Kontribusi SolarKita dalam Transisi Energi di Indonesia

Energi tenaga surya merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang sedang dikembangkan di Indonesia. Indonesia memiliki potensi yang besar dalam pengembangan energi tenaga surya. Sebagai negara yang terletak di khatulistiwa, Indonesia memiliki jumlah matahari yang melimpah sepanjang tahun. Selain itu, Indonesia juga memiliki lahan yang luas dan cocok untuk pembangunan instalasi panel surya, seperti di daerah pedalaman dan pulau-pulau terpencil.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia telah memperkenalkan program untuk mempromosikan pengembangan energi tenaga surya. Salah satunya adalah program 35 ribu MW, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas energi terbarukan hingga 35 ribu MW pada tahun 2025, termasuk 5.000 MW di antaranya berasal dari energi tenaga surya. Selain itu, pemerintah juga memberikan insentif fiskal dan kebijakan regulasi yang mendukung pengembangan energi tenaga surya.

Data yang diperoleh dari Kementerian ESDM, kapasitas pemasangan  PLTS atap di Indonesia telah mencapai 51,19 megawatt peak (MWp) dari 4.974 pelanggan. Kapasitas yang terpasang hingga akhir tahun ditargetkan dapat mencapai target 450 MWp. Dimana angka ini diperkirakan masih akan terus meningkat hingga sekarang ini. Pemanfaatan energi matahari melalui PLTS Atap dari berbagai pihak ini tentu menjadi sebuah tren yang sangat positif. Dimana Salah satu pihak yang turut mendukung adalah SolarKita.

Solarkita merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan, khususnya panel surya. Perusahaan ini berkontribusi besar dalam transisi energi SolarKita yang sedang terjadi di Indonesia dan dunia. Sebagai Perusahaan pengembang dan pemasang PLTS, SolarKita telah berkonstribusi banyak dalam peningkatan mendistribusikan produk-produk pembangkit listrik tenaga surya.

Berkontribusi dalam Transisi Energi

Solarkita merupakan perusahaan yang fokus dalam membantu dalam mengurangi penggunaan energi fosil di Indonesia. Sebagaimana diketahui, Indonesia masih sangat bergantung pada energi fosil, seperti minyak, gas, dan batu bara. Tentu, penggunaan energi fosil ini menyebabkan dampak lingkungan yang besar, seperti polusi udara, pemanasan global, dan lain sebagainya. Dengan mengembangkan dan memasarkan panel surya, Solarkita membantu dalam mengurangi penggunaan energi fosil dan mempromosikan energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

Ketergantungan terhadap energi tak terbarukan ini harus seger diminimalisir melalui pemanfaatan energi yang bersifat terbarukan. Energi terbarukan (EBT) adalah sebuah alterbatif yang dapat digunakan sebagai sumber energi utama untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Dalam hal ini, Solarkita telah membantu dalam mengurangi biaya energi. Panel surya memungkinkan kita untuk menghasilkan energi dari sinar matahari yang gratis, sehingga mengurangi biaya listrik yang harus dibayar oleh konsumen.

Dalam jangka panjang, investasi dalam panel surya akan sangat menguntungkan bagi konsumen, dimana para pengguna panel surya akan dapat menghemat uang dalam biaya listrik selama bertahun-tahun. Yang mana Solarkita telah membantu dalam memperluas akses ke energi bersih dan terjangkau dalam proses transisi energi SolarKita di Indonesia. Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki banyak daerah terpencil dan sulit dijangkau. Beberapa daerah ini belum memiliki akses ke listrik atau harus membayar harga yang sangat mahal untuk mendapatkan akses ke listrik.

Kontribusi SolarKita dalam Transisi Energi di Indonesia

Sebagai perusahaan yang fokus dalam pengembangan dan pemasangan PLTS, SolarKita bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam memanfaatkan energi surya menjadi energi listrik untuk kebutuhan sehari-hari. Hadirnya SolarKita selama bertahun-tahun telah memiliki konstribusi masif dalam instalasi PLTS.

