Mau Buat Panel Surya Sendiri di Rumah? Ini Caranya

Banyak orang saat ini tertarik menggunakan panel surya karena penggunaannya dijadikan sebagai salah satu alternatif atau sumber utama energi terutama pada bangunan perumahan. Sumber energi ini ramah lingkungan dan dapat menghemat biaya tagihan listrik. Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa buat panel surya sendiri di rumah menggunakan bahan murah yang mudah ditemukan. Berikut informasi lengkapnya yang sudah dirangkum oleh SolarKita khusus untuk Anda.

1. Cara Membuat Panel Surya dari CD Bekas

Cara membuat panel surya sendiri di rumah bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan CD bekas. CD bekas yang sudah tidak terpakai bisa dimanfaatkan sebagai alternatif panel surya. Ini merupakan solusi alternatif bagi orang-orang yang terkendala mahalnya panel surya sebagai alat konversi energi matahari menjadi listrik. CD bekas diketahui mempunyai manfaat besar apabila dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Namun, panel surya dari CD bekas tidak sama dengan kebanyakan sistem kerja panel surya. Panel surya dari piringan CD bekas tidak mengubah energi matahari menjadi listrik, melainkan memantulkan sinar matahari menjadi panas yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik.

Meskipun tidak sepenuhnya sama dengan prinsip kerja panel surya, kumpulan piringan CD bekas yang sudah tidak terpakai bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan panas yang misalnya bisa memanfaatkan untuk kebutuhan memasak. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu meletakkan piringan-piringan CD bekas ke dalam sebuah kotak hitam. Arahkan sedemikian rupa agar piringan-piringan tersebut dapat memantulkan sinar yang berada dalam satu titik yang sama.

2. Cara Membuat Panel Surya dari Plat Tembaga

Selain dari CD bekas, Anda juga bisa membuat panel surya dari plat tembaga. Beberapa bahan yang Anda perlu siapkan antara lain adalah 1 lembar plat tembaga mengkilap, 2 capit buaya, 1 micro ammeter, 1 kompor listrik, 1 botol plastik bening yang bagian atasnya sudah dipotong, 2 sdm garam meja, 1 amplas atau sikat kawat, gunting, dan air. Setelah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, Anda bisa melanjutkan dengan proses pembuatan. Pertama-tama, potong kawat tembaga berukuran persis seperti ukuran panel pemanas yang terdapat dalam kompor listrik. Kemudian, bersihkan tembaga yang sudah dipotong dengan amplas atau sikat kawat untuk menghilangkan kotoran yang berpotensi menghambat proses penyerapan sinar matahari.

Jika tembaga sudah bersih, letakkan di atas kompor listrik, kemudian bakar dengan voltase tinggi selama 30 menit hingga lapisan tembaga berubah warna menjadi hitam. Jika sudah, biarkan hingga dingin selama 20 menit dan lanjutnya dengan mencuci dan menggosok tembaga di bawah air mengalir secara perlahan tanpa meregangkan tembaga. Lanjutkan dengan memotong lembaran tembaga lain seperti ukuran tembaga pertama. Kemudian, tekuk kedua lembaran tembaga dan masukkan ke dalam botol plastik dengan posisi kedua tembaga tidak bersinggungan satu sama lain. Pada kedua lembaran tembaga, pasang capit buaya dan pasangkan kabel dari tembaga kedua ke terminal positif dan kabel dari tembaga pertama ke terminal negatif dari ammeter.

Setelah itu, masukkan air garam yang sudah dipanaskan ke dalam botol tanpa membasahi capit buaya. Pastikan jumlah air garam tidak menenggelamkan seluruh plat tembaga. Jika sudah, Anda dapat menguji panel surya buatan sendiri ini dengan meletakkannya di bawah sinar matahari. Panel surya ini diperkirakan mampu menghasilkan tenaga 33 micro ampere.

3. Solusi Panel Surya Terjangkau dan Terjamin untuk Rumah Anda

Perlu Anda ketahui, cara membuat panel surya sendiri di rumah di atas hanya bisa dimanfaatkan untuk produksi listrik skala kecil. Sementara itu mungkin bisa menjadi solusi untuk kawasan-kawasan terpencil seperti pedesaan yang belum memiliki akses terhadap listrik, membuat panel surya sendiri dari CD bekas atau plat tembaga tidak bisa menjadi solusi untuk Anda yang membutuhkan produksi listrik dalam skala lebih besar.

Tidak perlu bingung untuk memasang panel surya di rumah karena Anda bisa langsung pasang panel surya SolarKita. Sebagai pengembang sistem panel surya yang fokus di sektor perumahan, SolarKita memiliki komitmen tinggi dalam menyediakan pelayanan dari awal hingga akhir terbaik yang mencakup konsultasi, survey, instalasi sistem, pemantauan, hingga perawatan pasca pemasangan. Jadi, Anda bisa memasang panel surya dengan aman dan nyaman dengan SolarKita.

Tidak perlu khawatir, SolarKita menawarkan variasi program pembiayaan panel surya. Pembayarannya fleksibel, artinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Setelah panel surya dipasang, Anda juga akan mendapatkan penghematan biaya listrik secara signifikan. Anda bisa mengajukan financing program untuk pemasangan panel surya dari SolarKita dengan proses pengajuan yang cepat, yakni kurang dari 1 minggu, lho. Apakah Anda berminat untuk menggunakan program pembiayaan SolarKita sekarang? Jangan ragu untuk segera menghubungi konsultan SolarKita untuk memperoleh informasi lebih lanjut, ya!

Written by Heldania Ultri Lubis | 08 Feb 2024