Keuntungan yang Anda Dapat saat Menggunakan PLTS

Penggunaan listrik di Indonesia semakin meningkat seiring perkembangan teknologi. Baik untuk skala rumahan ataupun industri, listrik menjadi salah satu kebutuhan penting yang tidak bisa ditinggalkan. Konsumsi listrik yang terbilang besar ini mayoritas menggunakan pembangkit listrik dengan bahan baku batu bara dan minyak bumi. Meski bahan baku saat ini masih mencukupi, tetapi jika berlanjut tentu ketersediaannya akan terbatas bahkan habis.
Oleh sebab itu, saat ini telah dikembangkan pembangkit listrik tenaga surya, yang mana pembangkit listrik ini memanfaatkan panas matahari yang kemudian menjadi aliran listrik.

Alternatif pembangkit listrik ini menjadi solusi terbaik dalam kondisi bumi saat ini, karena proses pengolahan batu bara termasuk salah satu penyebab terbesar terjadinya pemanasan global (global warming). Di sisi lain, negara Indonesia yang secara geografisnya terletak di garis Khatulistiwa memiliki ketersediaan sumberdaya melimpah. Sumberdaya inilah yang membuat pemerintah Indonesia juga sedang menggencarkan program pengembangan PLTS. Kemudian, apa saja keuntungan menggunakan PLTS? Kali ini admin akan menjelaskan selengkapnya untuk Anda. Simak di bawah ini!

Apa Saja Keuntungan Menggunakan PLTS?

Penggunaan PLTS memiliki banyak keuntungan, baik dipasang untuk rumahan ataupun kepentingan industri, PLTS sangat menguntungkan. Berikut keuntungannya.

Lebih Hemat

Keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan jika menggunakan PLTS adalah Anda bisa lebih menghemat biaya pengeluaran untuk tagihan listrik.
Saat Anda menggunakan PLTS, Anda akan mengurangi beban penggunaan listrik dari PLN hingga 40%. PLTS memanfaatkan energi surya yang kemudian akan diubah menjadi tenaga listrik dan bisa menghemat pemakaian listrik harian.

Penggunaan Listrik Dapat Dimonitoring

Keuntungan berikutnya adalah Anda dapat memonitoring penggunaan listrik harian melalui aplikasi. Berbeda ketika menggunakan listrik dari PLN yang tidak akan mengetahui seberapa besar penggunaan listrik yang telah dipakai. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengetahui seberapa besar penggunaan daya listrik yang telah digunakan atau yang telah dikeluarkan selama waktu tertentu.

Minim Perawatan

Sistem PV surya yang terhubung ke jaringan umumnya pemeliharaannya sangat rendah. Dengan pembersihan sesekali dan pemeriksaan kesehatan rutin oleh kontraktor listrik berlisensi, panel surya akan bertahan sekitar 25 tahun. Kemungkinan inverter perlu diganti setidaknya sekali dalam waktu tersebut.
Apalagi jika Anda melakukan instalasi PLTS di Solar Kita, yang pastinya akan diberikan komponen berkualitas dan tahan lama sehingga sangat minim perawatan.

Aman Dari Pemadaman

Terkadang, ada saat tertentu yang mengharuskan pemadaman listrik secara massal. Hal ini tentu menjadi kendala jika Anda sangat bergantung pada aliran listrik. Misalkan saja ketika menggunakan komputer, mesin atau sejenisnya, tentu pemadaman akan mengganggu aktivitas dan merugikan.
Menggunakan PLTS menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada pemadaman dan dipastikan kepentingan Anda akan bisa tetap berjalan lancar.

Meningkatkan Nilai Aset

PLTS yang dipasang di rumah juga akan meningkatkan nilai properti. Artinya, ketika sewaktu-waktu dijual akan memiliki nilai yang tinggi. Pembeli rumah kemungkinan akan membayar lebih mahal untuk rumah dengan panel surya terpasang. Hal ini karena mereka pasti akan mempertimbangkan pemasangannya, kenyamanan, dan juga pengeluaran listrik sehari-hari.

