Pelayanan terbaik PLTS Atap Bersama SolarKita, dari Layanan End-to-end sampai SolarKita Care

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap atau disingkat PLTS Atap adalah pembangkit listrik tenaga surya yang dipasang di atap atau dinding rumah, gedung, gudang atau di tempat parkir maupun tempat lain yang tepat dan strategis untuk mendapatkan energi listrik melalui panel surya.guna memenuhi kebutuhan listrik. PLTS Atap merupakan inovasi teknologi pemanfaatan energi baru terbarukan yang penggunaannya sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi emisi karbon. Pemanfaatan PLTS Atap juga sangat membantu dalam menghemat biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Tidak hanya itu, Penggunaan PLTS Atap sebagai sumber listrik juga membantu mengurangi dampak perubahan iklim dengan menekan efek gas rumah kaca yang dapat dihasilkan oleh pembangkit listrik energi fosil. Pemanfaatan Panel surya PLTS Atap juga membantu menghasilkan pasokan listrik dalam jumlah yang besar. Tentu tanpa membebani biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Melihat bahwa sumber energi yang bisa di dapatkan secara gratis dan sangat melimpah.

Lantas, Siapa sajakah yang boleh memasang PLTS atap?

Apabila melihat aturan Permen No.49 tahun 2018 tentang PLTS Atap, yang diperbolehkan untuk memasang PLTS atap adalah pelanggan PT. PLN (Persero), baik dari sektor rumah tangga, bisnis, pemerintah, sosial maupun industri. Namun, sebelum peraturan tersebut ditetapkan, pada tahun 2013, PT. PLN Persero telah mengatur aturan pemasangan panel surya atap serta transaksi energi listrik dari pengoperasian panel surya atap secara paralel dengan sistem  listrik PLN oleh para pelanggan PLN di luar Rumah Tangga.

Setahun kemudian, lingkup pemasangan panel surya  dan  transaksi listrik tersebut kemudian diperluas dengan mengizinkan pelanggan individu/rumah tangga untuk dapat mengaplikasikannya. Jadi jika Anda ingin melakukan pemasangan PLTS Atap ini, Anda tentu dapat dengan mudah melakukan pemasangan melalui SolarKita, Perusahaan terbaik penyedia Layanan PLTS Atap.

Mengapa Harus SolarKita?

Sebagai negara Tropis, Indonesia dikaruniai potensi Energi Surya yang berlimpah dan sangat mudah dimanfaatkan oleh masyarakat. Dengan menggunakan Panel Surya, masyarakat Indonesia dapat memproduksi listrik secara lokal dan mandiri tanpa harus bergantung terhadap pihak kedua.
Hal ini pun sudah didukung oleh Pemerintah dengan dikeluarkannya Permen ESDM no 49 tahun 2018 yang mendukung penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap oleh masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan Panel Surya masyarakat Indonesia dapat menghemat biaya listrik mereka secara signifikan sekaligus menghemat produksi Polusi Udara mereka dengan menggunakan Energi Ramah Lingkungan.

Bagi SolarKita, Energi Surya adalah solusi jangka panjang yang dapat memberikan dampak positif untuk Ekonomi dan Lingkungan. Kami berkomitmen mendedikasikan waktu kami untuk memberikan edukasi dan mempermudah transisi masyarkat Indonesia dalam menggunakan dan memanfaatkan Energi Surya. Sebagai Perusahaan terbaik dalam memberikan pelayanan terbaik PLTS Atap, SolarKita mempunyai visi Membangun komunitas pengguna Sistem Panel Surya Atap untuk mempercepat transisi penggunaan energi terbarukan di Indonesia. Sebagai bentuk aplikasi visi tersebut, SolarKita memiliki misi menjadi mitra terpercaya dalam penyediaan Sistem Panel Surya Atap skala mikro di Indonesia.

Dengan menjunjung prinsip & nilai pelayanan terbaik PLTS Atap, Solarkita berkomitmen untuk memberikan layanan jangka panjang secara konsisten kepada pelanggan. Penggunaan produk dan komponen Sistem Panel Surya dengan kualitas terbaik. Serta memberikan pelayanan terlengkap yang memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan PLTS Atap SolarKita.

Layanan Terbaik SolarKita

Dengan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik PLTS Atap, SolarKita memberikan layanan-layanan terbaiknya untuk seluruh kebutuhan pelanggan. Sebagai penyedia layanan pembangkit listrik tepercaya, Anda bisa mengandalkan Kami untuk menerapkan sistem layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Layanan End-to-End Service SolarKita

Dengan layanan end-to-end services SolarKita, SolarKita akan memastikan bahwa Anda selalu mendapatkan kenyamanan dalam memulai komitmen baru dalam penggunaan Sistem Panel Surya. Layanan yang SolarKita berikan antara lain mencakup Layanan konsultasi, Layanan survey, Instalasi Sistem, Aktifasi Sistem, Serta Pemantauan Kinerja & Perawatan.

1. Konsultasi

Sebagai masyarakat yang ingin memasang PLTS Atap, Anda tentu membutuhkan jawaban-jawaban atas pertanyaan yang Anda miliki seputar panel surya atap ini. Disini, Solar Kita akan memberikan layanan konsultasi bagi Anda yang berkeinginan memasang PLTS Atap sebagai alternatif sumber listrik rumah tangga maupun Industri Anda.

