Bagaimana Proses Instalasi Panel Surya?

Jika tahap konsultasi dan survei lokasi telah dilakukan, maka pemasangan Panel Surya dapat langsung dilaksanakan. Adapun peralatan yang akan dipasang yaitu Panel Surya, inverter, aksesoris (rail, bracket, cabling, dan lain-lain) dan Data Logger. Semua jasa instalasi Panel Surya dilakukan oleh teknisi SolarKita yang memiliki sertifikasi sehingga keamanan saat pemasangan terjamin.

Pemasangan dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditentukan antara klien dan tim SolarKita. Seluruh pengadaan dan logistik barang akan dilakukan oleh tim SolarKita. Setelah seluruh kebutuhan komponen siap, maka barang akan dikirim ke lokasi yang telah ditentukan. Sesampainya barang di lokasi, seluruh komponen akan diturunkan dengan hati-hati agar tidak terjadi kerusakan pada proses loading barang.

Di tengah pandemi Covid-19, SolarKita memberlakukan standar operasional ketika berinteraksi dengan klien saat proses instalasi Sistem Panel Surya. Kami mewajibkan tim yang datang dalam keadaan yang bersih seperti sudah mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Lalu tim yang datang diwajibkan memakai masker dan sarung tangan sebelum sampai lokasi klien. Alat-alat kerja yang akan dibawa ke lokasi klien juga dipastikan telah disemprot disinfektan agar steril.

Kami juga mewajibkan tim untuk melakukan physical distancing dengan menjaga jarak saat interaksi sejauh 1-2 meter. Setelah proses instalasi selesai, tim kami juga diwajibkan untuk  mencuci tangan sebelum meninggalkan lokasi, sehingga tim kami selalu dalam keadaan bersih ketika sampai dan pergi dari lokasi. Keamanan merupakan prioritas utama SolarKita. Saat pemasangan, kami memastikan alat keamanan sudah terpasang dengan baik pada teknisi. Ini dilakukan untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan saat proses pemasangan.
 
Setelah keamanan sudah dipastikan sesuai standar, tim Panel SolarKita akan mencari jalur untuk menaikkan Panel Surya yang aman. Proses ini sangat penting karena akan menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menaikan seluruh komponen dan peralatan ke atap klien. Di sisi lain, tim listrik akan mulai mencari lokasi penempatan inverter dan penentuan jalur kabel AC dan DC. Pada umumnya posisi inverter sudah ditentukan pada proses survey namun untuk jalur kabel AC dan DC tim teknisi akan mengukur ulang jalur mana yang paling tepat. Hal ini dikarenakan, kami harus memastikan bahwa jarak kabel DC antara Panel Surya dan inverter tidak lebih dari 30 meter. Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi penurunan efisiensi listrik yang didistribusikan via kabel DC. Hal ini berbeda dengan kabel AC yang potensi loss nya rendah.  

Jika semua tahap di atas sudah selesai dilakukan, kini teknisi dapat langsung memasang Panel Surya di atap properti klien. Pemasangan dilakukan sesuai lokasi yang telah ditentukan pada survei lokasi sebelumnya. Inilah alasan mengapa penting dilakukan survei lokasi sebelum pemasangan panel. Proses instalasi dimulai dengan pemasangan bracket yang disusul dengan pemasangan rail. Setelah terpasang dengan rapi, maka panel surya akan dipasang di atas rail tersebut. Panel Surya akan dipasang dengan clamp yang berfungsi untuk mengikat panel surya dengan rail. Pada umumnya proses pemasangan panel ini membutuhkan waktu sekitar 1 hari. Secara Paralel, proses kelistrikan pun dimulai, dimana proses ini dimulai dengan pemasangan inverter, penarikan kabel DC, penarikan kabel AC, pemasangan kabel DC ke inverter, pemasangan kabel ac ke panel listrik rumah dan pemasangan data logger. Setelah seluruh komponen selesai dipasang, maka proses aktifasi sistem dapat dilakukan dan klien dapat segera menikmati listrik energi surya.

Proses instalasi sistem Panel Surya oleh SolarKita dilakukan sesuai dengan standar operasional yang mengedepankan implementasi sistem yang optimal. Seluruh teknisi yang dikerahkan sudah memiliki sertifikasi sesuai dengan standar ketentuan dari Kementerian ESDM untuk menjamin sistem Panel Surya Anda terpasang dengan baik dan benar. Jika Anda tertarik untuk memasang Panel Surya bersama kami, hubungi kami di www.SolarKita.com/contact.

Written by Heldania Ultri Lubis | 17 Apr 2024