5 Prediksi Teknologi Panel Surya di Masa Depan

Jika sekarang teknologi panel surya masih lebih umum dikenal sebagai sumber energi alternatif penghasil listrik, beberapa tahun ke depan definisi ini bisa jadi tidak lagi relevan. Ini karena perkembangan teknologi panel surya sendiri yang bisa merambah ke lebih dari satu aspek kehidupan kita sehari-hari kedepannya.

 

Lalu, seperti apa prediksi kemajuan serta perkembangan dari teknologi panel surya ini di masa depan? Sejauh apa teknologi ini akan diimplementasikan pada aspek, item, produk, atau bidang lainnya di masa depan? Berikut ini beberapa prediksi perkembangan teknologi panel surya dalam segi fungsi di masa mendatang. 

 

Sawah panel surya terbang

Semakin hari, teknologi panel surya semakin dikenal dan dipakai secara luas untuk keperluan rumah tangga. Tidak heran jika panel-panel energi ini akan dibuat serupa sawah melayang untuk menghasilkan energi yang semakin besar pula. Sawah panel surya terbang ini dapat dibuat di atas waduk, bendungan, atau area berair lainnya.

 

Memasang panel surya terapung dianggap lebih murah dari segi biaya daripada memasang panel-panel berjejer di atas daratan. Ini karena masalah lahan yang akan semakin langka, di mana memasang di atas air dianggap lebih menghemat lahan daripada di atas daratan. Selain itu, panel surya terapung dinilai lebih efisien dengan sistem pendingin yang lebih optimal karena terpasang di atas air. 

 

Teknologi ini sebenarnya bukan hal yang baru. Terbukti dengan pernah dipasang sistem panel serupa di California pada tahun 2008 di sepanjang kilang anggur yang ada di sana. Namun, tetap saja masih terbilang inovatif untuk beberapa negara atau daerah yang bahkan belum sepenuhnya menggunakan teknologi panel surya.

 

Teknologi solar terintegrasi dalam bangunan

Prediksi teknologi panel surya lainnya di masa depan adalah salah satu yang terintegrasi ke dalam bangunan. Seperti namanya, sistem integrasi ini memungkinkan struktur bangunan dibuat dengan menyisipkan panel-panel tenaga surya ini pada atap, kanopi, dinding tirai, hingga fasad bangunan. 

 

Dengan integrasi panel surya seperti ini, bukan tidak mungkin pengguna dapat menghemat baik biaya listrik juga biaya bahan bangunan saat membuat rumah atau bangunan lainnya. Biaya pembangunan standar pun sudah termasuk dengan layanan instalasi teknologi panel surya. 

 

Kain energi surya

Anda bisa mendapatkan sinar matahari hampir di mana saja, sepanjang tahun di Indonesia. Jadi, jangan heran kalau integrasi dengan teknologi panel surya tidak hanya terjadi dengan bangunan, tetapi terjadi juga dengan beberapa barang yang Anda gunakan dan kenakan. Salah satunya adalah pakaian.

 

Dengan membuat kain berenergi surya, Anda dapat memiliki energi terbarukan milik Anda sendiri. Sumber energi yang bisa dibawa ke mana-mana serta efisien untuk digunakan. Panel-panel surya yang besar itu bisa dibuat dalam bentuk serat-serat kain dengan ukuran lebih kecil untuk memungkinkan Anda menghasilkan energi sembari bergerak.

 

Ini berarti Anda bisa mengisi ulang daya di ponsel Anda atau mengisi daya laptop Anda saat sedang bekerja di luar ruangan. Tidak hanya pada pakaian, kain energi surya ini juga bisa diaplikasikan pada tirai jendela di rumah Anda.

 

Water purifier bertenaga solar

Tidak hanya masalah energi, air bersih juga jadi masalah yang dihadapi sebagian besar orang kini. Jadi, wajar saja kalau ada studi yang hendak mengembangkan teknologi panel surya untuk dapat berkontribusi dalam menghasilkan air bersih. Ini bisa Anda nikmati dalam bentuk water purifier yang dibuat dengan tenaga matahari.

 

Teknologi ini memungkinkan cahaya matahari yang diterima oleh sistem panel surya untuk mengubah air kotor menjadi benar-benar bersih dan layak dikonsumsi. Kemajuan yang tidak hanya dapat membersihkan air kotor dalam jumlah sedikit. Namun ke depannya, bukan tidak mungkin teknologi yang sama dapat digunakan untuk memurnikan air dalam jumlah lebih besar.

 

Teknologi solar yang lebih efisien dan murah

Semakin sering dipakai, akan membuat teknologi panel surya semakin akrab dikenal masyarakat. Terutama dalam segi manfaat dan kelebihan-kelebihannya. Di masa depan, teknologi solar pun satu diprediksi akan berkembang dan menjadi semakin efisien. Selain itu, harganya juga akan semakin murah dibandingkan dengan sekarang.

 

Teknologi panel surya yang ditawarkan pun akan semakin mudah disesuaikan dengan preferensi Anda kedepannya. Termasuk memungkinkan instalasi teknologi energi matahari ini dengan perangkat elektronik lainnya yang Anda miliki di rumah. Untuk sekarang, Anda bisa mempercayakan SolarKita untuk tahap pemasangan panel surya atap di rumah Anda, mulai dari konsultasi, survey, instalasi, hingga maintenance!

Written by Jeliana Gabrella S. | 11 Jan 2021