6 Tokoh Dunia yang Mendukung Pemakaian Panel Surya dan Energi Terbarukan

Panel surya adalah sebuah alat yang terdiri dari sel surya untuk mengubah cahaya matahari menjadi listrik. Alat ini disebut juga solar panel karena matahari atau "sol" merupakan sumber cahaya terkuat dan tidak terbatas. Panel surya dalam perkembangannya ternyata telah didukung oleh oleh banyak public figure, lho. Kali ini, kita akan membahas 6 tokoh dunia yang pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Keenam tokoh dunia ini memakai dan merekomendasikan penggunaan panel surya. Penasaran siapa saja? Yuk, simak ulasan yang sudah disiapkan untuk Anda berikut ini.

1. Brad Pitt

Setelah Badai Katrina melanda New Orleans pada tahun 2005, yayasan Make It Right milik Brad Pitt memilih untuk membangun 150 rumah yang aman dan berkelanjutan dan taman bermain bertenaga surya. Sejak itu, yayasan tersebut telah membangun rumah hijau dan apartemen di sejumlah daerah di Amerika Serikat. Adapun yayasan lainnya yang dinaungi oleh Brad Pitt dan Angelina Jolie adalah Jolie-Pitt Foundation yang fokus memberantas kemiskinan, melindungi sumber daya alam, dan melestarikan satwa liar. Sangat inspiratif, ya?

2. Pierce Brosnan

Sang 007 Pierce Brosnan telah bertahun-tahun memasang panel surya di villa miliknya yang ada di Malibu. Pierce Brosnan juga sudah dilantik ke dalam National Environmental Hall of Fame. Di sana, ia bergabung dengan aktivis veganisme dan penggemar mobil listrik, Ed Begley, Jr., yang rumahnya juga menggunakan tenaga surya dan angin. Pierce Brosnan terkenal karena menggunakan sepeda yang menghasilkan listrik untuk pemanggang rotinya dan memiliki tagihan listrik tahunan yang hanya mencapai $300 atau setara Rp4,4 juta saja.

3. Leonardo DiCaprio

Aktor Hollywood peraih Oscar ini sangat mendukung pemakaian panel surya. DiCaprio ikut menulis, meriwayatkan, dan memproduksi film dokumenter The 11th Hour yang fokus membahas isu pemanasan global. Ia juga memiliki yayasan pemenang penghargaannya sendiri yang bernama Leonardo DiCaprio Foundation yang bekerja sama dengan berbagai organisasi non profit lingkungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan pemanasan global, energi terbarukan, dan pelestarian lingkungan.

4. Ratu Elizabeth II

Selain para aktor Hollywood yang sudah disebutkan, ternyata Ratu Elizabeth II juga mendukung pemakaian panel surya dan energi terbarukan. Kilas balik ke tahun 2002, Sang Ratu Inggris memutuskan untuk memasang sistem pemanas dan pendingin panas Bumi untuk galeri seni pribadinya. Ratu Elizabeth II begitu terpukau dan sangat menyukai pemakaian energi terbarukan ini, sehingga beliau memasang sistem yang untuk Istana Buckingham. Sang Ratu juga tertarik pada energi angin dan pada tahun 2008 telah membeli prototipe untuk turbin angin terbesar di dunia.

5. Jack Johnson

Bagi para generasi milenial, mungkin sudah sangat akrab dengan lagu-lagu karangan Jack Johnson. Penyanyi sekaligus penulis lagu yang berasal dari Hawaii ini telah bekerja sama dengan istrinya untuk memulai Kokua Hawaii Foundation. Yayasan tersebut mendidik masyarakat Hawaii tentang pentingnya melestarikan lingkungan. Selain itu, ia memastikan bahwa semua energi yang ia gunakan selama konser 100% terbarukan. Ini termasuk pencahayaan yang digunakan haruslah hemat energi dan setidaknya 50% dari total limbah yang dihasilkan sudah didaur ulang.

6. Edward Norton

Edward Norton telah memainkan peran integral dalam upaya penanggulangan perubahan iklim. Pada tahun 2010, ia ditunjuk sebagai Duta Besar PBB untuk Keanekaragaman Hayati. Norton juga merupakan pendukung besar tenaga surya. Dia menjadi ketua Solar Neighbors Program. Program ini memberikan tenaga surya gratis kepada keluarga berpenghasilan rendah untuk setiap selebriti yang membeli panel surya. Dukungan Norton terhadap tenaga surya telah meningkatkan kesadaran masyarakat. Sebagai hasilnya, banyak selebriti lain yang turut bergabung dengan Solar Neighbors Program.

Itulah beberapa tokoh yang mendukung penggunaan panel surya dan energi terbarukan. Menarik, bukan? Anda bisa banyak belajar dan mencontoh penggunaan panel surya seperti tokoh-tokoh tersebut. Banyak keuntungan dari penggunaan panel surya. Selain lebih ramah lingkungan, penggunaan panel surya juga terbukti lebih irit, lebih efisien, dan memiliki jangka waktu pemakaian yang lama. Tertarik untuk mengikuti jejak para tokoh dunia ini? Miliki juga panel surya dari SolarKita sekarang! Kami akan membantu konsultasi, instalasi, hingga perawatan panel surya, sehingga Anda bisa memulai gaya hidup yang lebih hijau.

Written by Heldania Ultri Lubis | 16 Feb 2024