5 Manfaat Energi Surya untuk Pertanian di Indonesia

Energi surya diketahui memiliki beragam manfaat yang membuatnya menarik untuk digunakan. Energi yang terbarukan ini dinilai hemat dan lebih ramah terhadap lingkungan sehingga membuatnya jadi idaman banyak masyarakat. Nyatanya, energi surya tidak hanya berguna untuk menghemat listrik saja, namun juga berdampak baik bagi pertanian di Indonesia. Bagaimana bisa? Berikut informasi lengkapnya!

1. Sebagai inovasi baru

Pemanfaatan energi surya merupakan hal yang terbilang baru dan harus terus dikembangkan agar semakin luas digunakan. Manfaat energi surya untuk pertanian di Indonesia pun merupakan suatu inovasi baru yang patut dipertimbangkan. Inovasi ini dapat memaksimalkan pemanfaatan sinar matahari dan area persawahan. Berbagai aplikasi yang dapat memanfaatkan energi surya di bidang pertanian yang ada di Indonesia pun mulai bermunculan dan memberikan dampak yang cukup signifikan.

2. Mempermudah pengawasan dan distribusi air untuk lahan pertanian

Manfaat ini didapatkan dari program yang dilakukan oleh Kota Samarinda. Diwakili oleh Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Samarinda, program perubahan Penggunaan Pintu Air dengan Sistem Hidro Mekanikal dan Elektrikal Tenaga Surya dimulai. Melalui program ini, pengawasan serta distribusi air untuk lahan pertanian bisa dilakukan secara lebih tepat dan mudah. Tentu saja, pengawasan dan distribusi air merupakan hal yang sangat krusial dalam bidang pertanian.

3. Menyediakan pengairan dengan sistem pompa air tenaga surya

Manfaat energi surya untuk pertanian di Indonesia satu ini datang dari Pulau Sabu. Proyek percontohan yang dilakukan di Pulau Sabu, Kabupaten Rote Ndao ini memanfaatkan sistem pompa air tenaga surya yang dirancang mampu menyediakan pengairan untuk perkebunan jagung seluas kurang lebih 50 Ha. Pengairan yang baik tentu saja akan membuat pertanian di Indonesia semakin maju, berkembang, dan menghasilkan hasil yang sesuai harapan.
Pompa air tenaga surya yang mempunyai kapasitas 343 m3 per hari dimanfaatkan untuk menggantikan mesin pompa berbahan bakar bensin dengan kapasitas 100 liter per menit yang umum digunakan untuk mengairi lahan. Peralihan penggunaan pompa air dari bahan bakar bensin menjadi tenaga surya tentu saja merupakan hal yang patut dijadikan contoh. Apalagi penggunaan energi surya lebih hemat dan sehat dibanding penggunaan bahan bakar bensin.

Penggunaan sistem pompa air tenaga surya pun memiliki keunggulan sendiri, yaitu tidak memerlukan bahan bakar. Hal ini berarti para pengguna air tidak perlu mengeluarkan biaya iuran dan tidak terpengaruh oleh kenaikan harga bahan bakar. Sistem satu ini juga tidak membutuhkan tenaga operator untuk mengoperasikan sistem. Usia pakainya pun jauh lebih panjang dibanding sistem pompa diesel.

4. Sebagai pembasmi hama tenaga surya

Energi surya juga dapat dimanfaatkan sebagai pembasmi hama yang dapat diandalkan. Hal ini terbukti melalui program yang dilakukan oleh Desa Kebonagung, Kajen, Pekalongan. Desa tersebut merupakan salah satu lokasi yang memanfaatkan pembasmi hama tenaga surya. Alat ini pun telah dipasang di area pertanian yang memiliki luas sekitar 3 hektar. Masyarakat setempat membiayai penggunaan pembasmi hama tenaga surya ini secara swadaya.

Selain memiliki manfaat yang cukup besar, penggunaan pembasmi hama tenaga surya juga relatif sederhana. Sistem tenaga surya akan menyalakan lampu 0,5 Watt yang menjadi penarik perhatian hama pada malam hari. Tampungan air yang telah diberi obat pun disiapkan untuk membunuh atau membasmi hama yang terjatuh ketika mendekati lampu. Kesederhanaan penggunaan serta besarnya manfaat yang ditawarkan membuat penggunaan pembasmi hama tenaga surya sangat layak untuk dipertimbangkan.

5. Energi surya tidak ada habisnya

Penggunaan energi surya di bidang pertanian Indonesia merupakan inovasi yang layak diperhatikan. Ketersediaan energi surya secara melimpah di Indonesia membuatnya harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Apalagi letak Indonesia berada di garis khatulistiwa dan hanya memiliki dua musim, membuat energi surya semakin berlimpah. Inovasi pemanfaatan energi surya di bidang pertanian pun dapat menjadi salah satu upaya yang bisa digunakan untuk membantu meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui akses energi listrik.

Pemanfaatan energi surya untuk pertanian Indonesia ini tidak hanya dapat membantu memanfaatkan lahan udara area persawahan, tetapi juga berpotensi menciptakan lapangan kerja baru. Meski mungkin lapangan kerja baru ini ditujukan untuk pengembangan teknologi yang sederhana, pastinya hal tersebut tetap sarat dengan makna yang dapat membuat masyarakat Indonesia khususnya di bidang pertanian lebih bahagia.

Itulah beberapa informasi tentang manfaat energi surya untuk pertanian di Indonesia. Dengan beragam program yang menunjukkan dampak positif dari penggunaan energi surya, diharapkan sistem ini dapat semakin mendorong kemajuan Indonesia.

Written by Heldania Ultri Lubis | 24 Sep 2018