7 Teknologi yang Bakal Membantu Anda Mengurangi Penggunaan Listrik

Tagihan listrik termasuk salah satu beban yang tentunya ingin diringankan oleh setiap orang. Sering kali tagihan listrik juga menjadi salah satu hal yang membuat Anda cemas dan harus Anda pikirkan. Semakin berat karena nilai tagihan listrik Anda setiap tahunnya akan cenderung bertambah, mengingat tarif dasar listrik yang lebih sering naik dibanding turun. Di zaman yang serba teknologi seperti saat ini, Anda membutuhkan energi listrik hampir setiap saat untuk membuat perangkat elektronik berfungsi. Anda pun dituntut untuk melakukan penghematan energi bila ingin menekan tagihan listrik. Kabar baiknya, kini sudah banyak teknologi yang muncul untuk membuat tagihan listrik menjadi lebih murah. Apa saja? Berikut informasinya!

1. Manfaatkan lampu LED

Seperti yang Anda ketahui, penerangan merupakan salah satu kebutuhan utama di dalam setiap rumah. Tanpa adanya penerangan yang cukup, perlahan-lahan isi rumah akan menjadi rusak karena kurangnya pencahayaan. Sedangkan, bila Anda menggunakan pencahayaan berupa lampu terus-terusan, nilai tagihan listrik akan semakin membengkak. Sebagai solusi, Anda bisa memanfaatkan lampu LED yang dapat membuat ketersediaan cahaya di rumah Anda tetap mencukupi. Bila Anda menggunakan lampu LED, Anda tetap bisa menyalakan lampu dalam waktu lama, tentunya tanpa harus mengonsumsi banyak listrik.

Berbeda dengan lampu pijar, lampu LED memancarkan cahaya lebih terang tanpa pemanasan. Terlebih, usia lampu LED juga dapat lima kali lebih lama jika dibandingkan dengan lampu pijar biasa. Perlu Anda ketahui, keunggulan tersebut ternyata hanya membutuhkan energi listrik 90% lebih sedikit dari lampu biasa sehingga dijamin lebih hemat pastinya.

2. Gunakan TV LED

Selain memanfaatkan lampu LED, Anda juga bisa menggunakan TV LED sebagai teknologi ramah lingkungan yang berguna untuk mengurangi penggunaan listrik. Penggunaan TV LED cocok bagi Anda yang suka menonton TV. Dengan menggunakan jenis TV ini, penggunaan listrik Anda cenderung akan menjadi lebih hemat. Mengapa demikian? Hal tersebut disebabkan oleh kondisi TV layar datar yang mengkonsumsi daya listrik lebih sedikit tanpa menurunkan kualitas gambar. Jika dibandingkan, bahkan kualitas gambar TV LED jauh lebih tajam daripada TV biasa. TV LED pun mampu memangkas konsumsi listrik hingga 50% dibandingkan TV tabung dan  20% – 30% lebih hemat listrik dibandingkan TV LCD.

3. Gunakan inverter

Anda juga bisa mengurangi penggunaan listrik dengan menggunakan inverter. Inverter sangat sering menjadi pilihan bagi orang-orang yang ingin menghemat energi. Dengan menggunakan teknologi ini, Anda akan menjadi lebih hemat energi karena inverter mampu mengonversi serta mengatur tegangan, aliran, serta frekuensi listrik dalam perangkat elektronik. Kemampuan tersebut menghasilkan pendistribusian dan penggunaan listrik yang lebih stabil, efektif, dan tahan lama. Perlu pula Anda ketahui bahwa perangkat elektronik yang memanfaatkan teknologi inverter mampu menghemat listrik hingga 40% – 70%.

Selain itu, teknologi ini juga akan memastikan alat elektronik yang Anda gunakan tetap bekerja dengan baik kendati konsumsi listriknya sangat rendah. Kini, ada beberapa perangkat rumah tangga yang didukung oleh teknologi inverter, mulai dari AC, mesin cuci, kulkas, hingga microwave. Meskipun harga belinya mungkin lebih mahal, produk-produk berteknologi inverter tersebut terbukti lebih hemat dan dapat menekan pengeluaran listrik Anda.

