Pahami, Begini Ternyata Cara Kerja Panel Surya Atap

Kebutuhan listrik pun sekarang sudah menjadi kebutuhan primer bagi semua orang. Di Indonesia, pemanfaatan sinar matahari sebagai penghasil listrik yang disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) masih sekitar 0,13% dari keseluruhan pembangkit yang ada. Hal ini menunjukan bahwa pemanfaatan surya melalui panel surya atap tergolong sangat kecil. Penggunaan listrik merupakan kerbutuhan vital yang sangat dibutuhkan guna menopang kehidupan untuk menopang kebutuhan mauoun kegiatan sehari-hari. Kebutuhan listrik mulai mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai langkah untuk mencari energi baru terbarukan mulai dilakukan di Indonesia. Salah satu yang dilakukan adalah pemanfaatan energi surya untuk pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Pemanfaatan panel surya atap ini bisa digunakan sebagai alternatif yang sangat cocok untuk digunakan sebagai sumber energi listrik yang memiliki banyak kelebihan. Apalagi jika melihat potensi Indonesia yang sangat mudah untuk mendapatkan sumber utama dari pembangkit listrik ini, yaitu sinar matahari. Tentu manfaat lain dari pemasangan PLTS atap ini juga dapat membantu anda dalam menghemat pengeluaran untuk kebutuhan listrik Anda.
Pemasangan panel surya Atap juga akan dapat membantu Anda untuk mendapatkan pasokan listrik dalam jumlah yang besar. Tentu tanpa membebani biaya yang harus Anda dikeluarkan setiap bulannya. Karena sumber energi ini bisa Anda dapatkan secara gratis dan sangat melimpah.

Pemanfaatan sinar matahari untuk pembangkit listrik tenaga surya ini pun membutuhkan komponen-komponen penting yang ada didalamnya. Salah satu komponen terpenting dari pembangkit listrik tenaga surya adalah panel surya. Panel surya adalah komponen yang terdiri dari sel surya yang ditata sedemikian rupa untuk menyerap energi sinar matahari. Sedangkan yang bertugas menyerap sinar matahari adalah sel surya. Sel surya sendiri terdiri dari berbagai komponen photovoltaic atau komponen yang dapat mengubah cahaya untuk dikonversikan sebagai energi listrik. Sel surya pada umunya terdiri dari lapisan silikon yang bersifat semikonduktor, metal, anti reflektif, dan strip konduktor metal.

Hal yang menjadi faktor utama pemanfaatan sel surya adalah banyaknya kelebihan dari pembangkit listrik tenaga surya melalui panel surya atap. Panel surya atap inipun digunakan oleh sebagian orang sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan listrik yang hemat serta ramah lingkungan. Lantas bagaimana cara kerja panel surya atap?

Cara Kerja Panel Surya

Cahaya matahari  merupakan salah satu energi alam yang kini telah dimanfaatkan untuk mengembangkan teknologi sehingga dapat menghasilkan energi listrik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sama seperti listrik konvensional pada umunya, panel surya yang digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga surya juga dapat digunakan sebagai penerangan ketika malam, menonton televisi, menyetrika dan masih banyak lagi kegiatan lain yang membutuhkan listrik. Cahaya matahari ini tentu saja tidak bisa digunakan langsung untuk menghasilkan listrik, namun bisa dibantu dengan adanya panel surya. Panel surya menggunakan komponen serta sistem fotovoltaik yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi arus listrik. Satu sel fotovoltaik ini berisikan dua irisan bahan semi konduktor yang berupa sel mikroelektronika. Sel fotovoltaik kemudian akan membentuk medan listrik yang terjadi ketika muatan berlawanan dipisahkan.

