7 Cara Membuat Kantor Jadi Lebih Ramah Lingkungan

Menginjak tahun 2019, gerakan ramah lingkungan semakin digalakkan karena kondisi bumi yang terlihat makin buruk, membuat semakin banyak orang yang tersadarkan. Tentu saja ini adalah gerakan yang patut diapresiasi dan semoga saja bisa semakin banyak yang mengikuti karena sebagai masyarakat yang tinggal di bumi, pastinya Anda perlu untuk merawat bumi agar bisa tetap nyaman tinggal di sini. Apalagi jika berbicara mengenai tinggal di kota besar. Sebagai kota yang penuh dengan warga dan juga segala kepadatan yang dimiliki, beraktivitas di sini tidaklah semudah yang dibayangkan.

Untuk itu, ketika di kantor, seharusnya ada satu gerakan ramah lingkungan yang juga dibuat supaya kantor lebih nyaman untuk ditempati. Tidak hanya itu, dengan membuat kantor menjadi ramah lingkungan, Anda pun juga turut andil dalam melestarikan bumi. Banyak sekali cara yang bisa dibuat untuk membuat kantor menjadi lebih ramah lingkungan. Apa saja yang bisa Anda lakukan? Berikut cara-cara terbaik yang bisa Anda ikuti dan terapkan di dalam lingkungan kantor Anda.

1. Jangan terlalu banyak lembur

Cara pertama dalam membuat kantor menjadi ramah lingkungan adalah jangan terlalu banyak lembur. Di dalam kepadatan industri saat ini, pastinya banyak sekali pekerjaan yang harus Anda lakukan agar bisa mencapai target yang diinginkan serta memaksimalkan kemampuan Anda setiap harinya.
Sayangnya, hal ini malah membuat Anda sering bekerja hingga melebihi jam kantor yang seharusnya alias lembur. Bagi perusahaan, pastinya mereka senang saja melihat karyawannya giat bekerja hingga larut malam, tapi jika memang ingin membawa gerakan ramah lingkungan ke dalam dunia kantor Anda, sebaiknya jangan terlalu banyak lembur karena itu artinya penggunaan listrik dan barang-barang elektronik lainnya menjadi berlebihan.

2. Sebaiknya bawa tumbler sendiri

Setiap kantor pastinya memiliki dispenser dan menyediakan banyak gelas untuk dipakai oleh seluruh karyawannya. Tapi demi bisa menghemat penggunaan air untuk mencuci gelas, sebaiknya Anda bawa tumbler sendiri dari rumah. Banyak sekali kegunaan tumbler. Tidak hanya untuk diisi air minum saja, tetapi Anda juga tidak perlu sering bolak-balik mengisi air di dispenser karena pastinya dengan menggunakan tumbler, daya tampung air menjadi lebih banyak. Selain itu, bagi yang suka mampir ke kafe dan minum kopi, Anda juga bisa mengganti cup yang disediakan oleh kafe itu dengan tumbler yang Anda pakai. Lebih praktis, lebih terjamin higienisnya, dan Anda juga mengurangi penggunaan cup plastik.

3. Lebih hemat dalam penggunaan listrik

Cara ketiga dalam membuat kantor menjadi ramah lingkungan adalah perhatikan penggunaan listrik di kantor. Jika melihat bagaimana cara-cara ramah lingkungan untuk tempat lainnya, pasti cara ini juga dianjurkan karena memang benar sekali, Anda perlu lebih hemat dalam penggunaan listrik.
Di kantor pastinya banyak sekali barang-barang yang memerlukan listrik seperti laptop atau PC, printer, hingga smartphone para karyawan juga. Terkadang dengan memakai listrik kantor, banyak yang tidak peduli dengan penggunaan listrik, padahal Anda bisa menjadi lebih hemat dengan menggunakan secara normal saja. Jika baterai laptop sudah penuh, lepaskan charger-nya. Hal yang sama berlaku pula untuk smartphone. Begitu juga dengan printer. Jika tidak dipakai, jangan colokkan printer. Dengan melakukan hal ini, maka Anda sudah menjadi lebih hemat dalam penggunaan listrik.

