Katedral Jakarta bersama SolarKita

Katedral Jakarta memberikan kepercayaan kepada SolarKita untuk memasang Panel Surya sebagai sumber energi listrik pada akhir tahun 2019. Sistem Panel Surya yang terpasang adalah Sistem Panel Surya On-grid sebesar 29.700 Watt Peak. Menurut wawancara dengan Paroki Katedral Jakarta, Romo Hani Rudi Hartoko, langkah ini dipilih untuk mewujudkan komitmen Katedral dalam merawat bumi. Di artikel ini kami akan membahas hasil wawancara tim SolarKita dengan Romo Hani mengenai Katedral Jakarta menggunakan Panel Surya.

Bagaimana ceritanya Katedral Jakarta bisa menggunakan Panel Surya?

Ya sebenarnya ini suatu kebetulan saja. Memang ada pemikiran bagaimana dapat mewujudkan seruan dari Paus Fransiskus dalam Ensiklik Laudato Si’ tentang Ekologi. Merawat Bumi, rumah kita, dan kita mencari bentuk apa saja yang bisa kita wujudkan. Tentu yang selama ini adalah mengelola sampah dengan baik. Lalu kita berpikir apakah ada bentuk-bentuk lain yang bisa kita wujudkan. Lalu dalam pembicaraan dengan beberapa teman, muncul ide tentang bagaimana kalau kita menjajaki kemungkinan memakai solar panel untuk energi di katedral ini. Kemudian lalu dipertemukan dengan pihak SolarKita. Lalu mendapatkan penawaran presentasi, lalu kita menjadi tertarik untuk mengaplikasikan di sini. Dan hal yang menarik, yang dulu dikhawatirkan kita semua adalah solar panel kan mahal. Dengan teknologi yang terbaru dan harganya masuk akal, maka kita lalu mempertimbangkan untuk akhirnya memasak solar panel untuk energi di kompleks katedral ini.

Apa tujuan Katedral menggunakan Panel Surya?

Tujuan utama, sekali lagi, yang paling dasar kita ingin memberikan komitmen nyata bahwa paroki ini, juga katedral ini, ingin ikut serta berpartisipasi dalam menciptakan ramah lingkungan, energi yang bersih, energi yang terbarukan. Sekaligus kita juga ingin, kalau memang ternyata berhasil, nanti bisa menjadi contoh karena biasanya umat atau paroki lain melihat bahwa secara ekonomi dan teknologi memungkinkan maka bisa digerakkan. Semoga dengan cara ini kita bisa menjadi gerakan gereja-gereja juga menjadi menggunakan teknologi yang sama, panel surya, untuk energi di kompleks mereka masing-masing

Apakah Romo mendukung penggunaan Panel Surya untuk masyarakat umum?

Saya kira ini suatu alternatif yang patut untuk dipromosikan. Karena dengan regulasi yang baru, PLN juga memberi ruang untuk itu. Jadi saya yakin kalau sungguh-sungguh mendapatkan informasi yang baik dan orang bisa menghitung keuntungan, benefitnya secara rasional maka saya mendukung dan saya berharap bahwa energi kita melimpah

Sekian hasil wawancara Tim SolarKita dengan Romo Hani. Gereja Katedral sudah memulai langkahnya berkontribusi untuk bumi. Anda ingin memulai gerakan merawat bumi seperti Gereja Katedral? Silakan hubungi kami dengan kunjungi website www.SolarKita.com untuk informasi lebih lanjut.

Written by Naura Nady Salsabila | 14 Jul 2020