Langkah Perawatan Panel Surya Atap Agar Selalu Bersih

Jika Anda memasang panel surya di rumah, maka sudah pasti letaknya ada di atap dengan posisi miring dan permukaannya datar. Selama ini, seberapa seringkah Anda membersihkan bagian atap rumah? Masih banyak pengguna panel surya yang merasa bahwa perawatan panel surya itu tidak diperlukan. Toh, sudah ada air hujan yang akan membersihkannya dari debu dan kotoran. Anggapan seperti ini tidak 100% benar.

Pembersihan rutin dan berkala pada panel surya atap tetap dibutuhkan. Tujuannya adalah untuk memastikan tidak ada debu, kotoran burung, atau daun kering yang menutup permukaannya. Kalau sampai permukaan panel surya atap tertutup, penyerapan sinar matahari oleh sel surya tidak seefektif normalnya. Lalu, bagaimanakah cara merawat panel surya yang benar?

1. Debu dan kotoran bisa mengurangi efisiensi PLTS atap

Apakah perawatan panel surya atap sangat diperlukan? Jawabannya adalah ya! Sama dengan kendaraan yang harus dibersihkan rutin demi memastikan performanya terjaga, panel surya atap perlu dibersihkan untuk menjaga efisiensi penyerapan panas matahari. Debu dan kotoran yang menempel akan mengurangi kemampuan serap sel surya terhadap panas matahari. Kotoran dan debu akan mempengaruhi jumlah sinar matahari yang terserap dan dikonversikan menjadi energi. Semakin banyak debris yang ada, semakin sedikit sinar matahari yang terserap oleh panel surya karena terhalang debris. Oleh karena itu, pembersihan tambahan butuh dilakukan demi memastikan permukaan panel surya tidak tertutup apapun.

2. Air hujan bisa membersihkan PLTS atap, tetapi tidak 100% bersih

Bukankah genteng rumah tidak butuh dibersihkan dan debu atau daun bisa hilang dengan air hujan? Mengapa hal yang sama tidak berlaku untuk panel surya atap? Ini karena air hujan bukanlah air yang bersih. Air hujan mengandung partikel seperti pasir, kerikil kecil, atau residu lain. Mengandalkan air hujan untuk membersihkan panel surya atap sama saja dengan mengganti debu di genteng dengan residu dalam air hujan. Jauh lebih baik bila Anda melakukan perawatan panel surya dengan air yang biasa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari karena lebih terjamin kebersihannya.

3. Cara membersihkan PLTS atap di rumah

Karena Anda tidak ingin menggores instalasi PLTS di atap rumah, maka perawatan panel surya sebaiknya menggunakan air dan spons non-abrasif. Perhatikan aliran air yang dipakai untuk pembersihan. Mengingat PLTS atap adalah instalasi yang rentan, ingatlah bahwa Anda tidak boleh menggunakan penyemprot air bertekanan tinggi saat membersihkan panelnya. Air bertekanan tinggi ini dapat merusak panel itu sendiri. Waktu terbaik untuk membersihkan panel surya adalah ketika kotoran dan debu sudah menumpuk dan membandel. Pembersihan dilakukan untuk mencegah terhalangnya penyerapan panas matahari oleh sel surya. Supaya tidak kepanasan, bersihkan PLTS atas saat sore hari ketika matahari sudah tidak terik.

4. Hindari pembersihan dengan sabun

Jangan pernah memakai sabun, deterjen, atau cairan pembersih lainnya untuk mengangkat noda dan kotoran membandel dari permukaan PLTS. Perawatan panel surya hanya memerlukan air dan spons lembut untuk mengusir debu dan kotoran. Dengan memakai sabun, residu sabun yang lengket akan tertinggal di panel surya atap dan membuat kotoran lebih mudah menempel. Seperti yang dikatakan oleh Daniel Green, direktur pemasaran Bland Company, perusahaan tenaga surya berbasis di California, perawatan panel surya tidak seharusnya menggunakan bahan pembersih dan deterjen. Jika Anda memang ingin panel surya atap bersih tuntas, Anda bisa mengandalkan tim profesional seperti SolarKita untuk membersihkan panel surya atap di rumah Anda.

5. Hubungi tenaga profesional untuk membersihkan PLTS atap

Ketika tiba saatnya untuk pembersihan panel surya, sebenarnya ada dua cara untuk Anda pilih; melakukannya sendiri atau menghubungi tenaga profesional. Umumnya, layanan pemasangan PLTS atap di rumah-rumah juga menawarkan fasilitas pemeriksaan, perawatan, dan pemeliharaan. Jadi, Anda tidak perlu repot membersihkannya sendiri. Perawatan PLTS oleh tenaga profesional dari perusahaan pemasangan panel surya tentunya lebih terjamin dan sesuai dengan prosedur, seperti menggunakan air deionisasi dan sistem sikat berputar yang mampu menjangkau tempat tinggi sekaligus mengangkat noda membandel.

Perawatan panel surya memang bisa dilakukan sendiri. Namun, alangkah baiknya jika Anda mempercayakan kebutuhan panel surya atap di rumah Anda kepada layanan yang mampu memberikan paket lengkap. Contohnya SolarKita Care, layanan pemeliharaan panel surya lengkap dari pembersihan hingga pemantauan kinerja dari waktu ke waktu. Percayakan pada SolarKita untuk konsultasi, pemasangan, hingga perawatan panel surya atap di rumah Anda!

Written by Heldania Ultri Lubis | 08 Feb 2024