Site Survey PLTS Atap : Apa Saja Yang dilakukan di Tahap Survei?

Dengan adanya kampanye penggunaan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) Atap serta peraturan PLTS Atap (Permen ESDM no. 49 tahun 2018 tentang penggunaan PLTS Atap oleh konsumen PLN), penggunaan panel surya di atap rumah telah mengalami peningkatan. Sejak September 2017 hingga Desember 2019 lalu, pelanggan PLN yang memasang sistem PLTS Atap sudah meningkat sebanyak 1.312 pelanggan, dan diprediksi akan terus mengalami peningkatan di tahun 2020. Mayoritas pengguna PLN tersebut menggunakan sistem PLTS on-grid (tersambung dengan jaringan PLN). Meskipun semua pengguna PLTS Atap yang terdata menggunakan sistem yang sama, namun lokasi pemasangannya tentu memiliki kondisi yang berbeda-beda. Kondisi yang berbeda ini mempengaruhi efisiensi produksi dari sistem Panel Surya Atap.

Guna meminimalisir hal tidak terduga akibat perbedaan kondisi lokasi, diperlukan survei sebelum proses instalasi sistem Panel Surya atap dilakukan. Dengan adanya survei, desainer/teknisi dapat mengetahui kondisi lokasi secara jelas, yang mungkin tidak bisa diketahui tanpa melihat lokasi secara langsung. Saat survei lokasi berlangsung, hal-hal teknis yang dirasa dapat menjadi kendala saat instalasi PLTS atap, akan terlihat sehingga bisa diperhitungkan solusinya. Ingin tahu kegiatan apa saja yang dilakukan selama survei lokasi PLTS Atap oleh tim SolarKita? Cek info berikut:

Briefing Kegiatan Survei Lokasi

Di tahap pertama, tim SolarKita yang bertugas di lapangan akan menjelaskan kepada pemilik rumah mengenai kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Hal ini dilakukan agar pemilik rumah dapat mengetahui secara jelas prosedur apa saja yang akan dijalankan.

Pengecekan Lokasi Pemasangan Panel Surya

Setelah penjelasan rencana kegiatan, hal yang dilakukan selanjutnya adalah penentuan lokasi yang akan dipasang Panel Surya. Lokasi dan orientasi arah menjadi hal penting yang harus diperhatikan dikarenakan hal ini menentukan apakah Panel Surya berada di posisi optimal atau tidak untuk menerima cahaya. Beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Arah Atap

Arah atap atau arah bangunan sangat berpengaruh terhadap sinar matahari yang bisa ditangkap oleh panel surya, karena berkaitan  dengan arah datangnya sinar matahari. Untuk di daerah Jakarta, posisi Panel Surya paling baik menghadap utara. Hal ini dikarenakan garis khatulistiwa berada di Utara Jakarta. Jika Panel Surya menghadap ke utara, maka Panel Surya dapat menerima cahaya dari matahari terbit hingga terbenam.

2. Pengecekan Potensi Bayangan

Keberadaan pohon atau bangunan di sekitar lokasi juga perlu diperhatikan agar tidak ada bayangan yang menutupi panel surya. Keberadaan bayangan dapat menghalangi cahaya matahari yang masuk ke Panel Surya sehingga dapat mengurangi tingkat produksi listrik.

Pengukuran Luas & Struktur Atap

Setelah lokasi pemasangan Panel Surya telah ditetapkan, maka langkah berikutnya adalah mengukur lahan pemasangan yang tersedia. Beberapa hal yang harus diperhatikan di bagian ini adalah:

1. Luas & Kemiringan Atap

Pengukuran luasan atap digunakan untuk menentukan berapa banyak panel yang dapat dipasang di atap. Selain luas area atap, kemiringan atap juga menjadi salah satu hal yang diperhitungkan. Agar mendapat sinar matahari optimal dan tidak menyebabkan penumpukan debu dan air, panel surya disarankan dipasang dengan sudut kemiringan 10-15o.

2. Material dan Struktur Atap

Jenis atap yang digunakan oleh setiap orang biasanya berbeda-beda. Ada yang menggunakan atap genteng berbahan tanah liat, genteng metal, atap dak beton maupun atap asbes. Jenis atap akan mempengaruhi jenis bracket yang akan digunakan. Selain itu struktur atap juga sangat penting untuk dilihat agar dapat diukur apakah struktur yang ada dapat menahan beban dari Panel Surya yang akan dipasang.

Pengecekan Panel Listrik dan Jalur Listrik

Pengecekan dari sisi kelistrikan dilakukan untuk mengetahui daya listrik yang telah terpasang di lokasi. Besar daya Panel Surya yang akan dipasang tidak boleh melebihi daya listrik PLN yang telah terpasang di rumah. Selain itu, di tahap ini juga akan ditentukan dimana posisi inverter dan data logger akan dipasang. 

Penjelasan Hasil Survei

Setelah melakukan survei, tim SolarKita akan memberikan penjelasan kembali kepada pemilik rumah mengenai hasil survei dan langkah berikutnya yang akan dilakukan. Setelah dijelaskan, pemilik rumah akan diminta untuk menandatangani form survei sebagai tanda bahwa survei telah dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Proses survei merupakan tahap yang cukup krusial dilakukan dalam proses pemasangan sistem Panel Surya Atap. Dengan data yang akurat, tim SolarKita dapat memberikan rekomendasi dan penawaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan SolarKita, hubungi tim SolarKita di halo@solarkita.com atau di 081806881948.

Written by Grandevi | 21 Apr 2020