7 Pilihan Mobil Listrik dan Perkembangannya di Indonesia

Tren mobil listrik di dunia dari tahun ke tahun semakin meningkat dan mulai banyak diminati. Adapun tujuan dari pembuatan mobil listrik ini adalah untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang bisa merusak lingkungan jika digunakan secara berlebihan. Di Indonesia sendiri, pemerintah memiliki perhatian tersendiri terhadap mobil listrik ini. Salah satunya adalah dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Implementasinya adalah dengan memberi diskon pada saat pengisian daya bagi sepeda sampai mobil listrik di rumah oleh PLN pada pukul 22:00 WIB sampai 04:00 WIB.

Dari segi infrastruktur, sudah mulai dibangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa tempat. Selain itu, pabrikan mobil dunia yang ada di Indonesia pun mulai gencar dan berlomba-lomba dalam menghadirkan mobil listrik terbaik mereka di Tanah Air. Beberapa di antaranya yang dapat Anda pilihan adalah sebagai berikut.

1. Toyota Corolla Cross Hybrid

Bulan Agustus 2020, Toyota di Indonesia merilis Corolla Cross Hybrid. Sebenarnya, mobil listrik ini sudah lama diluncurkan di tanah air. Akan tetapi, konsumen harus bersabar hingga pada bulan Desember 2020 lalu baru bisa dipasarkan secara luas. Dari segi harganya pun terbilang cukup terjangkau, yakni Rp497,8 juta.

2. Nissan Kicks E-Power

Di bawah PT Nissan Motor Indonesia, Nissan meluncurkan mobil listriknya bernama Nissan Kicks E-Power di bulan September 2020 lalu. Dari segi harga memang bisa dibilang lebih murah jika dibanding mobil listrik lainnya, yakni Rp 449 juta untuk OTR Jakarta. Nissan Kicks E-Power secara teknis menggunakan mesin bensin tiga silinder 1.200 cc. Selain itu, terdapat baterai Lithium-ion dengan motor listrik yang memiliki tenaga 126 hp dengan torsi 260 Nm. Mesin konvensionalnya pun dapat digunakan untuk mengisi daya baterai.

3. Hyundai Ioniq Electric

PT Hyundai Motor Indonesia ikut serta dalam meramaikan mobil listrik di tanah air dengan meluncurkan Hyundai Ioniq EV. Tampilan luarnya terlihat lebih futuristik dan bagian interiornya memiliki berbagai macam fitur hiburan terkini. Baterai yang diadopsi adalah Li-Ion Polymer 38.3 kWh pada bagian bawah mobil, sehingga mampu menghasilkan tenaga 120 Ps dan torsi 295 Nm. Terdapat dua varian yang diluncurkan pabrikan asal Korea Selatan ini, yakni Prime yang dibanderol dengan harga Rp624,8 juta dan varian Signature dengan harga Rp664,8 juta.

4. Lexus Ux 300e

Lexus UX 300e disebut-sebut sebagai mobil listrik pertama yang dikeluarkan PT Toyota Astra Motor (TAM). Sebelum diproduksi di tanah air, mobil listrik ini sukses menarik perhatian publik di Tiongkok dan Eropa pada tahun 2019 lalu. Dari segi mesinnya, sudah  dibekali dengan tenaga 201 hp dengan torsi 300 Nm. Kapasitas motor listriknya sebesar 54, kWh mampu menjelajah jarak 300 kilometer untuk sekali pengisian. Waktu pengisian hingga penuh dapat dilakukan selama 24 jam menggunakan listrik rumah. Sedangkan bila dilakukan pada stasiun pengisian kendaraan listrik umum hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam saja. Harga Lexus UX 300e adalah Rp1,245 miliar.

5. Tesla Model S

Berbicara mobil listrik, kurang lengkap jika tidak menyebut Tesla. Sebab, pabrikan ini memang dikenal dengan produk-produk yang inovatif dan ramah lingkungan. Salah satunya adalah Tesla Model S P100D. Dapur pacunya dilengkapi dengan baterai Lithium dengan daya 100 kWh. Hal inilah yang membuatnya mampu menunjang kinerja pada dua motor listrik yang terpasang sekaligus. Alhasil, Tesla Model S P100D dapat menghasilkan tenaga sebesar 680 hp dengan torsi sebesar 1.073 Nm. Untuk mendapatkannya, Anda perlu merogoh kocek hingga Rp4.4 miliar.

6. BMW i3s

Bavarian Motor Works atau biasa disingkat BMW pun tidak mau kalah dalam persaingan mobil listrik di dunia. Pabrikan asal Jerman ini mengeluarkan BMW i3S untuk pemasaran mobil listrik di Indonesia. Bahkan, mobil listrik murni ini sudah muncul pertama kalinya pada gelaran GIIAS 2019. Baterai yang disematkan pada BMW i3S ini memiliki daya 42.2 kWh. Hal ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 184 hp dan bisa mencapai torsi puncak pada besaran 270 Nm. Dari segi postur, mobil listrik ini memang lebih kecil dan cocok untuk jalanan kota di Indonesia. Harga yang ditawarkan adalah Rp1,34 miliar untuk OTR Jakarta.

7. Toyota Prius PHEV

Tidak hanya meluncurkan Corolla Cross Hybrid dan Lexus UX 300e di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga meluncurkan produk mobil listrik lainnya, yakni Toyota Prius PHEV. Bahkan, peluncurannya dilakukan sebelum Corolla Cross Hybrid dikenalkan ke masyarakat. Peluncuran Toyota Prius PHEV dilakukan tertutup, mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19. Meski begitu, produk ini masih tidak dijual luas ke masyarakat luas. Hanya sebatas kolaborasi dengan penyedia layanan transportasi online. Namun, tidak menutup kemungkinan jika di kemudian hari mobil satu ini akan mengaspal di jalanan.

Itulah beberapa mobil listrik yang dapat Anda jadikan pilihan. Dengan regulasi yang tepat dan edukasi kepada masyarakat serta didukung infrastruktur yang memenuhi standar bukan tidak mungkin perkembangan mobil listrik di Indonesia akan mengalami masa emasnya di kemudian hari.

Written by Irfantoni Listiyawan | 15 Feb 2024