8 Film Dokumenter Terbaik yang Mengupas Isu Lingkungan

Tertarik untuk mencari tahu lebih banyak soal isu lingkungan tetapi Anda malas membaca buku tebal? Tidak masalah, Anda bisa menonton jajaran film dokumenter terbaik yang secara spesifik membahas berbagai isu ekologi dan gaya hidup ramah lingkungan. Berikut ini daftar lengkapnya yang bisa Anda tonton.

1. Our Planet

Salah satu film dokumenter terbaik dalam 5 tahun terakhir, Our Planet merupakan serial dokumenter berisikan 8 episode yang digarap oleh Netflix. Setiap episode dinarasikan oleh penyiar radio ternama di Inggris, David Attenborough, yang juga merupakan seorang aktivis lingkungan. Film dokumenter ini membahas keberagaman dan pesona lingkungan hidup di muka Bumi, mulai dari gunung es, hutan hujan, samudera, hingga padang gurun. Di setiap episode juga dibahas apa saja kebiasaan manusia yang berpotensi merusak lingkungan, sekaligus cara-cara untuk menanggulanginya.

2. Sustainable

Sustainable yang berfokus pada industri pertanian di Amerika masuk dalam daftar film dokumenter terbaik. Industri pertanian dan peternakan menyumbang 30% dari total emisi CO2 dunia, menjadikannya salah satu isu penting dalam kondisi ekologi Bumi. Dalam dokumenter ini, kita akan melihat bagaimana Mary Travis, seorang petani, mengalami kegagalan untuk mempertahankan lahannya dari jeratan agribisnis. Tidak menyerah, Mary Travis pun bekerja keras untuk menjadi penggerak komunitas sustainable food (makanan yang berkelanjutan).

3. The Light Bulb Conspiracy

Anda pernah bertanya-tanya kenapa smartphone zaman sekarang lebih cepat rusak daripada ponsel di era 2000-an? Topik seputar masa hidup produk elektronik di era modern inilah yang diangkat oleh The Light Bulb Conspiracy, salah satu film dokumenter yang menarik untuk ditonton. Film dokumenter yang dirilis tahun 2010 ini menghabiskan waktu 3 tahun untuk meneliti data yang ditampilkan. Dalamnya, terbukti bahwa banyak produsen barang elektronik di dunia yang sengaja mengurangi daya tahan dan masa hidup produknya untuk profit, padahal dampaknya sangat buruk bagi lingkungan.

4. Down to Earth with Zac Efron

Anda mungkin mengenal Zac Efron sebagai aktor Hollywood. Di serial dokumenter ini, Zac Efron mengajak para audiens untuk ikut menjelajahi gaya hidup sehat yang juga lebih baik bagi lingkungan kita. Motivasinya sungguh menginspirasi, apalagi Zac mengakui dirinya sebagai mantan pecandu alkohol dan narkoba. Zac ditemani oleh seorang ahli kesehatan yang membantunya untuk mengunjungi berbagai komunitas eco living, seperti ternak lebah di New York dan desa hijau di Costa Rica.

5. Minimalism: A Documentary About the Important Things

Minimalism menjadi film dokumenter terbaik bagi Anda yang lagi tertarik untuk mencoba gaya hidup minimalis yang lebih hemat, tertata, dan tentunya ramah lingkungan. Inti dari gaya hidup minimalis adalah menikmati hidup dengan memiliki sedikit barang. Dengan begitu, penganut gaya hidup minimalis menghasilkan lebih sedikit limbah daripada orang lain. Dalam dokumenter ini, Anda bisa mendapatkan tips dan cara menjalani gaya hidup minimalis dari para penganutnya, mulai dari yang baru mencoba hingga yang sudah veteran.

6. Chasing Coral

Sebuah film dokumenter terbaik dari Amerika versi Sundance Film Festival 2017. Chasing Coral mengupas lebih dalam penyebab banyaknya terumbu karang yang mendadak hilang dalam kurun waktu yang pendek. Siapa tersangkanya? Tidak lain dan tidak bukan adalah kaum manusia yang mengabaikan isu perubahan iklim. Bersama-sama dengan komunitas penyelam, fotografer bawah laut, dan para ilmuwan, Chasing Coral menyajikan wawasan baru yang sungguh informatif dan dikemas dengan baik.

7. The True Cost

Industri fashion, terutama fast fashion (brand baju yang memproduksi replika baju karya desainer dalam jumlah masif), kini banyak disorot sebagai salah satu penyumbang terbesar dari limbah yang membahayakan lingkungan. The True Cost menjadi salah satu dokumenter terbaik yang bisa Anda tonton untuk benar-benar memahami, seberapa buruknya dampak dari baju-baju yang Anda beli di toko. Pembuat film Andrew Morgan mengungkap fakta mengejutkan tentang dampak dari produksi baju bagi lingkungan dan kemanusiaan, terutama di negara-negara berkembang.

8. Before the Flood

Before the Flood merupakan salah satu film dokumenter terbaik yang diproduseri oleh Leonardo DiCaprio dan National Geographic. Bukan untuk membahas dunia perfilman, Leo fokus mengobservasi efek dari pemanasan global. Selama 3 tahun, Leo ditemani oleh para ilmuwan untuk menjelajahi belahan dunia demi mencari tahu konsekuensi serta tindak penanggulangan pemanasan global.

Di akhir pekan ini, Anda bisa menonton daftar film dokumenter terbaik di atas untuk rekreasi sekaligus belajar lebih banyak tentang isu lingkungan hidup. Ingatlah bahwa satu langkah kecil saja, bisa menyebarkan efek positif bagi lingkungan hidup kita. Salah satunya adalah dengan memasang panel surya dari SolarKita di rumah Anda. Yuk, mari kita mulai menjalani gaya hidup ramah lingkungan.

Written by Nonny Anasih | 15 Feb 2024