Institusi dan Perusahaan Komersial Pasang Panel Surya Bersama SolarKita

Institusi dan perusahaan komersial di Indonesia kini sudah mulai mengedepankan penggunaan energi bersih. Bahkan ada yang mendapatkan penobatan sebagai Panel Surya terbesar di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Ini merupakan wujud pergerakan untuk menuju pencapaian target energi terbarukan sebesar 23 persen di Indonesia pada tahun 2025. Berkembangnya perusahaan yang mulai mengedepankan penggunaan energi bersih memberikan kita harapan untuk memiliki masa depan bebas polusi.

SolarKita sebagai installer Panel Surya terpercaya telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan komersial dalam mewujudkan cita-cita penggunaan energi bersih. Perusahaan atau institusi komersial ini memiliki alasan dan tujuan masing-masing ketika ingin mulai menggunakan Panel Surya.  Apa saja perusahaan itu? Bagaimana kontribusi mereka setelah menjadi bagian dari Generasi Matahari? Yuk, simak tulisan di bawah!

PT. Adhi Karya Tbk.

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi ini mulai menunjukan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan cara memasang Panel Surya di lingkungan kantor. Selain itu, pihak Adhi Karya juga ingin mengetahui berapa total penghematan yang akan didapatkan bila menggunakan Panel Surya. Mereka juga ingin mengetahui bagaimana dampak yang dapat diberikan oleh Panel Surya Atap terhadap lingkungan. Lalu, bagaimana hasilnya setelah pemakaian selama 2 bulan? Mereka berhasil memproduksi energi listrik sebesar 478 kWh. Penghematan yang dicapai yaitu sebesar Rp 701.226. Dengan penghematan sebesar itu, mereka telah berhasil memberikan kontribusi kepada lingkungan dengan membantu mengurangi sumbangan karbondioksida (CO2) sebesar 430 kg.

Katedral Jakarta

Dewan Pengurus Gereja Katedral memiliki keinginan merealisasikan seruan dari Paus Fransiskus dalam Ensiklik Laudato si’ tentang Ekologi. Seruan ini berupa ajakan untuk seluruh umat agar merawat bumi. Selama ini, Dewan Pengurus sudah melakukan banyak aksi untuk merawat bumi, salah satunya adalah dengan melakukan pengolahan sampah di lingkungan gereja. Tidak puas sampai di situ saja, Dewan Pengurus Gereja Katedral terus berdiskusi untuk mencari kegiatan lainnya yang dapat menjaga kelestarian alam. Dan akhirnya, tercetus lah ide untuk menggunakan Panel Surya Atap agar dapat membantu untuk mengurangi polusi udara yang diciptakan oleh proses produksi listrik di PLTU.

Adapun kontribusi yang diberikan Katedral Jakarta selama menggunakan Panel Surya Atap sampai saat ini yaitu pengurangan karbon dioksida sebesar 29.755 kg. Angka tersebut sama saja dengan menanam 41 pohon dewasa di lingkungan Gereja Katedral. Total produksi energi listrik yang dihasilkan sejak 1 tahun yang lalu pemasangan yaitu 34.448 kWh. Lebih dari itu, penghematan yang dicapai yaitu sebesar Rp 34.448.000.

Mayang 8 Residence

Mayang 8 Residence merupakan perumahan yang memperkenalkan konsep sustainable living, yaitu gaya hidup ramah lingkungan. Desain rumah yang mengutamakan pencahayaan alami menjadi ciri khas dari perumahan ini. Tidak hanya itu, Mayang 8 Residence mengedepankan penggunaan energi bersih sebagai sumber energi. Oleh karena itu, dalam rangka mewujudkan penggunaan energi bersih, Mayang 8 Residence memasang Panel Surya dengan kapasitas sistem masing-masing 2,5 kWp pada setiap unit.

Komunitas Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Komunitas OJK terdiri dari karyawan yang bekerja di OJK. Mereka sudah diperkenalkan dengan gaya hidup green living. Untuk itu, koperasi komunitas tersebut membantu karyawannya untuk mendapatkan penawaran terbaik dalam memiliki Panel Surya dengan bekerja sama bersama SolarKita
Salah satu anggota dari komunitas OJK yang sudah memiliki Panel Surya sudah memproduksi listrik sebesar 3.482 kWh. Ia berhasil menghemat hingga Rp5.108.974. Bahkan, ia juga berkontribusi untuk kebersihan udara, dengan Panel Surya yang telah terpasang, ia berhasil membantu mengurangi produksi karbon dioksida sebesar 3.134 kg.

Toko Batik Putra Bengawan

Dengan mengedepankan gaya hidup ramah lingkungan, Toko Batik Putra Bengawan membangun tempat komersialnya menjadi lebih hijau dan menggunakan energi bersih. Toko yang terletak di Solo, Jawa Tengah ini memasang Panel Surya dengan tujuan untuk lebih hemat biaya dan hemat energi. Sesuai dengan tujuannya, rata-rata penghematan yang mereka dapatkan adalah Rp500.000 per bulan. Selain itu, mereka juga berkontribusi terhadap lingkungan dengan membantu mengurangi produksi karbon dioksida sebesar 307 kg.

Pergerakan positif dari beberapa perusahaan di atas juga dapat dilakukan oleh perusahaan Anda. Tidak hanya memberikan keuntungan untuk perusahaan Anda, namun juga memberikan keuntungan pada kesehatan lingkungan sekitar. Terbukti dari angka emisi yang berhasil dikurangi oleh beberapa perusahaan yang telah disebutkan sebelumnya. Jika perusahaan Anda siap untuk melakukan gerakan yang sama, SolarKita siap menjadi mitra Anda. Hubungi kami di www.SolarKita.com/contact.

Written by Biru Cahya Imanda | 02 Mar 2024