Setiap sel fotovoltaik pada dasarnya adalah komponen yang terdiri dari dua irisan bahan semi konduktor. Untuk bekerja, sel ini perlu membentuk medan listrik. Mirip dengan medan magnet, yang terjadi adalah 2 kutub medan yang berlawanan. Medan listrik ini terjadi ketika muatan berlawanan dipisahkan. Untuk mendapatkan hasil ini, panel surya atap membentuk muatan listrik positif maupun negatif pada setiap komponennya. Proses selanjutnya, komponen yang ada pada panel surya atap akan menyemai fosfor ke lapisan atas silicon panel surya atap. Ketika foton matahari menjatuhkan elektron bebas, medan listrik tersebut akan mendorong elektron keluar dari sambungan silikon. Setelah itu, elektron dapat mengalir ke berbagai sumber listrik yang telah disediakan. Komponen sederhana dari panel surya atap yakni terdiri dari solar panel atau sel panel surya, charge controller, baterai, AC/DC Interver, dan bahan pendukung seperti kabel, koneksi dan lain sebagainya.

Cara kerja dari panel surya ini pun didukung oleh setiap komponen yang memiliki fungsi berbeda-beda. Solar panel berfungsi mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Charge controller dapat mengontrol sumber energi untuk pengisian daya baterai yang efisien. Baterai dalam hal ini digunakan sebagai komponen untuk menyimpan energi listrik yang didapatkan melalui proses yang telah dilalui tadi. AC/DC Inverter berfungsi untuk mengubah arus DC pada panel surya atap menjadi arus AC yang biasa digunakan pada berbagai peralatan rumah tangga. Setelah itu komponen pendukung seperti kabel akan menghubungkan semua komponen untuk kemudian dialirkan pada kebutuhan listrik yang dapat digunakan seperti listrik pada umunya.

Secara sederhana, cara kerja panel surya atap dapat didefinisikan sebagai pengkonversian cahaya menjadi energi listrik melaui sel-sel yang terdapat pada panel surya atap. Sinar matahari mengandung foton. Partikel ini kemudian menghantam atom sel panel surya atap sehingga menghasilkan energi besar yang berfungsi untuk memisahkan electron. Elektron ini kemudian akan bergerak dan menciptakan arus listrik yang dapat kita manfaatkan.

Kelebihan Panel Surya Atap

Panel surya tentu saja diciptakan bukan tanpa alasan, melainkan banyak dimanfaatkan menjadi energi listrik yang dapat dimanfaatkan sebagai listrik yang kemudian digunakan seperti listrik konvensional pada umumnya. Pemanasan global yang terjadi di bumi tentu semakin hari semakin memberikan keresahan. Hal ini tentu bisa dikurangi salah satunya dengan menggunakan energi yang ramah lingkungan berupa panel surya atap. Dengan menggunakan listrik yang berasal dari energi matahari, maka hal tersebut menjadi upaya yang sangat tepat agar bisa mengurangi efek dari global warming. Selain itu, pemanfaatan energi surya melalui panel surya atap memiliki kelebihan yang sangat ramah lingkungan. Hal ini terbukti dari sumber energi dari pembangkit listrik tenaga surya ini ddidapatkan tanpa menggangu dan merusak alam. Karena Anda dapat memperoleh energy ini langsung, bahkan dari rumah Anda sendiri untuk kemudian dialirkan kepada kebutuhan listrik Anda.

Dalam operasionalnya, energi ini sangat ramah lingkungan serta merupakan wujud implementasi dari merawat bumi yang semakin hari semakin mengalami kerusakan akibat pemanasan global. Penggunaan panel surya atap sendiri, selain ramah lingkungan juga dapat menghemat pengeluaran dari tagihan listrik yang biasa Anda bayarkan. Nah, itulah beberapa penjelasan terkait cara kerja panel surya atap yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik Anda di rumah. Anda dapat dengan mudah mendapatkan kebutuhan panel surya atap melalui jual panel surya atap terbaik. Tentu dengan harga dan penawaran terbaik!

Written by Nonny Anasih | 02 Apr 2024