Pentingnya Memakai Energi Alternatif

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi energi luar biasa. Baik energi yang bersifat terbarukan ataupun energi tak terbarukan, Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah. Sebagai negara yang kaya akan energi, seharusnya masyarakat dapat memanfaatkannya dengan bijak sehingga lingkungan juga tetap terjaga.

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah energi alternatif bukan? Apa maksud energi alternatif? Apa saja yang termasuk dalam energi alternatif? Dan apa manfaatnya? Simak artikel ini sampai selesai, kali ini kami akan memberikan penjelasan detail tentang semua hal berkaitan energi alternatif. 

1. Pengertian Energi Alternatif

Pada prinsipnya, energi alternatif ini memiliki peran penting dalam keberlangsungan kehidupan manusia dan lingkungan. Penggunaan energi alternatif secara maksimal dapat memberikan manfaat yang baik untuk manusia dan lingkungan. Energi Alternatif adalah semua energi yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional. Energi alternatif ini juga biasa disebut dengan istilah energi terbarukan. Artinya, energi ini dapat diperbaharui secara terus menerus dan dapat digunakan secara bebas.

Tujuan utama dari penggunaan energi alternatif ini tak lain adalah untuk mencegah kerusakan lingkungan akibat penggunaan bahan bakar yang tidak terbarukan. Saat ini, banyak diantara masyarakat yang sudah sadar dengan penggunaan energi alternatif ini sehingga adanya program pengembangan yang lebih optimal.

2. Apa Saja yang Termasuk Energi Alternatif?

Perlu Anda ketahui, energi alternatif terdiri dari berbagai jenis sesuai dengan sumbernya. Hal ini berkaitan dengan ketersediaan dan teknologi yang dimanfaatkan oleh manusia dari alam. Apa saja yang termasuk energi alternatif?

- Panas Matahari

Pada kehidupan manusia, panas matahari merupakan salah satu energi yang paling penting. Panas matahari sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup di bumi. Di sisi lain, panas matahari ini juga termasuk energi alternatif yang bisa menjadi energi listrik. Cara kerjanya dengan bantuan panel surya, panel surya ini memiliki rangkaian sel photovoltaic yang diartikan sebagai ‘cahaya-listrik’. Energi alternatif ini bahkan bisa menggerakkan kendaraan listrik yang dipasang panel surya.

Di Indonesia, merupakan salah satu negara yang memiliki panas matahari yang melimpah karena secara geografisnya terletak pada garis khatulistiwa. Pemanfaatan energi panas matahari sebagai energi listrik sangat menguntungkan bagi masyarakat.

- Geothermal (Panas Bumi)

Selain panas matahari, panas bumi juga termasuk dalam energi alternatif. Panas Bumi atau Geothermal merupakan panas yang berasal dari dalam bumi seperti halnya aktivitas vulkanik gunung berapi seperti air panas, uap alam, dan bebatuan kering. Letak panas ini berada di kedalaman kurang lebih 6.400 km dari permukaan bumi. Meskipun energi geothermal sangat panas, tetapi masih dapat digunakan untuk sumber energi terbarukan. Pada umumnya, energi panas bumi dijadikan sebagai energi pembangkit listrik melalui turbin.

Beberapa peneliti dari Islandia mengungkapkan kekuatan baru dari energi ini sehingga mampu memberikan jumlah listrik hingga sepuluh kali lipat.

- Angin

Energi alternatif yang selanjutnya adalah angin. Angin yang setiap hari dapat dirasakan oleh manuisa juga termasuk dalam energi alternatif.  Angin dapat diubah dari energi kinetik menjadi energi mekanik yang kemudian dihubungkan ke mesin generator sehingga menghasilkan energi listrik.
Pada penerapannya, Amerika Serikat adalah salah satu negara yang menggunakan energi angin sebagai sumber energi listrik atau yang disebut dengan pembangkit listrik tenaga angin.

- Biomassa

Keempat, Biomassa termasuk dalam energi alternatif. Bagi Anda yang belum tahu tentang biomassa, biomassa merupakan sebuah bahan yang berasal dari tanaman atau tumbuhan. Selain itu, sisa kotoran manusia atau hewan juga bisa dijadikan sebagai sumber energi alternatif.
Biomassa juga bisa dikenal dengan sebutan lain yakni fitomassa atau sumber daya yang berasal dari hayati. Beberapa tumbuhan termasuk seperti enceng gondok, rumput laut raksasa, serbuk gergaji, serpihan kayu, sekam padi, jerami, sampah dapur, kotoran hewan, dan lain-lain.

