Benarkah Panel Surya Dapat Membuat Bangunan Rumah Lebih Sejuk?

Panel surya dikenal sebagai salah satu bentuk energi terbarukan untuk alternatif dari energi fosil. Jika dibandingkan dengan energi fosil, panel surya memiliki suplai yang tidak terbatas mengingat sumber energi berasal dari cahaya matahari. Sedangkan, energi fosil berisiko habis karena berasal dari fosil berusia jutaan tahun. Melalui panel surya, cahaya matahari bisa dikonversi menjadi energi listrik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Lebih dari itu, pemasangan panel surya ternyata juga bisa membuat bangunan rumah terasa lebih sejuk. Bagaimana bisa? Simak ulasannya berikut ini.

1. Pada dasarnya memiliki manfaat pendinginan temperatur

Dilansir dari situs Tempo.co, ternyata panel surya memang pada dasarnya memiliki sifat mendinginkan temperatur di dalam rumah Anda. Hal ini diketahui setelah dilakukan sebuah penelitian yang dipimpin oleh Jan Kleissl, dosen teknik lingkungan di Jacobs School of Engineering di University of California, San Diego. Pada penelitian tersebut, Kleissl dan timnya melakukan pencitraan panas untuk menghitung efek dingin yang dikeluarkan oleh panel surya.
Hasilnya menunjukkan bahwa pada siang hari, temperatur langit-langit bangunan di bawah panel surya ternyata tiga derajat Celcius lebih rendah jika dibandingkan dengan langit-langit di bawah atap biasa. Sedangkan, saat malam hari, yang terjadi justru sebaliknya. Panel surya mampu menjaga agar panas tetap terjaga di dalam ruangan. Jadi, penduduk yang tinggal di negara empat musim bisa mengurangi biaya alat pemanas saat musim dingin berlangsung.

2. Panel yang dipasang miring memberi efek dingin lebih optimal

Pada dasarnya, panel surya berfungsi menyerupai penutup atap. Nah, jika Anda menggunakan atap biasa, panas cahaya matahari biasanya akan menembus atap dan langit-langit bangunan. Namun, saat Anda menggunakan panel surya, cahaya matahari akan dihalangi oleh panel surya yang menyerap panas tersebut. Bahkan panel surya tercatat mampu menurunkan panas yang menimpa atap bangunan hingga 38%. Masih dari studi yang dilaukan oleh Kleissl, timnya menemukan bahwa manfaat pendinginan ruangan dari pemasangan panel surya akan semakin besar apabila ada celah terbuka. Dengan begini, tercipta sirkulasi udara yang lebih baik di antara bangunan dan panel surya. Itulah kenapa panel surya yang dipasang secara miring mampu memberikan efek pendinginan yang cenderung lebih besar.

3. Bisa bantu menghemat pengeluaran rumah tangga

Mengingat panel surya mampu mendinginkan temperatur di dalam ruangan, Anda pun tak perlu menyalakan pendingin ruangan terlalu sering. Alhasil, konsumsi listrik sehari-hari juga bisa ditekan. Kleissl dan tim bahkan mengatakan bahwa ketika Anda mendinginkan rumah atau bangunan dengan panel surya, biaya yang dihemat sama dengan diskon 5% untuk harga panel surya selama masa pakai panel tersebut. Hasil pernyataan tersebut didapatkan setelah Kleissl dan tim mengumpulkan data selama tiga hari dari atap Powell Structural Systems Laboratory di Jacobs School of Engineering. Gedung ini memang dipasangi panel surya dalam kemiringan tertentu yang sejajar dengan atap. Mereka menggunakan kamera inframerah termal dalam melakukan pemantauan.

Bertambah lagi manfaat yang akan Anda dapatkan dengan memasang panel surya pada atap rumah. Studi di atas membuktikan bahwa panel surya ternyata juga dapat membuat bangunan rumah terasa lebih sejuk. Jadi, apakah kini Anda tertarik untuk memasang panel surya di rumah?

Written by Biru Cahya Imanda | 17 Sep 2018