5 Bangunan Mall Ramah Lingkungan yang Ada di Indonesia

Tinggal di tengah-tengah masyarakat yang padat memunculkan keinginan untuk bisa membuat lingkungan menjadi hijau dan asri. Namun, sayangnya hal tersebut susah diwujudkan di kota metropolitan karena mau tidak mau, pembangunan terus dilakukan di berbagai titik agar bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat terhadap bisnis dan industri. Untungnya, walaupun kondisi kota metropolitan harus mendapati pembangunan di berbagai area, tetap saja ada usaha untuk membuat lingkungannya asri dan hijau. Jika melihat ibu kota Indonesia, Jakarta, telah dibangun terlebih dahulu beberapa taman untuk bisa membuat masyarakat mendapatkan lingkungan yang sedikit lebih hijau dibandingkan daerah sekitarnya. Beberapa taman tersebut seperti Taman Suropati hingga Taman Menteng.

Sebenarnya dengan adanya taman-taman itu, masyarakat bisa melihat bagaimana pentingnya ruang hijau agar lingkungan kota lebih nyaman lagi untuk menjadi tempat tinggal sekaligus tempat untuk beraktivitas sehari-hari. Taman-taman tersebut juga menjadi tempat hiburan alias tempat rekreasi, khususnya pada saat akhir pekan dan hari libur. Berbicara mengenai mencari hiburan, Jakarta juga dikenal sebagai kota yang memiliki mall paling banyak sehingga membuat warga Jakarta tidak pernah kehabisan opsi untuk dipilih ke mana mereka akan menghabiskan hari. Jika menarik benang lurus ke urusan ramah lingkungan, ternyata di Jakarta dan di kota besar lainnya yaitu Surabaya, telah memiliki bangunan mall yang ramah lingkungan. Mendengar pernyataan ini, pasti tidak banyak yang menyadari, khususnya yang sudah pernah datang ke mall tersebut.

Namun, melihat usaha dari para pengembang mall, tentu saja ini adalah satu hal positif yang harus didukung karena dengan adanya perhatian terhadap persoalan lingkungan, ini artinya para pemilik bangunan mall tahu bagaimana memanfaatkan kemajuan teknologi ke arah positif, yaitu dengan membuat mall mereka ramah lingkungan. Apa saja bangunan mall ramah lingkungan yang ada di Indonesia? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Baywalk Mall

Terletak di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Baywalk Mall memang menawarkan satu konsep mall yang berbeda dibandingkan mall-mall lainnya di ibu kota. Dengan desain warna-warni alam yang menyatu dengan lingkungan, ada tiga tema yang menjadi konsep interior Baywalk Mall, yaitu i-sun, i-sand, dan i-sea (matahari, pasir dan laut). Mengusung konsep ini, desain yang menyatu dengan alam bisa membuat bangunan tersebut menjaga kualitas lingkungan juga. Selain itu, ada pula The Garden dan The Waterfront yang membuat Baywalk Mall semakin terlihat menarik untuk dikunjungi. Sebenarnya ada satu lagi hal yang membuat Baywalk Mall terlihat serius dalam membuat mall yang ramah lingkungan dan dekat dengan alam. Hal itu terbukti dari pendekatan green development di dalam mall, yang membuat Baywalk Mall mendapatkan sertifikasi Green Development dari Green Mark asal Singapura. Dengan pembuktian ini, maka tidak salah lagi untuk memasukkan Baywalk Mall ke dalam daftar ini dan tentunya patut dikunjungi demi melihat mall yang dekat dengan alam dan ramah lingkungan.

2. Tunjungan Plaza

Menuju ke provinsi Jawa Timur, Tunjungan Plaza yang terletak di Surabaya juga menjadi mall dengan konsep ramah lingkungan dengan mengambil sisi hemat energi. Pengelola Tunjungan Plaza telah memasang lima centrifugal chiller berefisiensi tinggi yang digunakan untuk menggantikan enam chiller sebelumnya. Mereka juga memasang delapan cooling tower yang digunakan untuk menggantikan delapan unit yang sebelumnya digunakan. Dengan pemasangan chiller efisiensi tinggi, mall ini bisa menghemat energi rata-rata 11% hingga emisi emisi gas rumah kaca berkurang sampai 996 ton CO2 tiap tahunnya. Dari penghematan listrik selama delapan bulan sendiri, sudah bisa mencapai 2,58 juta KWh atau setara dengan Rp3,18 milyar. Berkat kerja sama antara Pemerintah Jepang dan Pemerintah Indonesia ini pula, inovasi lingkungan yang dilakukan Tunjungan Plaza bisa membuat lingkungan semakin sehat lagi dibandingkan sebelumnya.

