6 Cara Buat Rumah Panas Menjadi Lebih Sejuk Saat Musim Panas

Rumah panas menjadi masalah sebagian besar masyarakat yang bermukim di wilayah tropis seperti Indonesia. Bila rumah panas, maka suasana hati pun jadi ikutan panas! Terkadang karena rumah yang terasa panas, mood untuk melakukan aktivitas pun ikut menghilang. Tidak heran kalau hati yang sejuk pun juga dibarengi dengan rumah yang sejuk. Lantas, bagaimana cara membuat rumah panas menjadi rumah yang sejuk? Berikut tips mudahnya

1. Pasang Tirai Jendela

Tirai jendela sebenarnya memang diciptakan untuk menghalau sinar matahari yang masuk dari jendela. Nah, selama musim panas yang menyengat, Anda bisa menggunakan tirai jendela di rumah Anda. Tirai merupakan salah satu alat utama untuk membuat rumah tetap sejuk. Ada baiknya Anda menutup semua jendela dengan tirai saat siang hari agar tidak ada sinar matahari yang masuk. Ada banyak sekali jenis tirai yang bisa dipilih, tergantung dari model, motif, dan ketebalan bahannya. Pilih yang sesuai dengan gaya rumah Anda dan pastikan bahannya cukup tebal untuk menghalau sinar matahari dari jendela.

2. Matikan Alat Elektronik yang Tidak Terpakai

Sebagian besar alat elektronik, seperti televisi, komputer, dan laptop, akan mengeluarkan hawa panas saat digunakan. Hawa panas inilah yang sering terperangkap dalam rumah dan membuat suhu rumah menjadi meningkat. Penting bagi Anda untuk mengurangi penggunaan alat-alat elektronik yang tidak diperlukan saat di rumah agar rumah tetap sejuk. Gunakan alat-alat elektronik tersebut saat benar-benar dibutuhkan saja. Hindari untuk menyalakan alat elektronik berlama-lama tanpa dipakai. Jangan lupa untuk selalu mematikan perangkat elektronik serta mencabut kabel dari stop kontak untuk memastikan alat tersebut sudah mati.

3. Buat Plafon Rumah Lebih Tinggi

Plafon tinggi diyakini bisa memperlambat masuknya suhu atau udara panas ke dalam ruangan karena faktanya sinar matahari tidak langsung masuk ke dalam rumah. Sinar matahari akan menyorot dinding luar rumah terlebih dulu, lalu dipantulkan ke rangka atap rumah. Akhirnya, udara panas akan diteruskan ke plafon dan mengalir ke setiap ruangan di rumah. Jika Anda berencana membuat plafon tinggi, usahakan ada siklus udara yang baik dan memadai. Misalnya jumlah jendela yang cukup di berbagai sisi rumah. Pastikan juga jarak antar jendela tidak melebihi 6 meter. Anda juga bisa menggunakan kipas exhaust sebagai alternatif, terutama bagi Anda yang memiliki ukuran rumah yang cukup sempit.

4. Terapkan Ventilasi Silang

Ventilasi silang adalah sistem dengan dua lubang yang posisinya saling berhadapan dalam satu ruang yang sama. Ventilasi ini menjadi salah satu trik bangunan yang sering diterapkan untuk membuat rumah panas dan pengap jadi lebih sejuk. Bentuk ventilasi silang biasanya berupa pintu atau jendela dan letaknya tidak harus berada di dinding rumah, tetapi bisa juga diletakkan di bagian atas. Sehingga, sirkulasi udara tetap lancar dan udara kotor atau udara bersuhu panas akan cepat keluar. Cara ini pun sering digunakan untuk mencegah rumah panas di area yang memiliki halaman luas.

5. Bangun Taman di Sekeliling Rumah

Tanaman menghadirkan kesejukan di dalam rumah. Oleh karena itu, jika Anda memiliki pekarangan luas, cobalah menanam pohon-pohon tinggi di bagian yang sering terpapar sinar matahari. Daun-daun di pohon akan menghalangi sinar matahari masuk ke rumah. Tak hanya itu, pohon-pohon atau tanaman Anda yang lain juga akan membuat udara di rumah Anda lebih bersih dan segar.

6. Pasang Panel Surya atau Energi Terbarukan

Tidak hanya menghasilkan listrik yang bersih dan ramah lingkungan, panel surya di atas atap rumah sudah terbukti mampu mendinginkan rumah panas sekaligus setiap ruangan yang ada di dalamnya. Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Jan Kleissl, dosen teknik lingkungan di Jacobs School of Engineering di University of California (UC) San Diego, mengungkapkan manfaat pendinginan yang diberikan oleh panel surya. Dalam studi yang akan dipublikasikan di Solar Energy, Kleiss menghitung efek panel surya terhadap suhu dalam rumah. Hasil penelitian membuktikan bahwa pada siang hari, suhu atap bangunan yang terpasang panel surya lebih dingin tiga derajat Celsius daripada atap tanpa panel surya. Sementara pada malam hari, panel surya juga mampu menjaga suhu panas tetap dalam bangunan, alias tidak membuat rumah jadi terlalu dingin.

Hal ini membuktikan bahwa Anda tidak perlu melakukan renovasi rumah besar-besaran jika ingin memiliki rumah yang sejuk. Rumah panas bisa teratasi dengan mudah tanpa harus melalui proses pembangunan yang rumit. Salah satu caranya adalah dengan memasang panel surya. Anda bisa mempercayakan SolarKita untuk pemasangan panel surya di rumah Anda. Ubah rumah panas Anda menjadi rumah yang sejuk dan hemat energi bersama SolarKita!

Written by Deslita Krissanta Sibuea | 20 Feb 2024