Hati-hati dalam Memilih Installer Panel Surya, Ini Alasannya

Anda pasti ingin memiliki sistem Panel Surya yang beroperasi dengan baik dan memiliki sistem yang bagus di rumah. Terlebih jika Anda baru pertama kali memasang Panel Surya. Panel Surya bukanlah alat yang dapat terbilang murah, maka dari itu, kita harus lebih banyak riset sebelum membelinya. Sebelum memutuskan installer Panel Surya, Anda harus melihat dulu pelayanan dan reputasinya. Bijak dalam memilih installer Panel Surya merupakan hal yang krusial.

Kenapa harus lebih bijak memilih installer Panel Surya?

Sistem Panel Surya merupakan sistem yang kompleks, tentunya installer yang dipilih harus profesional. Jika Anda salah dalam memilih Panel Surya, maka hasilnya akan berpengaruh. Akan ada kemungkinan instalasi panel berantakan. Akibatnya akan berpengaruh ke usia sistem, jika dalam pemasangannya sudah berantakan. Pastikan dalam proses pemilihan installer kita lihat terlebih dahulu reputasinya. Caranya dengan melihat testimoni dari pelanggan lain. Testimoni biasanya terdapat pada website atau kanal media sosial perusahaan.

Selain testimoni, Anda juga dapat melihat informasi yang lengkap mengenai pelayanan dan jenis panel yang ditawarkan di semua kanal media yang dimiliki perusahaan installer Panel Surya. Biasanya, installer Panel Surya yang memiliki reputasi baik sangat terbuka mengenai produknya dan pelayanannya. Bahkan, mereka juga memberikan informasi mengenai proses pemasangan panel, dimulai dari pre-instalasi sampai panel terpasang.

Installer Panel Surya yang sudah tersertifikasi itu penting

Sebelum resmi dapat memasang Panel Surya, perusahaan installer setidaknya sudah mengantongi sertifikat terlebih dahulu. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sendiri sudah mengeluarkan sertifikasi perusahaan maupun teknisi untuk installer Panel Surya. Adapun jenis sertifikasi tersebut adalah Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Penunjang Tenaga Listrik dan Sertifikat Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan. Jadi, sebelum memutuskan memilih installer Panel Surya, Anda dapat bertanya lebih dahulu apakah sudah mendapatkan sertifikat dari Kementerian ESDM atau belum. Jika installer yang Anda pilih sudah memiliki kedua sertifikat tersebut, dapat dipastikan bahwa dapat diandalkan.

SolarKita Sebagai Installer Panel Surya

Dalam proses pelayanan, SolarKita sangat terbuka kepada pelanggan yang ingin melakukan konsultasi mengenai Panel Surya sebelum membelinya. SolarKita memiliki tim konsultan untuk membantu Anda mempersiapkan segala hal sebelum pemasangan. Tahap ini disebut dengan pre-instalasi atau tahap konsultasi. Pelanggan dapat menanyakan seputar bagaimana teknis kerja dari Panel Surya itu sendiri. Lalu, sistem seperti apa yang membawa keuntungan bagi pelanggan. Pendaftaran konsultasi pun tidak sulit, Anda dapat mengatur jadwal dalam link yang telah disediakan oleh tim SolarKita (konsultasi-solarkita.youcanbook.me). Di tengah masa pandemi, SolarKita membuka layanan konsultasi secara daring (online).

Pelayanan selanjutnya yang diberikan SolarKita adalah instalasi. Ketika proses konsultasi sudah selesai dan sudah menemukan sistem Panel Surya yang tepat, Anda dapat melanjutkan ke tahapan ini. Pengecekan sistem dan alat sebelum maupun sesudah pemasangan akan dilakukan untuk mencegah adanya kerusakan. Teknisi yang memasang sistem pun sudah memiliki sertifikat Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan. Tidak hanya berhenti sampai di situ, SolarKita menyediakan pelayanan setelah Panel Surya berhasil terpasang (after sales service). Pelayanan tersebut berupa monitoring system, cleaning service, dan system check-up.

SolarKita memiliki alat bernama Data Logger yang akan dipasang di rumah pelanggan. Alat ini bergungsi untuk merekam aktivitas sistem panel yang hasilnya bisa dilihat di website resmi SolarKita. Selain itu, Data Logger membantu tim SolarKita untuk melakukan monitoring system dan system check-up pada sistem panel klien. Jika ada masalah pada sistem, kami akan langsung menerima informasinya dan akan langsung datang ke rumah klien untuk melakukan pengecekan.

Selain itu, pelayanan yang akan kami berikan adalah jasa pembersihan panel. Panel Surya Atap rentan terkena kotoran karena posisinya berada di atap rumah. Jika terus dibiarkan dalam keadaan kotor akan berpengaruh pada efektivitas penyerapan cahaya matahari. Untuk itu, tim kami siap membantu Anda dalam proses pembersihan panel.

End-to-end services yang diberikan SolarKita bertujuan untuk memberikan yang terbaik kepada klien dalam proses pemasangan Panel Surya. Dengan sudah mengantongi Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Penunjang Tenaga Listrik dari Kementerian ESDM, SolarKita dapat menjadi pilihan installer terpercaya untuk Anda. Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai sistem kerja SolarKita? Hubungi kami di www.SolarKita.com/contact.

Written by Biru Cahya Imanda | 11 Mar 2024