Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memasang Meter Exim

Setelah Sistem Panel Surya di instalasi dan beroperasi dengan baik, maka langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah proses pemasangan meter expor-impor (exim) PLN. Meter exim berfungsi untuk mencatat listrik yang dijual (ekspor) dan dibeli (impor) dari PLN. Dengan meter exim, anda dapat mendistribusikan listrik hasil produksi Panel Surya yang tidak terpakai ke jaringan listrik PLN. Listrik yang Anda  kirim ke PLN akan dicatat sebagai kredit yang akan mengurangi biaya listrik bulanan PLN Anda.

Lalu, apa saja  yang perlu dipersiapkan sebelum pemasangan meter exim dilakukan? Sebelum proses pergantian meter exim dapat dilakukan, PLN meminta kepada pelanggan untuk memasukan beberapa dokumen.  Yang pertama adalah Anda harus mempersiapkan Single Line Diagram (SLD). Single Line Diagram merupakan konfigurasi teknis sistem Panel Surya yang dipasang di rumah anda. Anda dapat mengajukan SLD kepada installer Panel Surya yang anda gunakan.

Setelah SLD, Anda harus memiliki  Surat Layak Operasi (SLO) untuk sistem Panel Surya ini. SLO ini dikeluarkan oleh lembaga independen yang diakui oleh Kementerian ESDM. SLO ini akan menjadi verifikasi bahwa sistem Panel Surya terpasang dengan baik dan benar. Setelah Anda memiliki SLD dan SLO, maka anda dapat mendaftarkan request pemasangan meter exim ini ke PLN. Anda akan diminta untuk mengisi form registrasi, yang berisi informasi mengenai sistem Panel Surya Anda. Jika semua berkas telah dipersiapkan, anda dapat mengajukan permohonan pemasangan meter exim ke PLN.  Biasanya proses permohonan pemasangan meter exim memakan waktu 5-14 hari kerja.

Proses administrasi PLN yang panjang ini dapat dibantu sepenuhnya oleh Tim SolarKita. Anda cukup memberikan surat kuasa kepada perwakilan SolarKita agar proses ini dapat kami wakili. Surat kuasa dibutuhkan agar pihak SolarKita dapat memiliki kuasa untuk mengurus segala keperluan Anda yang terkait dengan PLN. Seperti permohonan meter exim atau keperluan lainnya.

Mungkin anda melihat tahapan persiapan berkas ini cukup rumit. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir, SolarKita menyediakan jasa untuk membantu anda mempersiapkan berkas permohonan pemasangan meter exim. Anda dapat mengandalkan tim kami dalam proses pemasangan Panel Surya. Bersama SolarKita, pasang Panel Surya di rumah jadi lebih mudah. Jika anda memiliki pertanyaan seputar meter exim, silakan hubungi kami di www.SolarKita.com/contact.

Written by Nonny Anasih | 11 Mar 2024