6 Dampak Pemanasan Global Terhadap Berbagai Aspek Kehidupan


Pemanasan global adalah hal yang perlu diperhatikan dan diatasi oleh seluruh lapisan masyarakat. Dampak pemanasan global tidak bisa kita hindari dengan cara sembarangan karena faktanya, berbagai dampak pemanasan global dapat mempengaruhi aspek kehidupan setiap manusia. Jika kita tidak peduli terhadap lingkungan mulai dari sekarang, bukan tidak mungkin masa depan anak cucu kita nanti akan terancam! Bahkan, dampaknya pun sudah bisa kita alami sekarang. Untuk itu, mari kita simak apa saja dampak pemanasan global yang perlu kita waspadai.

1. Perubahan Cuaca Esktrim

Salah satu dampak pemanasan global adalah perubahan cuaca secara ekstrim. Sebagai contoh, Amerika Serikat pernah mengalami kejadian perubahan cuaca dari panas menjadi dingin dalam waktu dekat. Bahkan, cuaca dingin tersebut disebut lebih dingin daripada biasanya.  Tak hanya itu, perubahan cuaca secara ekstrim juga dapat menyebabkan aliran jet kutub atau batas antara udara Kutub Utara yang dingin dan udara khatulistiwa yang hangat, bermigrasi ke selatan dan membawa serta udara Arktik yang dingin.

Inilah yang menjadi alasan mengapa beberapa negara bagian di Amerika Serikat dapat tiba-tiba melewati musim dingin yang jauh lebih dingin dari biasanya, meskipun saat pemanasan global jangka panjang sedang terjadi. Secara garis besar, pemanasan global membuat cuaca dingin semakin dingin dan cuaca panas semakin menyengat.

2. Munculnya Wabah Penyakit

Dampak pemanasan global berikutnya adalah munculnya wabah penyakit. Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, apa hubungannya pemanasan global dengan munculnya wabah penyakit? Saat pemanasan global, kondisi Bumi jadi tidak seimbang, sehingga daya tahan tubuh manusia ikut terdampak dan menjadi menurun. Jika daya tahan tubuh manusia menurun, penyakit atau virus lainnya akan dengan cepat masuk ke dalam tubuh manusia dan akhirnya manusia dapat saling menularkan penyakit. Ini menjadi salah satu alasan besar mengapa pemanasan global harus segera diatasi.

3. Berkurangnya Ketersediaan Air Bersih

Pemanasan global dapat menyebabkan air di dalam permukaan tanah mengalami penguapan secara lebih cepat dan akhirnya berdampak pada sumber air bersih yang sulit ditemukan dan digunakan oleh masyarakat. Tidak hanya itu saja, pemanasan global juga berdampak pada kualitas air bersih yang jadi tercemar oleh polutan dan limbah. Mengingat air bersih sangat diperlukan untuk berlangsungnya hidup, maka pemanasan global memang perlu segera diatasi dan Anda bisa memulainya dari diri sendiri.

4. Kondisi Tempat Tinggal Terancam

Pemanasan global akan berdampak pada munculnya berbagai musibah lingkungan seperti kebakaran hutan yang akhirnya membuat potensi banjir di berbagai daerah semakin meningkat. Perubahan cuaca yang ekstrim mampu menyebabkan kebakaran hutan serta curah hujan tinggi yang berpotensi terjadinya banjir dan longsor. Secara langsung, bencana alam ini mampu merusak tempat tinggal Anda secara permanen. Jadi, mulailah untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan agar bersama kita bisa menekan dampak pemanasan global.

5. Kuantitas Pangan yang Menurun

Jika pemanasan global terus berlanjut, panen akan susah dan harga pangan termasuk sayur akan terus meningkat. Dalam 20 tahun terakhir, harga pangan telah meningkat sekitar 2,6 persen setiap tahunnya dan diperkirakan harga pangan akan terus meningkat lagi seiring waktu berjalan. Cuaca ekstrem diketahui sangat mempengaruhi ternak dan tanaman yang berdampak pada stabilitas dan harga pangan.

Akibat kesulitan untuk panen, harga pangan akan terus naik. Kesehatan tanaman adalah hal utama untuk membuat kondisi pangan menjadi lebih normal karena memang faktanya peristiwa iklim di satu wilayah dapat menaikkan harga dan menyebabkan kekurangan di seluruh dunia. Misalnya, kekeringan di Brasil pada 2013 dan 2014 yang menyebabkan harga kopi arabika naik dua kali lipat dari harga normal.

6. Biaya Listrik Terus Naik

Pemanasan global berdampak pada suhu panas yang akhirnya membuat masyarakat mengandalkan AC atau alat elektronik lainnya. Akhirnya, biaya listrik akan meningkat dan merugikan masyarakat. Pada masalah ini, Anda bisa mengandalkan layanan SolarKita. Panel surya SolarKita dibuat sebagai salah satu solusi dari dampak pemanasan global yang juga mampu membantu masyarakat untuk menekan biaya listrik yang meningkat.

Dengan memasang panel surya bersama SolarKita, Anda pun turut membantu Bumi melawan pemanasan global, sekaligus menekan biaya listrik. Tertarik untuk lebih hemat energi dengan panel surya di tengah ancaman global warming saat ini? Percayakan pada SolarKita! Jangan tunda pemasangan panel surya. Jika tidak atasi dampak pemanasan global sekarang, kapan lagi?

Written by Deslita Krissanta Sibuea | 19 Feb 2024