Pelayanan End-to-end Services SolarKita dalam Pemasangan Panel Surya

Kepuasan klien merupakan prioritas utama SolarKita. Untuk itu, kami aktif memberikan pelayanan end-to-end services demi memudahkan klien dalam perjalanannya menggunakan Panel Surya. Apa saja pelayanan yang diberikan SolarKita? Bagaimana prosesnya? Mari simak tulisan di bawah

Konsultasi dan Survei Lokasi

Sebelum memasang Panel Surya, harus dilakukan konsultasi terlebih dahulu. Konsultasi dilaksanakan antara calon klien dengan konsultan dari SolarKita. Di sinilah kesempatan klien memberikan pertanyaan kepada konsultan seputar Panel Surya yang cocok sesuai dengan rumah klien. Teknis kerja sebuah Panel Surya juga penting untuk ditanyakan agar klien lebih memahaminya.

Untuk menentukan sistem panel yang tepat, pada tahap ini tim konsultan melakukan analisis berdasarkan profil listrik rumah. Setelah itu, akan didapatkan kesimpulan sistem apa yang sesuai dan berapa total penghematan yang akan didapatkan dengan sistem tersebut. Kelebihan dari proses ini adalah klien dapat mengajukan target penghematan yang ingin dicapai ketika menggunakan Panel Surya.

Ketika sudah merumuskan sistem yang tepat, tim kami akan melakukan survei lokasi. Survei ini bertujuan menganalisis keadaan lokasi untuk membuat desain Panel Surya sesuai dengan kebutuhan. Teknisi SolarKita akan memeriksa kondisi atap rumah yang akan dipasang Panel Surya untuk mengetahui ukuran sistem yang sesuai.

Selain ukuran atap, struktur atap juga menjadi unsur penting. Hal ini dikarenakan untuk menopang sistem panel diperlukan atap yang kuat. Jika atap rumah klien belum dianggap kuat, konsultasi kami akan merekomendasikan untuk membangun struktur tambahan. Setelah tahap ini selesai, tahap selanjutnya adalah mencari posisi inverter yang tepat dan pengecekan sinyal Wi-Fi pada rumah klien untuk data logger.

Pengurusan Berkas

Setelah seluruh profil rumah terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah pengurusan berkas. Berkas ini berhubungan dengan perizinan dari PLN dalam pemasangan salah satu alat bernama Meter Exim. Meter Exim merupakan sistem layanan dari PLN untuk mencatat produksi listrik yang dibeli (impor) dan dijual (ekspor) ke PLN. Sebelum pemasangan Meter Exim, berkas yang perlu dipersiapkan pertama yaitu Single Line Diagram (SLD). Single Line Diagram merupakan konfigurasi sistem Panel Surya yang akan dipasang di rumah Anda. Selain itu, anda juga harus mempersiapkan surat kuasa.

Setelah menyiapkan SLD dan surat kuasa, selanjutnya adalah pengurusan Surat Layak Operasi (SLO). Pengurusan SLO dilakukan dengan pihak ketiga. Setelah itu, anda dapat mengisi form registrasi dari PLN. Form tersebut berisi spesifikasi sistem panel dan profil rumah anda. Proses permohonan pemasanan Meter Exim biasanya memakan waktu 5-14 hari kerja. Setelah proses ini selesai dan telah mengantongi perizinan, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah proses instalasi Panel Surya

Instalasi

Ketika surat izin sudah didapatkan dari PLN, proses instalasi pun siap dilakukan. Adapun peralatan yang dipasang yaitu Panel Surya, inverter, dan data logger. Jadwal pemasangan ditentukan antara klien dan tim SolarKita. Setelah penentuan jadwal, proses instalasi segera dimulai. Pengiriman keperluan logistik dilakukan oleh tim kami dengan menggunakan truk. Untuk memastikan keamanan, kami melakukan pengecekan sebelum dan sesudah loading barang. Tahap ini dilakukan untuk mencegah adanya kerusakan. Tim teknisi yang memasang Panel Surya juga dicek kembali peralatan keamanannya agar tidak terjadi kecelekaan saat pemasangan. Proses pemasangan dipastikan mengikuti standar operasional yang ditentukan.

Sistem monitoring dan pelayanan pembersihan

Tidak berhenti sampai instalasi saja, komitmen SolarKita untuk terus bersama klien dalam perjalanan menggunakan Panel Surya juga dilakukan setelah pemasangan. Kami melakukan sistem monitoring dengan menggunakan Data Logger yang sudah dipasang di rumah klien. Jika terjadi kerusakan, kami akan mendapatkan pemberitahuan sehingga dapat melakukan tindakan.

Lalu, kami juga menyediakan layanan pembersihan panel. Pembersihan panel dilakukan setidaknya 3-6 bulan sekali. Ini dikarenakan sistem panel yang terletak di atap rentan terkena kotoran. Jika dibiarkan kotor, kinerja sistem dalam menyerap sinar matahari tidak berjalan dengan maksimal. Itulah pelayanan yang diberikan SolarKita untuk para klien. Dari awal sampai akhir, kami berkomitmen untuk terus menjadi teman para Generasi Matahari yang ingin mulai memasang Panel Surya. Kami ingin para klien tidak merasa kesulitan dalam bertransisi ke energi bersih. Jadilah bagian dari Generasi Matahari bersama SolarKita! Hubungi www.SolarKita.com/contact untuk info selengkapnya.

Written by Nonny Anasih | 04 Mar 2024