1. PLTS Terpasang Mencapai 1,462,220 Wp

SolarKita terus mendukung pemanfaatan energi bersih matahari dengan membantu proses instalasi PLTS di tengah-tengah masyarakat maupun untuk kebutuhan bisnis dan industri. Jumlah PLTS terpasang di seluruh wilayah Indonesia melalui SolarKita telah mencapai 1,462,220 Wp. Dimana hal ini tentu merupakan suatu pencapaian yang signifikan sebagai upaya peningkatan pemanfaatan energi surya dalam proses transisi energi SolarKita di Indonesia.

2. Produksi Listrik Sebesar 1,358.67 MWh

Dengan jumlah total PLTS yang terpasang yang sangat tinggi ini, SolarKita telah berkontribusi sebagai perusahaan PLTS yang mampu mencapai total produksi listrik sebesar 1,358.67 MWh. Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi Anda yang ingin menggunakan energi matahari sebagai sumber lisrik Anda. Hal ini karena pemanfaatan energi surya dapat mengurangi ketergantungan aliran listrik dari sumber listrik konvensional, yang mana masih dominan menggunakan bahan baku energi tak terbarukan.

3. Total CO2 yang telah Dihindari Mencapai 1,222,805 kg

Dengan mengembangkan teknologi panel surya, Solarkita telah berperan aktif dalam mempromosikan teknologi terbarukan dan memperlihatkan kepada masyarakat bahwa energi terbarukan merupakan energi alternatif yang baik untuk menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan listrik yang ramah lingkungan. Dimana sejauh ini, SolarKita telah aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan dan telah menghindari 1,222,805 kg C02 dari dampak pembangkit listrik konvensional. Hal ini menunjukan bahwa semakin minim kadar C02 akan membuat suhu bumi membaik.

4. 100+ Referal Patner

Program referal patner dari SolarKita telah memberikan keuntungan tersendiri kepada pelanggan ataupun orang lain yang ingin memasang PLTS. Hingga kini, terdapat 100 lebih referal patner yang telah bekerjasama dengan SolarKita.

5. 30+ Mitra EPC yang telah Terdaftar

Selain Program Referal Patner, SolarKita juga membuka Mitra EPC bagi pihak yang ingin turut mendistribusikan dan membantu proses instalasi PLTS. Saat ini, tercatat lebih dari 30 Mitra EPC  yang telah terdaftar resmi dari kami.

6. SolarKita Patners

Sabagi perusahaan yang fokus dalam membantu transisi energi SolarKita di Indonesia, SolarKita telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak agar proses pengembangan PLTS dapat berjalan secara masif. Berikut beberapa pihak yang terkait dan menjadi patner SolarKita:

  • Mandiri Tunas Finance
  • OCBC
  • OJK
  • KESTB

Solarkita membantu dalam menciptakan lapangan kerja. Sebagai perusahaan yang berkembang pesat, Solarkita membuka banyak kesempatan kerja bagi masyarakat. Perusahaan ini mempekerjakan teknisi, ahli panel surya, penjualan, dan karyawan lainnya yang membantu dalam mengembangkan bisnis mereka. Dalam jangka panjang, perusahaan ini berpotensi untuk membuka ribuan lapangan kerja baru di Indonesia.

Mari Membantu Transisi Energi Surya Bersama Solar Kita!

Melihat perubahan suhu bumi yang semakin panas beberapa tahun belakangan, banyak masyarakat Indonesia yang berupaya mengubah kebiasaan dengan menggunakan energi yang ramah lingkungan guna mendukung proses transisi energi SolarKita di Indonesia. Selain itu, Penggunaan energi matahari melalui panel surya dalam dunia industri atau bangunan komersial lain akan memberikan dampak signifikan terhadap lingkungan.

Pemasangan PLTS tentu dapat menjadi transisi energi SolarKita yang sangat efektif untuk menghemat biaya tagihan listrik. Hal ini tentu saja dapat memberikan keuntungan untuk industri dan lingkungan. Beralih ke energi alternatif sinar matahari dapat menjadi solusi terbaik dalam mengatasi krisis lingkungan. Energi Surya yang tak terbatas ini dapat mengatasi isu krisis listrik yang bisa saja terjadi di masa depan.

Jadi, penggunaan energi surya akan memberikan dampak yang signifikan terhadap keberlangsungan hidup masyarakat Indonesia. Ada banyak manfaat yang diperoleh jika menggunakan PLTS. Mari gunakan energi bersih dan peduli terhadap lingkungan bersama SolarKita!

Written by Biru Cahya Imanda | 26 Mar 2024