Pentingnya Survei Lokasi Sebelum Instalasi Panel Surya

Sebelum pemasangan sistem Panel Surya dimulai, tim SolarKita diwajibkan untuk melakukan survey lokasi dahulu untuk mengetahui detail lokasi pemasangan. Dengan melakukan survei, teknisi kami dapat melakukan analisis keadaan lokasi untuk membuat desain sistem Panel Surya yang sesuai dengan kebutuhan dari pelanggan.

Informasi penting yang diperlukan oleh teknisi kami sebelum menentukan desain Panel Surya adalah ukuran luas atap. Ukuran atap dibutuhkan untuk mengetahui berapa banyak panel yang dapat dipasang. Sebagai informasi, ukuran standar panel surya adalah sebesar 1x2 Meter.
Setelah melakukan pengukuran dan penentuan jumlah panel, teknisi kami akan memeriksa struktur atap properti tersebut. Pertimbangan tentang kuat atau tidaknya atap diperlukan agar dapat diketahui apakah struktur atap kuat untuk menahan beban Panel Surya. Jika ada atap yang strukturnya tidak kuat, teknisi kami akan merekomendasikan untuk membangun struktur tambahan. Struktur tambahan akan mempengaruhi total biaya yang dikeluarkan untuk memasang panel. Sebagai informasi, berat satu Panel Surya adalah sekitar 20 kilogram.

Jenis atap juga berpengaruh pada struktur panel yang akan dipasang. Jika atap dari properti klien menggunakan deck, maka dibutuhkan struktur  tambahan yang akan menjadi dudukan untuk menampung sistem Panel Surya yang dipasang. Jika atap dari properti klien menggunakan genteng, maka kami harus mengetahui jenis genteng yang digunakan. Ini dikarenakan akan berpengaruh pada jenis bracket atau kerangka yang akan dipasang.

Tahap selanjutnya yaitu mengetahui posisi penempatan inverter yang tepat. Posisi inverter akan diletakkan di tempat yang mudah dijangkau untuk memudahkan proses maintenance atau monitoring. Salah satu hal yang penting adalah jarak antara inverter dan Panel Surya sebaiknya tidak lebih dari 30 meter. Hal ini agar menjaga tidak ada penurunan efisiensi ketika listrik didistribusikan dari Panel surya ke inverter via kabel DC.  Selain itu, kami juga merekomendasikan agar inverter tidak terekspos langsung di luar rumah. Walaupun secara spesifikasi inverter sudah di desain untuk pemasangan outdoor, namun akan lebih baik jika inverter tidak terekspos langsung dengan sinar matahari atau hujan untuk menjaga ketahanan dan umurnya. 

Setelah semua informasi mengenai atap dan posisi inverter sudah terkumpul, tahap selanjutnya yaitu mengecek sinyal Wifi yang digunakan pada properti klien. Jaringan internet yang bagus dibutuhkan agar Data Logger SolarKita dapat berkomunikasi dengan server kami dengan mudah dan cepat. Fungsi dari Data Logger adalah untuk mencatat listrik yang diproduksi oleh Panel Surya, sehingga pelanggan dapat memantau performa sistem mereka kapanpun dan dimanapun. Jika sinyal Wifi lemah, kami akan merekomendasikan penggunaan Wi-Fi extender atau penarikan kabel LAN.

Survei lokasi selesai dilakukan jika semua informasi penting yang telah dijelaskan diatas telah terkumpul. Dari hasil survei tersebut tim kami akan membuat rencana pemasangan sistem Panel Surya dan penawaran akhir. Jika pelanggan setuju maka proses dapat dilanjutkan ke proses instalasi.
Jika Anda berminat dan ingin rumah Anda di survey oleh tim SolarKita silakan hubungi kami di www.SolarKita.com/contact.

Written by Jumawan Syahrudin | 30 Jan 2024