4. Buat tim khusus terkait sustainability

Mewujudkan sistem operasional kerja yang ramah lingkungan memang butuh waktu panjang. Dalam perjalanannya, karyawan bisa saja lupa atau merasa tidak termotivasi untuk melanjutkannya. Itulah mengapa Anda bisa membentuk tim khusus untuk menanganinya. Tim ini bertugas dan bertanggung jawab terhadap sustainability di kantor. Mereka juga yang akan memberi edukasi kepada karyawan-karyawan lain terkait pentingnya membuat kantor jadi lebih ramah lingkungan. Agar lebih seru dan termotivasi, tim sustainability bisa membuat proyek-proyek tertentu. Misalnya mengadakan program recycling dan membantu karyawan mengambil keputusan terkait pembelian barang atau peralatan kantor yang dinilai lebih ramah lingkungan.
Dengan terbentuknya tim sustainability, para karyawan bisa saling bahu membahu mengingatkan satu sama lain untuk terus melakukan hal-hal yang ramah lingkungan. Lagi pula, daripada sekadar perintah atau pemberitahuan dari atasan, seharusnya karyawan akan lebih tergerak apabila gerakan sadar lingkungan ini dilakukan bersama dengan karyawan lainnya.

5. Kurangi penggunaan kertas

Di dalam bisnis setiap perusahaan, pastinya banyak sekali berkas yang dimiliki dan perlu untuk dibagikan kepada orang lain. Namun, demi menggalakkan gerakan ramah lingkungan, Anda perlu mengurangi penggunaan kertas. Daripada menggunakan kertas, Anda bisa menggunakan soft copy. Bagikan berkas-berkas yang dibutuhkan melalui e-mail atau memanfaatkan aplikasi khusus seperti Slack atau WhatsApp. Selain lebih cepat dan mudah dalam proses transfer, Anda juga bisa mengurangi penggunaan kertas secara cukup besar pula. Walau terkadang untuk beberapa berkas penting seperti invoice memang perlu menggunakan kertas, tapi tetap saja secara keseluruhan, Anda sudah melakukan gerakan ramah lingkungan dengan baik.

6. Beli pohon atau tanaman untuk di kantor

Cara ketujuh dalam membuat kantor menjadi ramah lingkungan adalah membeli pohon atau tanaman untuk di kantor. Mungkin cara ini terdengar aneh, tapi jika memang Anda ingin membuat lingkungan kantor lebih ramah lingkungan, memang perlu melakukan cara ini. Belilah pohon atau tanaman yang ukurannya tidak terlalu besar. Jika kantor Anda memiliki lahan, maka tanamkan pohon atau tanaman tersebut di sana. Jika kantor Anda tidak memiliki lahan, maka tanaman dengan ukuran sedang bisa ditaruh di dalam ruangan. Dengan melakukan hal ini, lingkungan kantor menjadi lebih asri dan lebih berkesan go green juga. Cocok untuk konsep yang sedang Anda galakkan saat ini.

7. Maksimalkan energi matahari

Setiap harinya, sinar matahari selalu menyinari bumi untuk memberikan sinarnya agar membawa terang dalam aktivitas Anda sehari-hari. Dan seharusnya hal ini bisa Anda manfaatkan dari sekarang. Jika memang ingin menjadi lebih ramah lingkungan, maksimalkan energi matahari yang ada. Salah satunya untuk penerangan. Jika suasana masih terang, tidak perlu gunakan lampu. Manfaatkan sinar matahari yang sedang bersinar pada saat itu agar bisa lebih hemat listrik pula. Selain itu, bagi Anda yang ingin mencoba memanfaatkan energi matahari, bisa juga menggunakan panel surya. Dengan penggunaan panel surya, maka energi yang tersimpan bisa dikonversi menjadi tenaga listrik yang cukup berguna untuk kantor Anda juga.

Gerakan ramah lingkungan memang tidak pernah berhenti sampai detik ini dan seharusnya terus digalakkan agar bisa membuat bumi menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Seluruh umat manusia perlu sadar kalau bumi sudah tua. Perlu ada cara-cara lain dalam membuat semuanya menjadi ramah lingkungan. Salah satunya adalah di kantor sendiri.

Written by Timotius Manggala Prasetia | 11 Apr 2019