6 Cara Sederhana Kita Bisa Ikut Menjaga Kelestarian Lingkungan

Menjaga kelestarian lingkungan sejatinya menjadi tugas wajib semua orang. Sebagai manusia, sudah sepantasnya kita menjaga kondisi planet yang kita tinggali, bukan? Lingkungan yang bersih akan menciptakan suasana yang nyaman dan sehat bagi tubuh, apalagi jika Anda berhasil menjaga kelestarian lingkungan di rumah Anda sendiri.

Saat ini, masih banyak orang yang tidak sadar akan hal-hal kecil apa saja yang bisa membuat mereka sudah berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan. Mungkin Anda salah satunya yang berniat untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan namun masih bingung dari mana harus memulainya. Berikut 6 cara sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai langkah menjaga kelestarian lingkungan, baik di rumah Anda maupun di ruang publik.

1. Buang Sampah pada Tempatnya

Jika Anda sudah terbiasa untuk membuang sampah sembarangan, tentu lingkungan sekitar Anda akan jadi kotor dan akhirnya berdampak pada ekosistem di sekelilingnya.  Sampah yang tercecer dan sulit terurai, terutama di saluran air bahkan di lautan akan membahayakan lingkungan sekitar, seperti hewan atau manusia sekalipun. Hewan di lautan akan mengira limbah sebagai makanan dan bisa mati akibat limbah tersebut, terutama limbah plastik.

2. Tidak Lagi Pakai Sedotan Plastik

Sekarang ini, banyak orang yang sudah berusaha mengurangi penggunaan plastik, termasuk sedotan. Pemerintah juga sudah melakukan peringatan terhadap hal ini. Guna membantu mengurangi sampah plastik, Anda bisa mengganti sedotan plastik yang Anda pakai dengan sedotan yang berbahan dasar bambu atau besi yang pastinya bisa digunakan berkali-kali (cukup dibersihkan saja). Bawa sedotan ramah lingkungan dengan bahan tersebut setiap Anda pergi ke tempat makan atau ruang publik lainnya. Sehingga, misalnya Anda sedang berada di restoran atau kafe, Anda tidak perlu menggunakan sedotan plastik sekali pakai lagi.

3. Selalu Bawa Botol Air Minum dari Rumah

Tidak hanya sedotan, Anda juga bisa menyiasati pengurangan penggunaan plastik dengan cara selalu membawa botol minuman dari rumah ketika bepergian. Kebiasaan membawa botol plastik akan membuat Anda terhindar dari membeli minuman dalam kemasan botol atau gelas plastik sekali pakai. Dengan cara ini, sampah plastik pun dapat berkurang seiring waktu.

4. Tanam Pohon di Lahan yang Kosong

Tanamlah beberapa pohon atau bunga di lahan kosong yang Anda miliki. Menanam pohon tentu akan membantu penyerapan karbon dioksida yang dihasilkan kendaraan pribadi Anda atau kendaraan-kendaraan yang lewat di depan rumah Anda. Jika Anda menanam pohon atau tanaman lain di lahan kosong rumah Anda, tentu ini akan sedikit mengurangi efek asap kendaraan yang akan menimbulkan penyakit. Hidup juga akan lebih sehat karena faktanya, pohon menyediakan oksigen bagi makhluk hidup dan membantu menyimpan energi, membersihkan air, bahkan membantu melawan perubahan iklim. Untuk menghemat budget bercocok tanam, Anda bisa mengolah sampah atau limbah rumah Anda menjadi kompos. Kegiatan ini mampu mengurangi jumlah limbah rumah tangga yang Anda hasilkan dan kompos yang Anda buat juga akan bermanfaat sebagai pupuk alami untuk tanaman Anda.

5. Pakai Transportasi Umum Sesering Mungkin

Di detik ini, saat Anda membaca tulisan ini, kualitas bumi semakin memburuk. Salah satu penyebabnya adalah tingkat emisi yang keluar dari kendaraan pribadi. Sudah menjadi hal nyata bahwa saat ini banyak orang yang lebih gemar menggunakan kendaraan pribadi daripada transportasi umum. Akhirnya, pilihan yang terkesan sepele ini berdampak buruk pada polusi udara di sekitar kita. Oleh karena itu, Anda perlu mulai menggunakan transportasi umum karena bisa melindungi Bumi dari polusi sekaligus mencegah kemacetan. Tak hanya transportasi umum, Anda juga bisa menggunakan sepeda jika hendak berpergian ke tempat yang dekat. Tidak perlu menggunakan motor atau mobil yang akan menghasilkan polusi udara.

6. Hemat Air dan Listrik

Di zaman modern seperti ini, barang-barang elektronik tentu membutuhkan listrik yang akhirnya memberi efek buruk pada Bumi akibat penggunaan yang berlebihan. Anda perlu mengontrol pemakaian barang-barang Anda dengan cara mencabut kabel perangkat elektronik jika sudah selesai digunakan. Jika saluran listrik pada barang Anda tetap terpasang padahal sudah tidak dipakai, barang tersebut akan tetap menyedot energ listrik di rumah Andai.

Berdampak buruk pada Bumi, berdampak buruk juga pada pengeluaran pembayaran listrik di akhir bulan. Oleh sebab itu, sebagai manusia, kita semua harus bisa lebih bijak dalam menggunakan listrik dan air untuk menjaga kelestarian lingkungan Bumi kita dari kerusakan. Soal penggunaan listrik, Anda bisa mengandalkan panel surya dari SolarKita yang sudah terbukti bisa menghemat biaya listrik rumah hingga 70%. Mari ikut menjaga kelestarian lingkungan bersama SolarKita.

Written by Deslita Krissanta Sibuea | 19 Feb 2024