4. Ganti komputer dengan laptop

Pada umumnya, setiap orang mempunyai satu komputer di rumahnya. Komputer pun sering digunakan baik untuk urusan pekerjaan, hiburan, hingga edukasi. Menggunakan komputer memang tak masalah, namun perlu Anda sadari bahwa penggunaan komputer dapat menjadi faktor paling tinggi terhadap tingginya tagihan listrik bulanan Anda. Mengingat komputer dapat mempengaruhi tingginya tagihan listrik per bulan Anda, ada baiknya Anda menyiasati hal tersebut dengan berganti menggunakan laptop. Mengganti penggunaan komputer dengan laptop terbukti lebih hemat listrik jika dibandingkan dengan komputer personal yang masih menggunakan CPU. Perlu kamu ketahui, satu buah laptop hanya memerlukan daya 25 Watt. Sedangkan komputer biasa membutuhkan daya hingga 16 kalinya.

5. Terminal stop kontak

Banyak kebiasaan sederhana yang membuat tagihan listrik perbulan Anda semakin besar. Salah satu kebiasaan kecil yang dapat membuat tagihan listrik membengkak adalah membiarkan colokan tetap terpasang saat tidak digunakan. Kebiasaan ini kerap terjadi karena lupa atau memang malas untuk mencabutnya. Bagi Anda yang sering lupa atau malas mencabut colokan listrik, ada baiknya Anda segera memanfaatkan teknologi terminal stop kontak ini. Beberapa terminal stop kontak bahkan memiliki tombol on-off sendiri. Dengan menekan tombol tersebut, Anda dapat mematikan daya listrik serta menghidupkannya kembali pada banyak perangkat sekaligus tanpa repot cabut pasang.

Lebih jauh, pada produk terminal stop kontak yang lebih canggih, produk tersebut mampu mendeteksi saat perangkat tercolok tidak sedang digunakan dan akan memutus aliran listrik secara otomatis. Apabila Anda memanfaatkan teknologi ini, Anda mampu menurunkan konsumsi listrik sebesar 5% – 10%.

6. Power and energy monitoring system

Saat ini, sejumlah perusahaan penyedia alat listrik di Indonesia telah menyediakan power and energy monitoring system. Teknologi ini merupakan sistem manajemen daya yang dirancang untuk membantu Anda melakukan pengelolaan listrik secara real-time, mengisolasi masalah, melakukan kontrol terhadap beban dan generator, serta mempelajari tren penggunaan listrik. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat mengetahui serta memonitor besaran penggunaan listrik di rumah Anda. Selain itu, alat ini juga dapat membantu Anda untuk mengetahui bagian rumah Anda yang banyak menggunakan listrik. Jika Anda telah mengetahui pola konsumsi energi di rumah, Anda berkesempatan untuk mengubah gaya hidup atau pola penggunaan berbagai alat bertenaga listrik di rumah Anda untuk lebih hemat. Alat ini memang tak secara langsung dapat mengurangi penggunaan listrik di rumah, namun mampu memperlihatkan kepada Anda besaran pemakaian listrik. Dengan begitu, Anda pun bisa mengubah pola penggunaan listrik serta menekan angka pengeluaran beban listrik per bulan.

Panel surya Teknologi panel surya juga bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan tagihan listrik. Teknologi ramah lingkungan satu ini layak digunakan karena matahari sebagai sumber energi terbesar dan tersedia gratis bisa Anda manfaatkan secara maksimal. Kini, sudah banyak panel surya yang bekerja menangkap cahaya matahari lalu mengkonversinya menjadi energi listrik. Energi listrik hasil panel surya tersebut kemudian dapat dialirkan ke berbagai perangkat yang telah tersambung pada panel surya. Untuk kebutuhan listrik di rumah, biasanya panel surya dipasang di atap rumah. Kabarnya, kecanggihan panel surya mampu membantu menurunkan tagihan listrik rumah hingga 60% per bulan. Kondisi ini tentunya dapat menurunkan tagihan listrik Anda secara drastis.

Itulah informasi tentang teknologi untuk mengurangi penggunaan listrik yang harus Anda ketahui. Dengan menggunakan teknologi yang hemat energi, tentunya Anda dapat menurunkan biaya listrik rumah Anda.  Di sisi lain, penggunaan energi ramah lingkungan dapat menekan tagihan listrik Anda sekaligus menjaga kondisi alam dan lingkungan kita.Anda bisa mempertimbangkan penggunaan sistem listrik panel surya yang terbukti berguna menekan biaya listrik serta ramah lingkungan pastinya. Semoga bermanfaat!

Written by Heldania Ultri Lubis | 13 Jan 2019