3. AEON Mall Jakarta Garden City

Bangunan mall ketiga yang ramah lingkungan di Indonesia adalah AEON Mall Jakarta Garden City yang terletak di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Mall yang terhitung baru ini menggunakan Solar PV Rooftop (pembangkit listrik tenaga surya fotovoltaik atap) dengan kombinasi baterai untuk penyimpanan daya. Hal ini membuat AEON Mall Jakarta Garden City bisa mendapatkan energi untuk urusan operasional bangunan mall dengan konsep ramah lingkungan. Sama dengan Tunjungan Plaza, AEON Mall Jakarta Garden City ini juga merupakan hasil dari kerja sama Pemerintah Jepang dengan Pemerintah Indonesia. Dengan pasokan listrik dari Solar PV Rooftop, penerangan di kawasan mall bisa dihemat cukup besar dan mengurangi emisi karbon sebesar 549 ton CO2 per tahun.

4. Bintaro Xchange

Terletak di kawasan Tangerang Selatan, Bintaro Xchange memiliki konsep yang sangat menarik karena cukup berbeda dibandingkan mall-mall yang berada di sekitar daerah tersebut. Ketika mall-mall lain mencoba untuk membangun gedung mall dengan lebih megah dan luas, Bintaro Xchange melakukan pendekatan yang berbeda-beda. Jika Anda datang ke sana, sebetulnya sudah terlihat konsep ramah lingkungan dari bangunan mall tersebut.
Dengan ukuran bangunan yang tidak terlalu besar di bagian dalam mall, Anda akan melihat hamparan taman hijau di bagian belakang mall. Ya, Bintaro Xchange sudah dikenal oleh para pengunjungnya terlebih dahulu sebagai mall yang memiliki taman hijau yang luas dan nyaman untuk menjadi tempat nongkrong.

Memiliki desain taman yang indah dan tentunya asri, rasanya sangat nikmat untuk duduk bersantai di sana sambil melihat hamparan rumput hijau disertai berbagai bunga. Adanya jogging track dan barisan pohon yang asri semakin membuat Bintaro Xchange sebagai mall yang bisa Anda kunjungi pada waktu mendatang. Apalagi taman ini juga ramah untuk anak kecil, cocok bagi Anda yang mau berkunjung ke sana bersama keluarga.

5. Central Park

Bangunan mall kelima yang ramah lingkungan di Indonesia adalah Central Park yang terletak di kawasan Jakarta Barat. Jakarta memang tidak pernah kehabisan mall. Dulu di kawasan Jakarta Barat, mall paling terkenal dan ramai dikunjungi saat akhir pekan adalah Mall Taman Anggrek. Namun, tidak lagi ketika Central Park selesai dibangun. Ya, mall yang terletak tidak jauh dari Mall Taman Anggrek ini menghadirkan satu konsep green building yang tentunya ramah lingkungan. Hal ini diperlihatkan dengan hadirnya taman di tengah-tengah pusat perbelanjaan.

Kebutuhan akan ruang terbuka di Jakarta cukup tinggi. Dan bagaimana kalau ruang terbuka hijau dicampur dengan mall besar? Di sanalah yang membuat Central Park menjadi terkenal hingga detik ini. Selain taman di tengah mall, Central Park juga mendapatkan pasokan listrik dari PLTG. Untuk listrik dari PLN sendiri, hanya 15% yang digunakan untuk apartemen yang satu komplek dengan Central Park. Konsep hemat energi yang ramah lingkungan membuat Central Park menjadi lebih hemat juga pembiayaan.

Itulah lima bangunan mall ramah lingkungan yang ada di Indonesia. Kelima mall di atas membuktikan bahwa bangunan pusat perbelanjaan tidak selamanya merugikan lingkungan. Namun, dengan konsep green building yang dirancang secara matang, mall juga bisa kok menjadi bangunan yang justru membantu menyelamatkan lingkungan. Nah, dari kelima mall tersebut, mana yang sudah pernah Anda kunjungi?

Written by Timotius Manggala Prasetia | 10 Jun 2019