BBM Langka Mulai Mengkhawatirkan? Begini Cara Menanggulanginya

BBM atau Bahan Bakar Minyak adalah salah satu bahan bakar yang dihasilkan dari pemanfaatan sumber daya alam (SDA) minyak bumi dan gas alam. Minyak bumi dan gas alam sendiri adalah SDA yang berasal dari fosil (bekas makhluk hidup di dalam tanah yang mati jutaan tahun lalu). Besarnya penggunaan BBM saat ini mengakibatkan kelangkaan yang membuatnya penting untuk ditanggulangi.

Kelangkaan sendiri terjadi saat jumlah kebutuhan akan suatu hal, dalam hal ini pemakaian BBM sudah melebihi jumlah ketersediaannya. Jadi, kelangkaan BBM bukan hanya soal kondisi sulit mendapatkan BBM di beberapa waktu, melainkan juga akibat ketidakseimbangan antara besarnya kebutuhan dengan ketersediaan yang bisa dimanfaatkan. Untuk menanggulangi BBM langka, mari simak beberapa cara di bawah ini!

1. Penyebab Kelangkaan BBM

BBM langka bisa disebabkan oleh beberapa faktor, tidak hanya satu atau dua. Supaya lebih jelas lagi, berikut ini penjelasan lengkapnya:

- Ketersediaan yang terbatas

BBM merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, sehingga jumlahnya akan semakin menipis seiring waktu apabila terus-menerus diambil.

- Jumlah pemakaian yang besar

BBM paling banyak digunakan untuk kendaraan. Jumlah kendaraan yang sangat banyak semakin memperbesar jumlah pemakaian BBM yang membuatnya semakin mungkin cepat langka.

- Distribusi yang tidak merata

Untuk kasus kelangkaan BBM di beberapa daerah, BBM langka bisa disebabkan oleh data penyaluran yang tidak akurat serta sulitnya memastikan pasokan BBM di setiap SPBU yang ada di Indonesia.

- Pesatnya pertumbuhan masyarakat

Pertumbuhan masyarakat yang terlalu besar di suatu daerah juga berpengaruh terhadap BBM langka karena semakin besar jumlah orang, maka biasanya jumlah BBM yang dipakai atau diperlukan juga akan semakin besar.

2. Mulai Hemat Memakai Listrik

Menghemat pemakaian listrik dapat menjadi cara menanggulangi kasus BBM langka karena masih banyak pembangkit listrik saat ini yang memakai mesin diesel sebagai sumber energi. Semakin besar penggunaan listrik, maka akan semakin besar pula jumlah BBM yang dihabiskan. Jika setiap orang dapat mengurangi pemakaian listrik atau mulai hemat memakai listrik, ini secara signifikan akan berdampak positif terhadap pengurangan pemakaian BBM.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghemat penggunaan listrik. Contohnya, mengganti penggunaan lampu biasa dengan lampu LED yang lebih hemat energi, menyalakan lampu seperlunya (mematikan lampu di siang hari dan hanya menyalakan lampu di malam hari), mengatur penggunaan alat elektronik yang memakan daya listrik dalam jumlah besar, hingga mengatur ventilasi udara untuk membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik agar dapat menghemat penggunaan AC.

3. Tidak Boros Bensin Kendaraan

Salah satu cara bijak dalam menggunakan BBM adalah dengan tidak boros bensin kendaraan. Upaya ini menjadi sangat sulit mengingat jumlah pengguna kendaraan pribadi di Indonesia yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Semakin banyak jumlah kendaraan, tentu saja berimbas pada meningkatnya jumlah penggunaan BBM yang menjadi faktor kelangkaan BBM.

Berusahalah untuk tidak boros bensin kendaraan dengan mengurangi jumlah kendaraan yang dimiliki. Bisa juga dengan menerapkan alternatif jalan kaki menuju tempat yang dekat, seperti kebiasaan belanja ke warung dekat rumah atau menggunakan kendaraan umum saat berangkat dan pulang kerja. Hal ini juga bisa menjadi solusi kemacetan di kota-kota besar yang karena banyaknya jumlah kendaraan membuat jalanan begitu macet.

4. Beralih ke Sumber Energi Alternatif

Cara menanggulangi BBM langka yang terakhir adalah dengan beralih ke sumber energi alternatif. Salah satunya adalah dengan menggunakan energi surya. Energi surya sendiri merupakan energi yang berupa sinar dan panas dari matahari. Memanfaatkan sinar dan panas matahari dapat dilakukan menggunakan berbagai teknologi, seperti pemanas surya, fotovoltaik surya, listrik panas surya, arsitektur surya, hingga fotosintesis buatan.

Energi surya dapat menjadi sumber energi alternatif yang dapat diandalkan dan memberikan keuntungan jangka panjang yang besar karena memiliki banyak kelebihan. Mulai dari sebagai sumber energi bersih karena tidak ada polusi yang dipancarkan ke lingkungan selama masa produksi dan pemanfaatannya, sumber energi yang terbarukan, sumber energi berjumlah sangat besar dan tidak akan pernah habis, hemat energi, hingga membantu mengurangi produksi CO2.

Energi surya juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik dengan menggunakan panel surya. Proses mengubah sinar matahari menjadi panas atau energi listrik bisa mengurangi penggunaan BBM dan menanggulangi kelangkaannya. Ini merupakan inovasi yang baik dari penggunaan sinar matahari yang sebelumnya hanya berfokus pada proses mengeringkan hasil pertanian dan perikanan secara langsung.

Nah, itulah beberapa informasi tentang cara menanggulangi BBM langka yang bisa Anda lakukan. Pertimbangkanlah untuk menggunakan sumber energi alternatif seperti panel surya dari SolarKita yang dapat memberikan banyak manfaat seperti yang disebutkan di atas. Semoga bermanfaat!

Written by Heldania Ultri Lubis | 13 Feb 2024