6 Manfaat Matahari Bagi Manusia, Salah Satu Sumber Energi Kekal

Matahari adalah benda angkasa yang menjadi titik pusat tata surya. Matahari memberikan terang dan panas bagi Bumi pada siang hari. Selain itu, matahari juga menghasilkan energi berupa cahaya. Energi matahari termasuk jenis energi terbarukan yang ketersediaannya tidak terbatas, gratis, dan ramah lingkungan. Begitu banyak manfaat matahari bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Karenanya, tidak heran kalau energi matahari dikatakan sebagai the energy of the future. Mari kita simak apa saja manfaat matahari bagi manusia dan seisi Bumi berikut ini.

1. Proses Fotosintesis Bagi Tanaman

Manfaat matahari bagi manusia ternyata juga melibatkan makhluk hidup lain, lho. Jelas saja karena pada dasarnya manusia tidak bisa bertahan hidup sendirian. Kita sehari-hari memanfaatkan flora dan fauna untuk bertahan hidup. Nah, energi matahari menjadi sahabat para tanaman hijau dalam proses fotosintesis. Tentu Anda masih ingat bahwa hasil fotosintesis itulah yang kemudian menghasilkan O2, gas berharga yang sangat krusial dalam kelangsungan hidup manusia, termasuk Anda.

2. Pasokan Vitamin D

Energi yang dihasilkan matahari dapat dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi. Kulit manusia memiliki kandungan yang berfungsi sebagai pembangun vitamin D. Sehingga, saat terpapar radiasi UV-B dari matahari, kulit akan memprosesnya menjadi vitamin D yang berguna bagi kesehatan, salah satunya memperkuat tulang.

Menurut penelitian, manfaat vitamin D tidak hanya menjaga kekuatan tulang, tetapi juga mampu mengurangi risiko sejumlah penyakit, di antaranya kanker, diabetes, dan multiple sclerosis. Vitamin D dari matahari bersirkulasi dua kali lebih lama dari vitamin D yang ada di dalam makanan atau suplemen. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa jumlah vitamin D yang diperlukan tubuh dapat berbeda setiap orang, tergantung beberapa faktor seperti usia, musim, pemakaian tabir surya, hingga pakaian.

3. Sumber Cahaya yang Alami

Manfaat matahari bagi manusia selanjutnya adalah sebagai sumber cahaya yang alami. Cahaya alami hanya bisa didapatkan dari matahari, api, lampu, dan kunang-kunang. Dari semua contoh tersebut, matahari merupakan sumber cahaya matahari yang gratis, melimpah, dan bisa dinikmati oleh siapa saja. Matahari menyinari bumi setiap harinya. Pernahkah terpikirkan oleh Anda, apa jadinya Bumi kalau tidak ada matahari? Tanpa matahari, kita semua akan hidup dalam gelap gulita. Sungguh menyeramkan, bukan?

4. Memperkuat Sistem Imun dan Fungsi Otak

Setiap manusia dikaruniai sistem imun. Imun tubuh memiliki fungsi penting bagi kesehatan manusia. Tanpanya, tubuh manusia akan rentan terkena serangan kuman, parasit, atau virus. Matahari bermanfaat untuk memperkuat sistem imun yang sangat dibutuhkan bagi manusia. Sistem imun yang baik akan menjaga tubuh Anda dari berbagai penyakit dan mempercepat proses pemulihan. Tak hanya itu, matahari juga bermanfaat untuk memperkuat fungsi otak. Matahari menghasilkan vitamin D lewat radiasi UV-B yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Jadi, vitamin D itu tidak hanya berguna bagi tulang aja. Matahari memperkuat fungsi otak melalui vitamin D dengan meningkatkan perkembangan sel pada hipokampus yang berada pada otak Anda. Hipokampus yang baik akan meningkatkan kemampuan otak Anda, salah satunya kemampuan memori.

5. Menurunkan Stres dan Meningkatkan Mood

Stress dapat membuat tubuh menjadi lebih lemah dan memengaruhi aktivitas sehari-hari Anda. Stress yang tidak tertangani dengan baik dapat berujung pada gangguan mental seperti depresi dan kecemasan akut. Sinar matahari yang didapat saat rajin berjemur dapat merangsang otak Anda untuk menghasilkan antidepressant yang berguna untuk menurunkan stress. Selain itu, berjemur dapat meningkatkan kualitas tidur. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Kualitas tidur yang baik dapat meningkatkan mood, sehingga Anda lebih bersemangat dalam menjalani hari.

6. Menghasilkan Listrik

Adapun manfaat lain matahari bagi manusia ialah menghasilkan energi listrik. Energi listrik tersebut digunakan sebagai sumber cahaya di malam hari dan menyalakan berbagai perangkat elektronik. Apa jadinya bila kita semua harus hidup tanpa listrik? Pasti merasa kesulitan, bukan? Akan tetapi, sinar matahari tidak serta merta dapat langsung menghasilkan listrik. Diperlukan sebuah media dan sistem untuk mengubah sinar matahari menjadi listrik. Sistem yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik disebut panel surya. Salah satu provider panel surya yang bisa Anda andalkan adalah SolarKita. Panel surya SolarKita dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan lebih ramah lingkungan.

Demikian 6 manfaat matahari bagi manusia, salah satunya ialah sebagai sumber energi kekal yang kemudian dikembangkan oleh panel surya SolarKita untuk menghasilkan listrik.

Written by Amadea Hasmirna | 19 Feb 2024