8 Game Terpopuler di Dunia yang Mengusung Tema Lingkungan Hidup

Game menjadi bagian dalam hidup yang tidak bisa dihindari. Peran utama dari game adalah sebagai hiburan, namun kini banyak game yang dibuat dengan tujuan mulia, yaitu menyebarkan kepedulian akan lingkungan hidup. Dengan game, anak-anak dan orang dewasa bisa merasakan pengalaman langsung dalam menyelamatkan Bumi. Mereka pun belajar cara-cara baru untuk melestarikan lingkungan hidup. Berikut ini ada 8 game terpopuler di dunia yang mengangkat tema lingkungan hidup.

1. Plasticity

Plasticity merupakan salah satu game terpopuler di dunia yang mengangkat pentingnya pengurangan penggunaan plastik. Game ini juga gratis dan dibuat untuk memotivasi para pemain agar lebih peduli dengan limbah yang mereka hasilkan sehari-hari. Anda akan bermain sebagai Noa, seorang gadis yang hidup di Bumi penuh sampah plastik di tahun 2140, berpetualang untuk menjadikan lingkungan yang lebih asri. Game ini berkonsep puzzle, di mana setiap langkah dan pilihan yang diambil mampu mengubah alur cerita.

2. Endling

Walau belum dirilis, kehadiran Endling sudah sangat dinantikan di dunia gaming. Endling cukup unik karena mengangkat tema hewan punah. Anda akan bermain sebagai seekor rubah betina yang terancam punah. Di sini, Anda diminta untuk mengandalkan penciuman demi mencari makanan dan menyelamatkan anak rubah yang diculik oleh manusia. Grafik 3D yang begitu menawan serta gameplay yang mudah untuk diikuti, Endling layak masuk dalam daftar game favorit di tahun 2021.

3. Bee Simulator

Di Amerika Serikat, gerakan untuk menyelamatkan populasi lebah yang semakin berkurang semakin digalakkan. Menurut GreenPeace.org, lebah memiliki 90% peran dalam kebutuhan nutrisi dunia. Ternyata, ada game bernama Bee Simulator yang juga mengangkat tema hewan punah. Tersedia untuk platform PC, PS4, XBox One, dan Nintendo Switch, Bee Simulator bisa dimainkan secara single dan online multiplayer. Anda akan menjadi seekor lebah tugasnya adalah membantu menyelamatkan koloni lebah dari ancaman predator. Selain itu, misi kamu juga adalah mengambil madu demi kelangsungan hidup.

4. Beyond Blue

Salah satu game terpopuler di dunia yang begitu terkenal karena pesannya yang sungguh positif dan visual yang menakjubkan, terutama bila Anda cinta laut. Di sini Anda akan berperan sebagai seorang penjelajah bawah laut/peneliti yang bertugas untuk mengoleksi data biota laut. Rasakan pengalaman menyelam ditemani ikan-ikan, mulai dari paus, ikan pari, ubur-ubur, dan masih banyak lagi. Keunikan dari Beyond Blue adalah informasi serta footage yang ada di game ini diambil langsung dari dokumenter Blue Planet II.

5. Alba: A Wildlife Adventure

Alba menjadi salah satu game terpopuler di dunia karena konsepnya yang sungguh menarik, serta dedikasi dari tim developer untuk menyelamatkan planet Bumi. Setiap download game ini, tim developer menanam 1 pohon dan kini sudah berhasil menanam lebih dari 50.000 pohon. Game ini mengisahkan Alba, seorang anak kecil yang ingin membersihkan pulaunya, menikmati keindahan alam, dan membantu komunitasnya agar bisa hidup lebih sejahtera. Game ini sangat santai untuk dimainkan, cocok untuk melepas penat.

6. Never Alone

Anda suka game puzzle platformer? Berarti Anda akan menyukai game Never Alone, salah satu game terpopuler di dunia yang mengangkat topik keseimbangan alam dan budaya tradisional kaum penduduk asli Alaska Iñupiaq. Anda akan bermain sebagai gadis cilik bernama Nuna dan rubah kutub yang berpetualang mencari penyebab dari badai salju yang menghantam desanya. Di sini, Anda bisa mengontrol Nuna dan rubah kutubnya secara bergantian demi menyelesaikan puzzle yang ada. Setiap keberhasilan akan dihadiahi dengan barang koleksi yang menceritakan budaya Iñupiaq.

7. Prey

Kalau Anda suka permainan First Person Shooter (FPS) seperti PUBG dan Call of Duty, maka Prey wajib Anda masukkan ke keranjang belanja. Game ini dibuat oleh salah satu developer game terpopuler di dunia, Bethesda. Jadi, tidak usah diragukan lagi kualitas gameplay-nya. Anda akan bermain sebagai seorang karakter yang tugasnya melawan invasi musuh alien dan menjelajah Bumi untuk mencari barang-barang yang bisa didaur ulang. Benar-benar seru dan dijamin tidak akan bikin bosan.

8. Eco

Eco merupakan game simulasi di mana Anda bisa membangun “Bumi” Anda sendiri. Game ini memberikan kebebasan bagi Anda untuk memuat peradaban manusia baru menggunakan sumber daya alam. Buatlah teknologi dan perekonomian yang sustainable. Bila Anda berhasil memimpin peradaban manusia yang tidak mencemari lingkungan, maka tingkat kebertahanan hidup manusia pun semakin baik.

Itulah 8 game terpopuler di dunia yang memberikan pesan bahwa kita sebagai manusia harus lebih peduli terhadap keberlangsungan Bumi kita. Di dunia nyata, Anda bisa menggunakan panel surya dari SolarKita untuk melakukan hal yang sama. Mari lindungi Bumi kita mulai dari hal terkecil!

Written by Heldania Ultri Lubis | 13 Feb 2024