- Air

Air yang menjadi salah satu kebutuhan penting untuk kehidupan sehari-hari juga dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif. Air ini dapat menjadi energi alternatif yang bisa menggantikan bahan bakar fosil. Beberapa negara sudah mengembangkan air sebagai sumber energi listrik, termasuk Indonesia salah satunya. Adapun juga yang disebut dengan hydropower yang dibuat dengan cara membendung air sungai lalu mengarahkan pipa air menuju turbin.

Energi yang didapat berdasarkan proses jatuhnya air ke turbin dan banyaknya jumlah air yang mengalir. Meksi demikian, pembangkit listrik tenaga air ini membutuhkan sumber air yang besar dan tempat penampungan air yang besar.

- Nuklir atau Uranium

Sumber energi alternatif berikutnya adalah nuklir. Nuklir merupakan zat yang berkaitan dengan inti atau energi atom. Beberapa negara di dunia telah menggunakan nuklir sebagai energi terbarukan. Hal ini dikarenakan nuklir mampu menghasilkan energi listrik yang sangat besar. Hasil ukuran 1 gr zat radioaktif bisa menghasilkan energi listrik sebanyak 50 ribu kwh per jam. Selain itu, pemanfaatan energi nukir ini juga bisa mencegah pemanasan global yang sudah menjadi masalah bersama untuk semua manusia di dunia.

- Biodiesel

Berikutnya adalah biodesel, merupakan energi alternatif yang bisa menggantikan energi fosil. Biodesel sudah cukup lama dikenal dan dimanfaatkan oleh beberapa negara maju. Biodiesel adalah bahan bakar nabati untuk aplikasi mesin/motor diesel berupa ester metil asam lemak (fatty acid methyl ester/FAME) yang terbuat dari minyak nabati atau lemak hewani melalui proses esterifikasi/transesterifikasi. Biodesel menjadi salah satu sumber energi yang ramah lingkungan dan tidak memiliki efek terhadap kesehatan manusia.

3. Kelebihan Energi Alternatif

Pemanfaatan energi alternatif secara maksimal memiliiki manfaat yang signifikan terhadap keberlangsungan hidup manusia. Berikut kelebihan energi alternatif:

- Ramah Lingkungan

Kelebihan penggunaan energi alternatif ini adalah ramah lingkungan. Karena energi alternatif tidak akan mencemari lingkungan atau menghasilkan polusi lingkungan.

- Tersedia Secara Gratis

Sumber energi seperti panas matahari, angin, dan air termasuk energi yang bisa diperoleh secara gratis dan tersedia di alam.

- Tak Terbatas

Karena bersifat energi terbarukan, energi ini termasuk dalam energi yang dapat digunakan secara terus menerus dan tak terbatas jumlahnya.

4. Kekurangan Energi Alternatif

Meskipun penggunaan energi alternatif memilki banyak kelebihan dan baik untuk keberlangsungan lingkungan, tetapi adapun beberapa kekurangan energi alternatif, berikut lengkapnya:

- Biaya Instalasi Awal Tinggi

Satu hal yang menjadi kekurangan energi alternatif adalah tentang biaya instalasi awal yang cukup tinggi.

- Membutuhkan Teknologi dalam Pemanfaatanya

Energi alternatif membutuhkan teknologi tinggi pada pemanfaatanya sehingga ini bergantung pada bagaimana perkembangan teknologi di suatu wilayah.

- Bergantung pada Alam

Meskipun tersedia di lingkungan sekitar, pemanfaatan energi alternatif ini tergantung pada kondisi alam, misalkan saja cuaca, iklim, dan lainnya.

5. Contoh Penggunaan Energi Alternatif

Setelah mengetahui apa itu energi alternatif, jenis-jenisnya, kelebihan dan kekurangan, berikut merupakan contoh penggunaan energi alternatif dalam yang bisa kita temukan sehari-hari:

- Panel Surya

Contoh yang pertama adalah panel surya, yang merupakan perangkat pembangkit listrik dengan memanfaatkan panas matahari menjadi energi listrik. Penggunaan panel surya ini termasuk energi alternatif karena dapat menggantikan energi berbahan bakar fosil dan minyak bumi.

- Kincir Angin

Kedua, kincri angin yang sering kita lihat sebagai alat pembangkit listrik tenaga angin. Kincir angin memanfaatkan angin yang berhembus kemudian dijadikan sebagai sumber energi listrik.

- Kincir Air

Kincir Air juga termasuk salah satu contoh penerapan energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, kincir air bisa dilihat di sekitar sungai, waduk yang kemudian dimanfaatkan oleh warga sekitar menjadi energi listrik.

Written by Nonny Anasih | 19 Mar 2024