Dapat Hemat Listrik Lebih Besar, Ini Kapasitas Panel Surya yang Harus Dipasang

Secara umum, keuntungan penggunaan Panel Surya yaitu dapat mengurangi tagihan listrik di rumah. Ini dikarenakan  sumber utama listrik di rumah tidak hanya dari PLN lagi, melainkan juga dari hasil produksi sendiri dengan Panel Surya. Bahkan, penggunanya juga akan mendapatkan keuntungan lebih jika memproduksi daya yang lebih besar. Jika produksi listrik melebihi daya konsumsi, selisihnya dapat digunakan untuk memangkas tagihan listrik bulan berikutnya.

Kelebihan daya tersebut dicatat sistem layanan yang diluncurkan oleh PLN, yaitu net metering atau meter exim. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa PLN wajib mengkredit energi dari tenaga surya kepada rekening milik pelanggan. Dengan cara seperti ini, pelanggan dapat mengekspor atau mengirim daya listrik secara harian dan juga dapat menggunakan (impor) daya listrik yang dihasilkan oleh PLN untuk digunakan kembali di waktu yang lain.

Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan penghematan yang besar? Untuk mendapatkannya, diperlukan penyesuaian berapa kapasitas Panel Surya yang akan dipasang. Mari kita hitung jika penghematan yang diinginkan sebesar 100%.

Dari simulasi perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan penghematan hingga 100%, maka diperlukan kapasitas panel sebesar 6.990 Wp. Namun, kita tidak dapat memasang panel dengan kapasitas tersebut. Ini dikarenakan terdapat ketentuan kapasitas panel maksimal, yaitu sebesar daya yang terpasang. Untuk itu, jika kita melihat lagi ke simulasi di atas, maka kapasitas maksimal yang dapat terpasang pada rumah tersebut adalah 4.400 Wp. Sehingga total penghematan yang didapatkan klien adalah 62%.

Dalam kasus tertentu, ada kemungkinan klien bisa mendapatkan penghematan sebesar 100%. Biasanya kondisi ini terjadi jika rumah dalam keadaan tidak berpenghuni atau kosong. Walaupun mendapatkan penghematan penuh, ada biaya minimum yang harus dibayarkan oleh klien tersebut. Rumus menghitung biaya minimum yang harus dibayarkan yaitu seperti berikut

         Biaya minimum = 40 (Jam Nyala) x Daya tersambung (kVA) x Biaya Pemakaian

Penghematan tagihan listrik berdasarkan simulasi sebelumnya bisa memberikan keuntungan yang besar bagi klien. Bayangkan jika Anda mulai pasang Panel Surya dari sekarang, keuntungan yang didapatkan sangatlah besar. Beberapa menganggap bahwa Panel Surya sulit dijangkau. Di awal, memang Anda memerlukan investasi yang cukup besar. Akan tetapi, Anda akan balik modal hanya dalam waktu 9 tahun saja. Sementara usia Panel Surya mencapai 25 tahun dengan masa garansi 12 tahun.

Perawatan panel pun tidak memerlukan pengeluaran yang banyak. Kita hanya perlu membersihkan setidaknya 3-6 bulan sekali, tergantung lokasi rumah. Kita juga tidak mengeluarkan biaya untuk bahan bakar karena sumber energi utama yang dibutuhkan adalah cahaya matahari, anugerah yang kita dapatkan secara gratis setiap hari.

Pemasangan yang mudah dan efisien dapat menjadi pilihan Anda untuk mulai investasi dengan Panel Surya. Prospeknya di masa depan pun sangatlah besar mengingat pemerintah Indonesia juga mulai menggencarkan gerakan penggunaan energi terbarukan. Untuk itu, Panel Surya dapat menjadi pilihan untuk #InvestasiMasaDepan Anda. Anda baru ingin memulai menggunakan Panel Surya? SolarKita siap untuk membantu Anda. Kami menyediakan jasa konsultasi online untuk memudahkan Anda di tengah masa pandemi. Hubungi kami di www.SolarKita.com/contact.

Written by Naura Nady Salsabila | 30 Dec 2020