5 Komponen Utama dalam Rumah Ramah Lingkungan

Rumah ramah lingkungan tentu sangat nyaman ditinggali. Bersih, sejuk, dan kualitas bangunan yang tahan lama dalam jangka panjang menambah daftar panjang keunggulan yang bisa Anda dapatkan jika memiliki rumah ramah lingkungan. Untuk mendapatkan rumah ramah lingkungan, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Sebenarnya tidak perlu sampai membangun rumah baru, Anda pun bisa merenovasi rumah yang lama menjadi rumah ramah lingkungan. Apapun itu pilihan Anda, pastikan Anda sudah mengikuti 5 hal utama berikut ini dalam membangun atau merenovasi rumah rumah ramah lingkungan.

1. Menggunakan Material Bangunan yang Biodegradable

Saat ingin membangun rumah ramah lingkungan, langkah pertama yang patut Anda ambil adalah memilih material yang juga ramah lingkungan, seperti kayu yang tahan lama atau bahan-bahan bangunan yang sudah didaur ulang. Dengan menggunakan material yang ramah lingkungan atau biodegradable ini, artinya Anda sudah berpartisipasi dalam menjaga kelestarian Bumi kita. Sisa bangunan yang ada pun tidak akan mengotori lingkungan. Bilamana suatu saat nanti rumah Anda akan direnovasi lagi, material yang dibuang pun bisa didaur ulang kembali atau bisa terurai dengan mudah.

2. Konservasi Pemakaian Air

Saat ini, The Water Utility Bylaw di Calgary mengharuskan semua rumah baru memiliki perlengkapan hemat energi penggunaan air. Anda juga bisa mencoba teknik yang satu ini agar rumah Anda menjadi rumah ramah lingkungan. Biasanya, perlengkapan rumah seperti toilet, wastafel, dan sebagainya yang memiliki tekanan aliran rendah memiliki fungsi yang baik dan berkualitas (tahan lama). Tak hanya berkualitas, alat-alat ini kerap memakan biaya perawatan yang jauh lebih rendah. Ini adalah kesempatan baik untuk Anda dan keluarga menghemat air sehari-hari.

3. Teknologi Pintar Dalam Rumah

Memiliki teknologi pintar di dalam rumah mampu mengurangi konsumsi energi rumah Anda sekaligus membuat Anda lebih santai karena tidak perlu lagi mengerjakan hal-hal monoton. Faktanya, Anda bisa mendapatkan rumah ramah lingkungan dengan mengandalkan teknologi. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan lampu pintar yang memiliki fitur dim agar keterangan lampu bisa diatur sesuka hati. Ada juga sistem wastafel pintar dengan sensor, sehingga tidak ada lagi insiden kran wastafel lupa dimatikan sehabis dipakai. Hemat air, hemat listrik juga!

4. Penggunaan Lahan yang Efektif

Bangun rumah Anda di lahan yang baik secara efektif. Anda bisa memanfaatkan lahan lanskap dan melakukan poin-poin berikut:

  • Buat lahan khusus menampung air hujan yang nantinya air tersebut dapat digunakan untuk menyiram tanaman.
  • Maksimalkan permukaan yang kedap air. Hal ini dilakukan guna memudahkan air hujan menembus tanah daripada mengalir sehingga dapat menahan nutrisi, sedimen, dan jenis polusi lainnya ke saluran air terdekat.
  • Untuk jalan masuk ke dalam rumah atau area parker, Anda dapat memilih bahan yang permeabel (bisa dilalui zat padat maupun cair) seperti paver sel terbuka atau paving tembus pandang, yang memungkinkan air meresap ke bagian di bawahnya.
  • Pilih jenis tanaman yang akan Anda tanam dengan hati-hati karena beberapa tanaman membutuhkan sedikit perawatan intensif. Anda juga bisa memilih tanaman yang kebutuhan penyiramannya rendah.
  • Bentuk halaman kecil Anda menjadi lebih sederhana, namun tetap bisa digunakan untuk memelihara makhluk hidup, sekaligus mengurangi munculnya habitat lain yang tidak diinginkan di rumah Anda.

5. Gunakan Panel Surya

Energi terbarukan terus menjadi andalan orang-orang untuk mencapai rumah ramah lingkungan. Memang, sejak awal para ahli merekomendasikan untuk mengintegrasikan sistem energi terbarukan ke dalam perencanaan rumah, baik itu panel surya, turbin angin perumahan, atau pembangkit listrik tenaga air mikro. Faktanya, ketergantungan berlebihan pada bahan bakar fosil bisa berdampak besar pada lingkungan kita. Pada akhirnya, kita tetap harus beralih ke ke sumber energi terbarukan seperti panel surya, boiler biomassa, dan pompa panas.

Energi terbarukan ini memungkinkan Anda menghasilkan energi sendiri dengan tetap menghemat biaya. Tentunya memilih energi terbarukan juga akan membuat Anda mengurangi ketergantungan pada sumber energi yang konvensional. Meskipun teknologi ini masih tergolong lebih mahal dari energi lain, Anda tetap akan merasakan hematnya di masa mendatang. Tanpa sadar, seiring waktu energi terbarukan akan membuktikan bahwa penggunaannya jauh lebih hemat biaya.

Saat ini, jasa pemasangan energi terbarukan sudah bisa Anda temukan dengan mudah, salah satunya SolarKita yang sudah dipercaya oleh banyak orang di Indonesia. SolarKita bisa membantu Anda menciptakan rumah yang hemat energi sekaligus ramah lingkungan. Jika Anda ingin memiliki panel surya demi memiliki rumah ramah lingkungan, Anda bisa gunakan panel surya SolarKita sekarang!

Written by Deslita Krissanta Sibuea | 21 Feb 2024