Peduli Lingkungan

Menggunakan PLTS sebagai pembangkit listrik rumah Anda sama halnya dengan menjaga bumi. Mengingat bahan bakar lain memiliki dampak yang kurang baik bagi lingkungan, tentu jika ada yang ramah lingkungan kenapa tidak? Tenaga surya sangat minim resiko terhadap lingkungan, karena memanfaatkan panas matahari yang ketersediaannya tak terbatas. Turut peduli lingkungan tentu menjadi salah satu kewajiban manusia. Dan Anda bisa melakukannya degan menggunakan energi yang tidak berdampak buruk bagi lingkungan.

Pengaruh Penggunaan PLTS terhadap Lingkungan

PLTS saat ini memiliki banyak manfaat yang signifikan. Terutama di jaman serba teknologi, tentu aliran listrik yang tak terbatas menjadi salah satu alternatif terbaik. Setelah Anda mengetahui apa saja keuntungan yang akan didapatkan dalam sehari-hari. berikut ini juga akan kami berikan ulasan tentang apa saja pengaruhnya terhadap lingkungan jika Anda menggunakan PLTS.

Termasuk Energi Bersih & Hijau

Ada beberapa polusi yang berasal dari pembangkit listrik atau sumber energi lainnya dan bersifat merusak lingkungan. Seperti halnya yang berbahan bakar batu bara, minyak bumi, dan fosil lainnya. Berbeda dengan energi matahari yang termasuk energi bersih dan hijau yang tentu lebih aman terhadap lingkungan.

Tidak Tergantung pada Sumber Energi Lain

Tidak sama dengan pembangkit lain yang menggunakan energi fosil, ini akan menggunakan energi lain sebagai bahan bakarnya. Misalkan saja minyak bumi, gas alam, dan sejenisnya. Energi Matahari tidak bergantung pada sumber energi lainnya. Artinya, sumber energi ini bebas dari ketergantungan dengan energi lain. Dengan begitu akan berdampak positif bagi ekosistem dan lingkungan.

Mengurangi Emisi Karbon

Energi matahari adalah sumber energi terbarukan, artinya energi yang ketersediaannya tak terbatas sehingga tidak menghasilkan emisi karbon atau gas "rumah kaca" yang memerangkap panas lainnya. Hal ini menghindari kerusakan lingkungan yang terkait dengan penambangan atau pengeboran bahan bakar fosil. Selain itu, energi matahari juga menggunakan sedikit air, tidak seperti pembangkit listrik yang menghasilkan listrik menggunakan turbin uap.

Pemakaian Lebih Maksimal

PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) digunakan untuk berbagai keperluan. Apa pun dapat menghasilkan listrik atau panas (panas matahari) dengan energi matahari. Dapat mengalirkan listrik ke daerah tanpa listrik, menggunakannya di pabrik, memasok air bersih, atau menggunakannya dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga.

Sangat Cocok untuk Iklim Tropis

Penggunaan PLTS sangat cocok diterapkan untuk negara yang beriklim tropis, salah satunya Indonesia. Mengingat potensi yang begitu besar dan melimpah, bukan mustahil jika Indonesia menjadi salah satu pelopor dunia dalam pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di masa depan.

Solusi Pemakaian PLTS bersama SolarKita

Tertarik menggunakan PLTS sebagai pembangkit listrik rumah Anda? Mari ciptakan energi hijau bersama Solar Kita. PT. SolarKita Teknologi atau SolarKita adalah perusahaan pengembang sistem Panel Surya yang menawarkan produk tenaga listrik surya dan jasa pemeliharaannya. SolarKita telah membantu banyak pihak yang ingin mendukung pemanfaatan energi bersih di Indonesia. Baik kalangan masyarakat, perusahaan, ataupun instansi pemerintahan, kami telah dipercaya untuk menjadi pelopor mengembangkan PLTS. Selain itu, Anda juga bisa menemukan komponen PLTS berkualitas dan aman di sini. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

Written by Heldania Ultri Lubis | 27 Mar 2024