Untuk mendapatkan keuntungan terbaik dari penggunaan sistem Panel Surya, Anda tentu membutuhkan analisa yang dalam mengenai profil konsumsi listrik properti Anda. Di tahap ini konsultan kami akan bertanggung jawab dalam melakukan proses analisa dan pemberian rekomendasi. Selain itu, konsultan kami juga akan mendampingi Anda dari proses instalasi tahap awal hingga tahap akhir.

2. Site Survey

Setelah tahap konsultasi dan rekomendasi disetujui, teknisi kami akan melakukan survey lokasi. Survey ini dibutuhkan agar kami dapat melakukan analisa mengenai keadaan lokasi dan membuat design terbaik sesuai dengan kondisi lapangan yang ada. Dari hasil survey ini, Anda akan mendapatkan design rencana pemasangan Sistem Panel Surya yang menjelaskan pemasangan sistem terbaik dan optimal di properti Anda.

3. System Activation

Setelah instalasi sistem sukses dilakukan, langkah berikutnya adalah aktifasi meter exim (ekspor-impor) milik PLN. Di proses ini Anda diwajibkan untuk melewati beberapa proses administrasi. Tim kami akan mendampingi dan mewakili Anda dalam menjalani proses tersebut.Kami memastikan bahwa sistem Panel Surya Anda terintegrasi dengan baik dan dapat melakukan proses ekspor-impor dengan jaringan PLN.

4. Performance Monitoring & Maintenance

Setelah sistem Panel Surya Anda bekerja dengan baik, kami akan melakukan pemantauan kinerja secara rutin. Sistem pemantauan kami akan menditeksi apabila terjadi kejanggalan di sistem Panel Surya Anda. Kami akan melakukan pemantauan secara aktif dan memastikan bahwa sistem Anda bekerja secara optimal. Selain itu, kami juga melakukan perawatan berkala untuk menjamin performa terbaik sistem Panel Surya Anda dari waktu ke waktu.

5. System Installation

Setelah Anda menyetujui design rencana pemasangan yang telah dibuat, proses berikutnya adalah instalasi sistem Panel Surya. Di tahap ini, teknisi kami akan melakukan proses instalasi sistem sesuai dengan design yang telah disetujui. Seluruh tim teknisi kami bekerja sesuai dengan prosedur operasi baku untuk menjamin pemasangan sistem Panel Surya yang efektif dan optimal.

Layanan SolarKita Care

Dalam pengoperasian panel surya Atap, Anda tentu membutuhkan perawatan agar panel surya yang Anda miliki tetap dapat menghasilkan listrik dengan maksimal. Dalam hal ini Anda perlu menjaga serta merawat sistem Panel Surya milik Anda. Dalam hal ini, sebagai pelayanan terbaik PLTS Atap, solarkita berkomitmen untuk memberikan services terbaik untuk menjaga kesehatan serta perawatan panel surya atap milik Anda agar selalu dalam kondisi kinerja yang optimal.

1. Layanan Pembersihan Panel Surya

Sistem Panel Surya membutuhkan cahaya matahari untuk memproduksi listrik. Karena itu, permukaan Panel Surya tentu harus selalu dibersihkan secara rutin. Hal ini harus dilakukan agar tidak ada kotoran yang menghalangi cahaya matahari ke permukaan Panel Surya Anda sehingga sistem Panel Surya Anda dapat bekerja secara optimal dalam menghasilkan listrik.

2. Layanan Pemeriksaan Fungsi Komponen

Untuk menjaga kesehatan sistem panel surya atap, Seluruh komponen sistem Panel Surya harus selalu diperiksa secara berkala. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk memastikan kinerja optimal dari sistem anda. Selain itu, pemeriksaan fungsi komponen secara berkala juga menghindarkan sistem PLTS Atap Anda dari kerusakan yang dapat terjadi kapan saja.

3. Laporan Hasil Pemeriksaan

Sebagai pelayanan terbaik PLTS Atap SolarKita, setiap kunjungan yang kami lakukan, Anda akan mendapatkan laporan menyeluruh mengenai kondisi sistem Panel Surya di properti milik Anda. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan serta apakah panel surya milik Anda masih bekerja secara optimal ataupun terdapat gangguan dalam sistem kerjanya.

4. Layanan Active Monitoring

Bagi Anda yang merupakan pengguna Data Longger by SolarKita, Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik PLTS Atap melalui pemantauan berkala yang dilakukan oleh Tim Teknisi SolarKita. Tim teknisi SolarKita ini akan selalu memantau sistem Anda secara berkala untuk memastikan kondisi panel surya Anda bekerja pada posisi optimal. Melalui layanan, Tim teknisi Solarkita juga akan secara proaktif menghubungi Anda jika terjadi kejanggalan pada sistem Anda.

5. Layanan Free Check-Up Visit

Khusus untuk Anda yang berlangganan SolarKita Care+, Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik PLTS Atap yaitu layanan pemeriksaan secara GRATIS untuk sistem Panel Surya di rumah Anda, jika terjadi kejanggalan pada sistem anda. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi Anda konsumen yang kurang memiliki waktu untuk melakukan perawatan secara berkala sistem panel surya atap yang Anda miliki.

Written by Heldania Ultri Lubis | 26 Mar 2024