Beli Panel Surya atau Mobil, Lebih Untung Mana?

Membeli Panel Surya atau mobil sama-sama dapat disebut sebagai investasi. Dua-duanya memberikan keuntungan kepada pembelinya. Bentuk investasi yang diberikan Panel Surya yaitu penghematan listrik, sehingga tagihan listrik tidak lagi mahal. Bahkan penggunanya mendapatkan uang dari hasil ekspor produksi listrik Panel Surya kepada PLN. Sedangkan mobil dapat digunakan sebagai alat transportasi untuk berkegiatan. Anda dapat menggunakan mobil untuk bekerja. Lalu jika kita bandingkan, kira-kira akan lebih menguntungkan yang mana, ya? Mari simak tulisan di bawah untuk mengetahuinya!

1. Biaya perawatan

Untuk performa mobil yang baik, tentu diperlukan  perawatan secara rutin. Jika mobil sering digunakan, perawatannya pun harus sering dilakukan. Perawatan mobil biasanya meliputi penggantian oli, penggantian filter oli dan filter udara mesin, tune-up, pemeriksaan cairan, pemeriksaan baterai, rotasi dan balancing roda. Biaya yang dikeluarkan dimulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 3 juta, tergantung seberapa sering Anda menggunakan mobil untuk berkendara dan jenis mobil yang dipakai. Jika mobil sering terpakai, setidaknya, dalam dua bulan sekali mobil yang sering terpakai harus perawatan di bengkel.

Berbeda dengan Panel Surya, perawatan yang harus dilakukan minimal 3 sampai 6 bulan sekali. Panel Surya rentan terkena kotoran karena letaknya yang berada di atap. Jadwal perawatan tergantung pada letak bangunan. Jika bangunan berada di dekat jalan besar yang rentan terkena debu kendaraan, kemungkinan akan lebih sering untuk melakukan perawatan. Dari frekuensi perawatan, mobil lebih banyak mengeluarkan biaya dibandingkan dengan Panel Surya.

2. Biaya bahan bakar

Agar mobil dapat berfungsi, tentu kita harus mengisi bahan bakar secara rutin. Mobil yang sering terpakai setidaknya harus mengeluarkan biaya bensin dua sampai tiga hari sekali tergantung jarak yang ditempuh. Intensitas pengisian bensin juga dipengaruhi oleh jenis mobil yang dipakai. Per-bulannya Anda dapat menghabiskan minimal Rp 1,5 juta. Jika dihitung pertahun, Anda dapat menghabiskan hingga Rp 17 juta. Berbanding terbalik dengan Panel Surya yang tidak memerlukan bahan bakar agar dapat berfungsi. Panel Surya mengandalkan cahaya matahari alami sebagai sumber energi untuk dapat memaksimalkan kinerjanya. Cahaya matahari adalah anugerah yang kita dapatkan sehari-hari secara cuma-cuma.

3. Biaya pajak

Sebagai warga negara yang menggunakan fasilitas publik, kita wajib membayar pajak. Mobil dikenakan pajak saat pertama kali pembelian. Tidak berhenti sampai di situ, ada pajak progresif yang wajib dibayar oleh pemilik setiap tahun. Penentuan biaya pajak ini tentunya tergantung dari jenis mobil yang dipakai. Semakin tinggi harga jualnya, maka semakin tinggi pajak yang harus dibayarkan. Misalkan harga jual mobil Anda adalah Rp 500 juta, pajak yang dikenakan setiap tahunnya paling besar 2%. Maka pajak progresif yang harus dibayar setiap tahunnyayaitu sebesar Rp 10 juta.

Jika dibandingkan dengan Panel Surya, biaya pajak yang dikeluarkan hanya pada saat awal pembelian saja. Setelahnya, tidak ada lagi pajak yang akan ditagih. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya perawatan yang dikeluarkan paling tidak 3-6 bulan sekali.

4. Garansi

Jika terjadi kerusakan pada mobil, kita perlu membawa ke bengkel dan membayar bagian yang rusak dengan harga penuh karena tidak ada garansi. Harganya pun tidak murah, Anda dapat mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah. Kalau dibandingkan, jika terjadi kerusakan pada Panel Surya seperti cacat pabrik, kita tidak perlu membayar dengan harga penuh. Produk akan diganti sepenuhnya karena adanya garansi. Garansi Panel Surya pun berlaku dari 12 hingga 25 tahun.

Dari tulisan di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa membeli Panel Surya lebih memberikan keuntungan dibandingkan dengan membeli mobil dari segi biaya yang dikeluarkan. Dari biaya awal pembelian saja Panel Surya memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan dengan mobil. Biaya perawatan dan pajak yang dikeluarkan Panel Surya juga tidak sebanyak mobil.

Dengan menggunakan Panel Surya, kita juga akan mendapatkan penghasilan yang lebih dari penghematan listrik yang dilakukan. Kita juga dapat melihat dari sisi keramahan lingkungan, Panel Surya memberikan kita energi listrik tanpa memberikan emisi gas yang berbahaya, sedangkan mobil memberikan dampak negatif seperti produksi polusi udara. Setelah mengetahui perbedaan keuntungan antara pembelian Panel Surya dan Mobil, apakah Anda sekarang sudah memutuskan investasi mana yang tepat?

Written by Amadea Hasmirna | 17 Apr 2024