Hemat Tagihan Listrik Lebih Besar dengan Sistem Panel Surya Hybrid

Selain meningkatkan kapasitas Panel Surya, pemasangan Panel Surya Hybrid dapat jadi pilihan untuk mendapatkan penghematan listrik yang lebih besar. Panel Surya jenis Hybrid memang jarang direkomendasikan untuk perumahan atau bangunan di wilayah perkotaan karena memiliki sistem yang mandiri, yaitu penggunaan baterai untuk menyimpan daya. Namun, fakta ini tidak menghalangi bangunan di wilayah perkotaan dalam menggunakan Panel Surya Hybrid.

Keuntungan dalam mendapatkan penghematan yang lebih besar dapat menjadi pertimbangan untuk menggunakan Panel Surya Hybrid. Sekarang, kita mengenal dulu apa itu sistem hybrid. Sistem hybrid merupakan sistem on-grid (terhubung dengan PLN) yang menggunakan baterai. Dengan adanya baterai, maka klien akan memiliki cadangan listrik sesuai dengan kapasitas baterai yang digunakan.

Baterai ini digunakan sebagai tempat penyimpanan cadangan energi listrik. Jadi, jika seandainya terjadi pemadaman listrik secara total, rumah atau bangunan akan mengambil energi listrik dari baterai, yang listriknya disuplai oleh solar panel. Dengan kata lain, dalam kondisi pemadaman listrik, Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasa karena ada pasokan cadangan listrik dari baterai Panel Surya Hybrid. Untuk itu, Panel Surya jenis ini banyak dipakai di daerah terpencil yang sulit mendapatkan akses listrik PLN dibandingkan dengan perumahan atau bangunan di perkotaan.

Rumah yang menggunakan sistem Panel Surya Hybrid tidak langsung menggunakan listrik dari PLN. Energi listrik yang tersimpan di dalam baterai akan lebih dahulu terpakai. Dengan begitu, pemilik sistem hybrid lebih banyak menggunakan energi terbarukan yang bebas polusi lebih banyak bila dibandingkan dengan pengguna sistem on-grid reguler.

Oleh karena sistemnya yang tidak langsung menggunakan listrik dari PLN, penghematan listrik dengan sistem hybrid jauh lebih besar. Ini dikarenakan pembelian listrik dari PLN menjadi jauh lebih rendah. Jika dibandingkan dengan pengguna sistem on-grid reguler, pengguna sistem hybrid akan mendapatkan penghematan yang jauh lebih besar.

Dari sekian keuntungan yang diberikan Panel Surya Hybrid, terdapat biaya yang harus dikeluarkan. Biaya investasi sistem hybrid jauh lebih besar dibandingkan dengan sistem on-grid reguler. Besarnya biaya ini dikarenakan adanya tambahan komponen baterai. Harga baterai yang harus dibeli pun tidaklah murah. Untuk memiliki kinerja yang baik, baterai juga harus diganti setelah 10 tahun. Jadi, untuk mendapatkan penghematan yang lebih besar, ada harga yang harus dibayar.

Namun, kesempatan untuk memiliki Panel Surya Hybrid demi mendapatkan penghematan yang besar tidak tertutup. Kami memiliki solusi untuk Anda. Anda dapat menggunakan sistem on-grid terlebih dahulu. Sistem on-grid juga memberikan penghematan sehingga hasilnya dapat ditabung. Hasil tabungan ini nantinya dapat digunakan untuk menambah komponen khusus berupa saklar (ATS). ATS ini digunakan untuk disambungkan ke baterai sehingga Panel Surya yang tadinya memiliki sistem on-grid reguler menjadi sistem hybrid.

Solusi di atas dapat digunakan jika Anda ingin mendapatkan penghematan yang lebih besar. Dengan solusi tersebut, tidak menutup kemungkinan bangunan di daerah perkotaan menggunakan Panel Surya Hybrid. Jika Anda masih memiliki pertanyaan mengenai ATS dan Panel Surya Hybrid, jangan ragu untuk hubungi tim SolarKita. Kami akan membantu Anda menemukan Panel Surya terbaik untuk properti Anda. Hubungi kami di www.SolarKita.com/contact untuk informasi lebih lanjut.

Written by Amadea Hasmirna | 11 Mar 2024