku. Berikut adalah garansi yang diberikan kepada pelanggan:

  • Solar Panel: Garansi yang diberikan oleh pabrik atas kerusakan produk adalah 10 tahun dan untuk kinerja produk diberikan jaminan hingga 25 tahun.
  • Inverter: Untuk inverter, apabila terjadi kerusakan produk pabrik memberikan jaminan hingga 5 tahun.
  • Workmanship/ jasa konstruksi instalasi: SolarKita memberikan garansi selama 2 tahun atas pekerjaan instalasi sistem listrik tenaga surya.

C. Sertifikat Kepemilikan

Investasi sistem tenaga surya sangat bernilai dan bersifat jangka panjang, mengingat umur sistem tenaga surya bisa mencapai lebih dari 25 tahun. SolarKita akan menerbitkan sertifikat kepemilikan untuk setiap pelanggannya, sehingga pelanggan akan lebih mudah secara administratif apabila suatu waktu akan memindahkan sistem listrik tenaga surya tersebut pada properti yang lain.

2. Mengapa Menggunakan Sistem Panel Surya?

Hemat Biaya Listrik Bulanan

Dengan menggunakan listrik tenaga surya biaya listrik setiap bulan dapat dihemat hingga 70%. Hal ini dimungkinkan karena surplus produksi listrik tenaga surya akan dikirim ke jaringan PLN secara otomatis dan dicatat sebagai kredit yang akan mengurangi tagihan listrik.

Dampak Positif untuk Lingkungan

Penggunaan listrik tenaga surya memberikan kontribusi langsung terhadap lingkungan dengan mengurangi produksi karbon dioksida (CO2) yang berperan terhadap peningkatan pemanasan global. Di Indonesia, setiap produksi listrik tenaga surya dengan kapasitas 1 kWp dapat menghemat produksi CO2 hingga 1.46 ton per tahu

Dukungan dari Pemerintah

PLN sebagai penyedia  tunggal di Indonesia sangat mendukung program energi bersih dengan menyediakan Meter Ekspor-Impor atau net meter, sehingga surplus produksi listrik tenaga surya yang dimiliki pelanggan dapat dikirim ke jaringan PLN dan dicatat sebagai kredit.

Kenaikan Harga Listrik

Meskipun biaya listrik tidak naik secara konstan setiap tahun, secara statistik telah terjadi kenaikan listrik rata-rata sebesar 10% per tahun. Dengan memakai listrik tenaga surya, pelanggan akan mempunyai perlindungan sebagian terhadap kenaikan biaya listrik.

3. Cara Kerja Solar Panel on Grid

Sistem listrik tenaga surya on grid atau grid tie mengubah sinar matahari menjadi listrik yang dapat digunakan langsung oleh penghuni properti. Apabila listrik tidak digunakan, maka listrik akan dikirim ke jaringan PLN dan dicatat sebagai kredit oleh Net Meter.

3.1 SOLAR PANEL

Panel Surya menangkap sinar matahari dan mengubah energi sinar matahari menjadi tenaga listrik arus searah (DC).

3.2 ON GRID INVERTER

Listrik arus searah hasil Solar Panel diubah oleh Inverter menjadi listrik arus bolak balik (AC), dihubungkan ke panel proteksi (MCB) dan dapat digunakan secara langsung oleh penghuni properti.

3.3 PANEL PROTEKSI/ MCB

Berfungsi sebagai alat penjaga agar tidak terjadi kelebihan beban dan pengatur distribusi listrik. Biasa dikenal sebagai MCB (Mini Circuit Breaker).

3.4 NET METER

Net meter akan mencatat seluruh pemakaian listrik, pada umumnya net meter disebut sebagai meteran ekspor impor. Dengan net meter, PLN membuka jalur untuk pelanggan PLN mendistribusikan produksi listrik yang mereka tidak gunakan ke PLN. Listrik yang pelanggan kirim ke jaringan PLN akan dicatat sebagai kredit. Suplai listrik oleh jaringan listrik PLN akan dicatat sebagai debit. Pada akhir bulan berjalan, tagihan pemakaian listrik adalah selisih antara kredit dan debit listrik.

3.5 PLN Grid

PLN grid adalah jaringan utama yang terhubung antara properti dengan PLN. Dengan net meter PLN akan menghitung berapa jumlah listrik yang pelanggan distribusikan kepada PLN dan berapa listrik yang pelanggan terima (Debit) dari PLN.

  • Kredit: Surplus listrik akan dikirimkan ke jaringan PLN.
  • Debit: Bila terjadi defisit, maka jaringan PLN secara otomatis akan mensuplai listrik.

Written by Jumawan Syahrudin | 31 Jan 2024