5 Cara Mudah untuk Menerapkan Sustainable Living Saat Pandemi

Pandemi COVID-19 membuat banyak hal berubah. Salah satu yang paling terasa adalah gaya hidup Anda sehari-hari. Ada banyak kebiasaan yang berubah untuk menyesuaikan dengan new normal kini, mulai dari kebiasaan mencuci tangan yang lebih sering dan lebih rutin, kebiasaan memakai masker saat keluar rumah, hingga membersihkan diri dan menjaga hidup agar lebih sehat.

 

Beberapa dari Anda bisa juga telah menyertakan gaya hidup sustainable living pada keseharian Anda. Sustainable living dapat membantu Anda menerapkan rutinitas kehidupan yang tidak hanya baik bagi diri Anda, tetapi juga lingkungan dan orang-orang di sekeliling Anda. Menerapkan sustainable living tidaklah sulit, berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan.

 

Menggunakan energi secara bijak

Cara memulai gaya hidup sustainable living bisa Anda lakukan  dengan menggunakan energi secara bijak. Matikan lampu atau alat elektronik yang sedang tidak dipakai. Tidak masalah kalau Anda meninggalkan kamar dalam keadaan gelap, daripada membiarkan lampu menyala sepanjang hari. Pertimbangkan juga untuk mencoba sumber energi baru terbarukan.

 

Energi baru terbarukan seperti sinar matahari bisa menjadi alternatif sumber listrik di rumah Anda. Dengan memasang panel surya di rumah, Anda jadi bisa mengurangi pemakaian listrik karena panel surya tersebut dapat mengkonversi kebutuhan energi Anda sehari-hari. Anda bisa melihat estimasi jumlah biaya tagihan listrik yang bisa Anda hemat dengan panel surya atap di sini. Selain itu, pemakaian panel surya juga ramah pada lingkungan, sehingga mendukung gaya hidup Anda kini.

 

Lakukan 3R untuk mengurangi limbah

Reduce, Reuse, Recycle. Ketiga rutinitas ini wajib Anda lakukan jika ingin beralih ke sustainable living. Kurangi penggunaan materi yang tidak mudah didaur ulang seperti plastik. Dengan kata lain, kurangi penggunaan kantong plastik dan produk dalam kemasan sekali pakai demi mengurangi menggunungnya sampah plastik yang dapat merusak lingkungan dan terutama laut serta ekosistemnya.

 

Pakai produk atau barang yang bisa digunakan lagi sampai beberapa kali. Contoh, gunakan tas belanja untuk menghindari pemakaian kantong plastik. Bawa botol minum sendiri untuk mencegah membeli air mineral dalam kemasan. Hindari pemakaian barang sekali pakai sebisa mungkin. Lalu yang terakhir, Anda bisa mendaur kembali barang-barang lama yang tidak terpakai agar kembali memiliki nilai guna. Ketiga cara inilah yang ampuh untuk mengurangi limbah rumah tangga Anda.

 

Mulai hobi berkebun

Selama pandemi, Anda pasti lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Kalau sudah begini, saatnya memulai hobi berkebun di rumah. Berkebun di rumah dengan menanam sayuran, buah, atau tanaman bumbu sendiri bisa jadi sangat menyenangkan. Selain itu, berkebun juga jadi salah satu gaya hidup sustainable living yang bisa Anda coba dengan biaya yang murah.

 

Berkebun di rumah juga bukan hobi yang sulit. Ada atau tidak ada lahan, Anda bisa memulai hobi baik ini. Bisa dengan menyiapkan lahan pekarangan untuk ditanami bibit tanaman hias atau sayur-sayuran. Bisa juga dengan menyiapkan beberapa pot khusus untuk tanaman Anda nantinya. Di sini, Anda hanya membutuhkan ketelatenan dan kesabaran untuk merawat tanaman Anda.

 

Lebih sering jalan kaki dan bersepeda 

Cara mudah untuk menerapkan sustainable living lainnya adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Jika memungkinkan, Anda bahkan bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda saat hendak pergi dari satu tempat ke tempat lainnya. Dengan begini, Anda sudah ikut berkontribusi untuk mengurangi karbon dan polusi lingkungan.

 

Untuk lokasi yang agak jauh, pertimbangkan juga untuk menggunakan kendaraan umum seperti commuter line atau bis. Dengan begini, jumlah kendaraan pribadi di jalanan bisa ditekan setiap harinya. Alhasil, udara jadi lebih bersih, bebas polusi, Anda dan orang lain juga terimbas kebaikan yang diterima oleh lingkungan sekitar ini.

 

Beralih ke produk sustainable

Terakhir, saat Anda hendak berbelanja produk apapun itu, mulailah untuk memilih produk yang sustainable. Apa itu produk yang sustainable? Artinya, produk- produk ramah lingkungan, bisa didaur-ulang dengan mudah, dan tidak boros energi yang mendukung sustainable living itu sendiri. 

 

Beberapa produk sustainable memang tidak dijual secara masih layaknya produk komersial lainnya yang mudah ditemukan di mana saja. Jadi, Anda mungkin akan mengalami kesulitan saat hendak mencari produk-produk ini.

 

Sebagai permulaan, Anda bisa mencari di toko-toko yang memang support produk-produk sustainable. Jika tidak, Anda juga bisa mencari informasi toko online yang menjual produk-produk ini. Jangan kaget kalau beberapa produk sustainable ini tidak datang dari brand besar, melainkan produk olahan rumahan. Mari mulai sustainable living Anda sekarang!

Written by Jeliana Gabrella S. | 11 Jan 2021